Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Sejak kecil kita telah dididik oleh orang tua untuk rutin sarapan pagi, karena hal ini tentu sangat penting dan juga sangat baik untuk tubuh kita. Untuk memulai sarapan pagi tidak harus kita terus-menerus menyantap makanan dengan porsi yang besar, karena yang dubutuhkan tubuh sebenarnya adalah makanan yang sehat.

Sarapan pagi merupakan waktu makan yang mungkin sering bahkan anda abaikan, entah itu karena anda terburu – buru mau berangkat kerja atau sekolah atau karena memang tidak sempat untuk menyiapkan sarapan. Padahal sarapan pagi sangat mengandung banyak manfaat yang penting bagi tubuh kita.

Karena begitu pentingnya sarapan pagi untuk kesehatan tubuh, maka tidak heran pula orang tua selalu mengajarkan anaknya untuk rutin sarapan pagi. Memang hal ini bukan karena alasan, karena menurut para ahli dan studi dimana para ahli tersebut mengatakan manfaat sarapan pagi diantaranya adalah memberikan energi untuk memulai hari yang baru, mengendalikan berat badan dan mampu meningkatkan konsentrasi dan kinerja anda.

Pentingnya sarapan pagi bagi kita memang tidak dapat dipungkiri karena memang sarapan pagi adalah pangkal nutrisi tubuh bagi manusia. Aktivitas yang dimulai ketika pagi hari adalah permulaan dari hari anda sehingga memang sangat perlu ditopang oleh adanya energi yang diperoleh dari sarapan pagi anda.

Baca juga:


Dari berbekal sarapan pagi yang anda lakukan dapat menjadi pasokan energi untuk memulai aktivitas. Dimana aktivitas yang telah ditunjang oleh nutrisi dari sarapan pagi, maka akan membuat kegiatan anda dapat berjalan dengan penuh semangat. Berikut merupakan manfaat apabila anda melakukan sarapan pagi secara teratur.

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh


Bagi setiap orang harus memulai hari mereka dengan memenuhi energi mereka sebagai modal untuk melakukan segala aktivitas yang akan anda lakukan, dan pagi harinya merupakan start awalnya. Energi yang anda butuhkan tentunya energi yang didapatkan dan berasal dari makanan apalagi ketika anda setelah berjam – jam tidak ada asupan energi masuk dalam tubuh anda sama sekali. Oleh karena itu hal ini yang menjadi salah satu pentinya anda untuk sarapan pagi dengan menggunakan menu yang sehat, seperti telur, ikan, ayam, roti, nasi, oatmeal atau sereal, dan juga sayur – sayuran dan buah – buahan.

  • Menekan Makan Berlebihan


Bagi orang yang melewatkan sarapan pagi maka yang terjadi anda akan lebih cenderung cepat merasa lapar sehingga yang anda lakukan adalah makan dengan porsi yang banyak ketika anda bertemu dengan makanan. Hal ini lah yang menyebabkan adanya peningkatan kadar gula darah dan berat badan anda justru akan lebih cepat naik.

Namun, lain halnya ketika anda yang telah melakukan sarapan di pagi harinya, karena anda akan memperoleh kestabilan metabolisme dan juga anda akan cenderung untuk tidak lagi mengkonsumsi terlalu banyak kalori selama sepanjang hari.

  • Mengurangi Lemak Perut


Apabila anda sudah melakukan sarapan pagi, maka besar kemungkinan yang akan terjadi adalah anda tidak suka lagi mengemil jenis makanan – makanan ringan atau junk food secara berlebihan misalnya seperti permen dan soda sehingga dapat mengurangi jumlah lemak perut serta mampu mencegah naiknya berat badan.

  • Meningkatkan Kerja Otak


Salah satu manfaat dari anda melakukan sarapan di pagi hari yang tidak kalah pentingnya adalah mampu meningkatkan ketrampilan kognitif otak, adanya peningkatan memori untuk konsentrasi yang lebih tinggi bahkan juga mampu meningkatkan kewaspadaan. Hal ini karena otak anda membutuhkan glukosa dari jenis makanan – makanan yang mengandung karbohidrat yang sangat baik sehingga otak akan mampu bekerja dengan baik. Apabila anda tidak sarapan pagi, maka energi otak anda akan berkurang, sehingga yang terjadi adalah fungsi otak anda juga akan menurun. Oleh karena itu sarapan pagi sangatlah penting bagi anda semua apalagi bagi anda para pelajar dan pekerja.

  • Nutrisi yang Lebih Baik


Manfaat lain dari sarapan pagi adalah nutrisi anda yang lebih baik. Dimana sarapan pagi mampu menyediakan asupan total nordisk yang tentu baik untuk sepanjang hari. hal ini karena mampu memberikan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi misalnya seperti  protein, vitamin, zat besi, dan juga serat yang sangat penting dalam membangun tubuh anda agar sehat dengan terpenuhinya nutrisi dalam tubuh.

  • Tubuh yang Kuat


Menu sarapan yang sehat yaitu menu yang mengandung tinggi protein, sehingga dapat memberikan energi anda sepanjang hari. seperti saja kendaraan yang apabila baru diisi dengan bahan bakar, baik itu energi untuk saat itu ataupu sebagai cadangan. Hal ini karena akan membuat tubuh anda menjadi fit dan anda juga tidak mudah lelah.

  • Mencegah Penyakit Maag


Serapan pagi juga memiliki manfaat untuk mencegah apabila anda memiliki sakit maag dan juga mencegah kambuhnya sakit maag bagi anda yang memang sudah memiliki penaykit maag. Karena dengan sarapan pagi akan membuat lambung anda akan terisi makanan sehingga juga dapat menetralisir asam lambung pada tubuh anda. apalagi ketilah setelah lama lambung anda tidak terisi oleh makanan. Sebaliknya pula bagi anda yang melewatkan sarapan pagi, maka yang terjadi adalah lambung anda yang terlalu lama kosong akan mengakibatkan timbulnya rasa perih pada lambung dan dapat berpotensi menyebabkan sakit maag.

  • Mencegah Diabetes


Manfaat lain yang didapatkan  ketika anda rajin sarapan pagi adalah mampu mencegah terjadinya penyakit diabetes. Beberapa studi dan penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang melakukan sarapan pagi maka akan memiliki 32% lebih kecil kemungkinan untuk terkena penyakit diabetes pada usia ketika lebih tua dibandingkan dengan mereka yang jarang atau bahkan tidak pernah melakukan sarapan di pagi harinya. Hal ini dapat terjadi karena bagi orang yang tidak melakukan sarapan di pagi harinya akan lebih resisten terhadap insulin. Dengan adanya resistensi insulin mampu meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit diabetes.

Tips Sarapan Pagi yang Baik Untuk Kesehatan


Setelah anda mengetahui manfaat yang banyak ketika anda melakukan sarapan pagi secara rutin, kali ini info mengenai tips bagaimana sarapan pagi yang baik. Karena mandaat sarapan pagi akan terasa tentunya tergantung dari asupan nutrisi apa yang masuk dalam tubuh anda. dimana anda harus menikmati asupan yang kaya akan gizi hingga mampu memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh anda. berikut tips sarapan pagi yang dapat anda aplikasikan.

  • Sarapan dengan mengkonsumsi makanan yang rendah lemak, anda juga harus menghindari makanan daging yang mengandung lemak tinggi ketika anda hendak sarapan.
  • Makanan tinggi protein, misalnya anda dapat mengkonsumsi telur dan susu yang bermanfaat dan baik untuk anda sarapan.
  • Makanan kaya serat, misalnya dengan sayur – sayuran dan buah – buahan tentunya akan sangat baik untuk anda konsumsi ketika sarapan pagi.

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Selain itu berikut adalah jenis – jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi ketika anda sarapan pagi, diantaranya susu, telur, roti, sayuran dan menggunakan sedikit nasi. Dengan kandungan gizi yang lengkap ketika pagi hari maka akan mengawali hidup anda yang lebih sehat dan energi untuk menjalani berbagai jenis aktivitas pada siang hari bahkan hingga malam hari.



0 Response to "Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

close