Skip to main content

7 Cara Melakukan Diet yang Sehat dan Alami

Bentuk badan yang ideal dan proporsional merupakan dambaan bagi setiap orang. Berbagai langkah kerap dilakukan dalam mewujudkan mimpinnya tersebut, salah satunya dengan cara diet. Ketika anda dihadapkan dalam dua pilihan ingin menjalankan diet dengan cara yang kilat atau diet sehat dan alami?

Kebanyakan dari kalian akan memilih untuk menjalankan diet yang sehat, ya meskipun ada pula yang mereka bela-belain untuk mendapatkan tubuh yang proporsional secara kilat dengan cara yang bisa dikatakan mensayat – sayat tubuh alias menyakiti tubuh. Ngeri juga kan, ketika kita ingin berat badan menurun tapi kondisi tubuh yang jadi tidak sehat, sering sakit hanya karena mengikuti beragam pantangan makanan yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Perubahan pada pola makan secara mendadak untuk menurunkan berat badan dengan cara yang cepat akan beresiko dapat membuat anda mengalami gangguan pada kesehatan anda. Dengan usaha yang keras namun tidak sehat ini juga tidak memungkinkan adanya perubahan gaya hidup berkelanjutan yang dapat bertujuan untuk menjaga kestabilan pada berat badan yang ideal  dan memiliki jangka panjang.

Dalam satu minggu diet atau jumlah penurunan berat badan idealnya mulai dari setengah hingga satu kilogram per minggunya. Untuk setengah kilogram lemak mengandung kurang lebih sekitar 3.500 kalori. Maka dari hal itu untuk mengurangi setengah kilogram per minggunya yang anda perlukan adalah membakar lemak setidaknya 3.500 kalori untuk setiap minggunya atau 500 kalori untuk per harinya.

Pada dasarnya diet sehat adalah mengatur pola makan dengan cara yang sehat termasuk pula dengan memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi sehingga nutrisi pada tubuh akan terpenuhi. Diet sebenarnya bukan tidak memperbolehkan makan ini makan itu, namun haruslah diatur segala makanan yang akan masuk di dalam tubuh kita. Sudah dicontohkan pula oleh Rosulullah SAW, 1/3 perut untuk makanan, 1/3nya untuk minuman, dan 1/3 nya lagi untuk udara. Berikut ini penjelasan tips diet dengan cara sehat dan alami yang mungkin bisa kalian terapkan.

1. Tetap Sarapan Pagi


Kegiatan ini yang sering dilalaikan oleh sebagian orang terutama yang memiliki aktivitas di luar rumah yang menuntut untuk berangkat pagi. Sarapan pagi sangat penting karena sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Kesalahan yang terjadi di masyarakat adalah ketika kita sarapan maka akan menjadikan tubuh semakin gemuk. Justru dengan tidak sarapan di pagi hari mampu melambatkan metabolisme tubuh yang menjadikan diet anda akan gagal. Tetap lakukan sarapa pagi secara rutin dengan makanan yang kaya akan serat, protein dan gizi.

2. Awali dengan Minum Air Putih


Langkah selanjutnya adalah membiasakan mengawali dengan minum air putih. Dicontohkan pula oleh Rasulullah SAW, beliau membuka menu sarapannya dengan segelas air yang dicampur dengan sesendok madu asli. Dengan banyak mengkonsumsi air putih mampu meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh yang dapat menunjang dalam proses metabolisme. Usahakan dalam satu hari minimal mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas. Selain itu ketika sebelum makan diawali dengan minum air putih maka akan mengurangi porsi dari makan.
  

3. Aktif Bergerak dan Olahraga


Aktif bergerak dan berolahraga juga mampu menurunkan berat badan. Ketika kalian tidak memiliki waktu luang yang banyak olahraga kecil masih dapat kalian lakukan jalan ke tempat kerja jika jarak tidak terlalu jauh, manfaatkan anak tangga yang ada di tempat kalian beraktifitas juga mampu membakar kalori yang ada pada tubuh kalian. Intinya tetap bergerak dan beraktiftas, jangan bermalas-malasan dengan duduk dan berdiam.

4. Mengkonsumsi Protein


Langkah selanjutnya yang dapat kalian coba yaitu dengan tetap menjaga mengkonsumsi protein. Menurut beberapa sumber protein mampu membakar lemak dalam tubuh. Sehingga, cocok kan dalam menunjang diet kalian. Protein sendiri juga dapat diperoleh baik protein hewani seperti putih telur daging, atau dari protein nabati seperti oat meal gandum maupun sereal.

5. Makan Makanan Kaya Serat


Tubuh penting dengan asupan makanan yang kaya akan serat seperti sayur-sayuran dan beraneka buah-buahan. Misalnya seperti buah pir, pisang, pepaya, jambu biji atau sayur seperti brokoli, bayam, labu, wortel, kentang, atau sayuran hijau lainnya. Dianjurkan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dikonsumsi pada siang atau malam hari.

6. Membatasi Makanan Mengandung Karbohidrat Sederhana


Karbohidrat merupakan sumber yang terpenting pula dalam memenuhi nutrisi dalam tubuh, namun jenis karbohidrat sederhana akan sulit diserap tubuh sehingga senderung ditimbun dalam bentuk lemak dalam tubuh. Makanan karbohidrat sederhana seperti nasi, mie, pasta, atau jenis lainya. Namun bagi kalian yang ingin tetap menjaga berat badan kalian dapat  menggantinya dengan makanan jenis karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, sereal, oat meal, atau jenis kacang-kacangan.

7. Perhatikan Makan Malam


Diet bukan tidak memperbolehkan makan apapun pada malam hari. Namun harus dibatasi waktu makan dan makanan yang dikonsumsi. Karena pada malam hari tubuh cenderung istirahat atau lebih sedikit dalam beraktifitas sehingga asupan karbohidrat tidak terlalu diperlukan tubuh. Maka untuk kalian yang menjalankan diet, sebaiknya hindari makan malam yang mengandung karbohidrat, dengan mengganti sayur-sayuran yang direbus atau buah-buahan segar. Tapi perhatikan jam malamnya juga, batasi makan malam kalian kecuali mengkonsumsi air putih. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah camilan atau makanan ringan. Inilah yang sering membuat para pelaku diet merasa gagal dengan diet yang mereka lakukan. Kurangi makanan atau minuman yang menyebabkan kegemukan seperti mengurangi konsumsi garam, camilan, atau minuman-minuman bersoda dan mengandung kafein yang berlebih.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Ketika Diet


Banyak orang yang tidak memahami tentang bagaimana cara diet dengan cara yang sehat dan alami untuk menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang ketika ingin melakukan diet.

  1. Dengan sengaja melewatkan makanan utama, padahal dengan cara ini cenderung seseorang akan malah membuat mengemil makanan – makanan ringan di sela waktu makan utama.
  2. Mudah menyepelekan kandungan pada makanan ringan. Padahal ada beberapa jenis makanan yang jumlah kalorinya sangat banyak. Sehingga sebelum anda mengkonsumsi makanan ringan, alangkah lebih baiknya memperhatikan dahulu kandungan nutrisinya.
  3. Mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung kalori. Kemungkinan anda mengkonsumsi minuman tersebut untuk menghindari makanan yang berkalori tinggi sehingga beralih untuk mengkonsumsi minuman yang berkalori tinggi. Misalnya kopi dengan dicampur krim, atau minuman bersoda yang memiliki kadar gula yang sangat tinggi dibanding dengan minuman jenis lain.
  4. Kurang mengkonsumsi air putih, karena banyak orang yang mengira dengan banyak minum air putih akan mengakibatkan badan tambah gemuk. Padalah air putih justru mineral yang sangat dibutuhkan dan tercukupi untuk meningkatkan metabolisme tubuh.
  5. Menetapkan target berat badan turun secara tidak realistis, misalnya ingin menurunkan berat badan 5 kilogram dalam waktu satu minggu. Hal ini justru akan memicu untuk melakukan segala cara agar target anda dapat terealisasi, sehingga cara diet yang tidak sehat pun anda tempuh.  

7 Cara Melakukan Diet yang Sehat dan Alami

Nah, itu tadi beberapa tips untuk kalian yang mungkin dapat dicoba dalam menjalankan diet yang sehat dan alami. Namun perhatikan pula pola hidup sehat seperti tidak begadang dan olahraga yang cukup. Istirahat yang cukup juga dibutuhkan tubuh karena tidur merupakan hak tubuh.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close