Skip to main content

Cara Mendapatkan Kerja dan Berkarir di Luar Negeri

Sebagian orang mungkin merasa tertarik untuk bekerja dan berkarir di luar negeri karena iming-iming gaji besar dan kesejahteraan yang lebih baik. Tak masalah bagi Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan di luar negeri, tipsnya bisa disimak berikut ini.

Terdapat sejumlah negara yang menjadi tujuan utama untuk kebanyakan orang Indonesia yang mencari pekerjaan di luar negeri sebagai tenaga profesional. Karena itu, pembahasan kali ini akan secara khusus pada pekerja profesional di sektor industri bukan domestik.

Daftar Negara Tujuan Berkarir di Luar Negeri


Ada beberapa nagara yang menjadi tujuan utama orang Indonesia untuk berkarir di luar negeri, adapun tiga diantaranya adalah negara-negara berikut ini.

1. Malaysia


Ingin bekerja di luar negeri? Malaysia mungkin menjadi destinasi yang pas jika Anda masih belum berani untuk menghadapi budaya yang jauh berbeda dengan Indonesia. Indonesia dan Malaysia merupakan negara serumpun sehingga masih banyak sisi persamaannya.

Orang Indonesia yang bekerja di Malaysia saat ini mencapai lebih dari 129 ribu jiwa (tenaga profesional). Ada juga yang bekerja di sektor domestik.

Untuk tenaga profesional di Malaysia, kisaran penghasilannya mulai dari 3.000 ringgit (sekitar Rp 10 juta). Hal ini mengingat bahwa untuk mendapatkan izin masuk Malaysia sebagai pekerja (Employment Pass), minimal gaji haruslah 3.000 ringgit.

Sebenarnya standar gaji di Malaysia masih relatif kecil, namun dengan sejumlah pertimbangan Anda mungkin merasa tertarik untuk bekerja disana.

Jika Anda bekerja di Malaysia, pajak akan dipotong langsung dari penghasilan. Oleh karenanya, sebaiknya tanyakan pada agensi atau kantor tempat Anda bekerja nantinya mengenai ketentuan pajak ini. Agar Anda bisa mempersiapkan diri, minimal pada enam bulan pertama, atau hingga Anda mapan dengan penghasilan yang ada.

2. Singapura


Singapura merupakan pilihan negara yang cocok untuk bekerja di luar negeri. Untuk yang beragama Islam, tidak sulit untuk mendapatkan makanan halal di negeri Singa.

Jika Anda merupakan tenaga profesional pada bidang tertentu, terutama teknologi dan kreatif, maka Anda mungkin bisa mulai mencari kesempatan di Singapura untuk mengembangkan karir Anda. Apalagi, jika Anda suka dengan budaya kerja orang Singapura yang terkenal cepat.

Selain jarak dekat, makanan yang cocok dengan lidah orang Indonesia, Singapura juga menjanjikan penghasilan yang tinggi. Rata-rata penghasilan tahunan di sini adalah 236.258 dolar Singapura (atau sekitar Rp 2,4 miliar). Angka ini untuk pekerja tingkat manajer, dan belum termasuk potongan pajak.

Namun angka yang besar ini juga diikuti dengan biaya hidup yang mahal, serta potongan pajak penghasilan. Jadi, jika Anda mendapatkan kesempatan bekerja di Singapura, pastikan Anda mendapatkan informasi lengkap mengenai biaya hidup dan regulasi pajak di sana.

3. Jepang


Pada Juni tahun 2019, Pemerintah Indonesia menargetkan pekerja Indonesia bisa memenuhi 20% dari 70.000 kuota pekerja asing yang dibuka oleh pemerintah Jepang.

Maka tidak mengherankan jika Jepang dimasukkan dalam daftar pilihan kerja luar negeri yang pantas dipertimbangkan. Sektor yang menjadi pilihan juga beragam, terdapat beberapa bidang pekerjaan yang bisa Anda coba.

  • Care worker (tenaga perawat)
  • Building cleaning management (manajemen pembersihan gedung)
  • Machine parts and tooling industries (industri suku cadang mesin dan peralatan)
  • Industrial ma chinery (mesin industri)
  • Industry electric (industri listrik)
  • Electronics and information industry (industri elektronik dan informasi)
  • Construction industries shipbuilding and ship machinery industry (kontruksi pembangunan kapal dan industri mesin kapal)
  • Automobile repair and maintenance (perbaikan dan perawatan otomotif)
  • Aviation industry (industri penerbangan)
  • Agriculture (pertanian)
  • Fishery and aquaculture (perikanan dan akuakultur)
  • Manufacture of foods and beverages (pembuatan makanan dan minuman)
  • Food service industry (industri layanan makanan)

Jika Anda tertarik bekerja di sektor-sektor tersebut, bisa mencoba peruntungan karir di Jepang.

Adapun kisaran gaji untuk pegawai expatriat tingkat menengah, rata-rata per tahunnya adalah 42,7 juta yen (atau sekitar Rp 5,6 miliar).

Namun satu hal yang perlu Anda ketahui saat bekerja di sini adalah orang Jepang menjunjung kedisiplinan. Jadi pastikan Anda memiliki etos kerja yang tinggi untuk memperoleh kepercayaan dari pihak perusahaan dan rekan di tempat kerja.

Cara Mendapatkan Pekerjaan di Luar Negeri


Nah, pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mendapatkan perkerjaan di luar negeri?

Ada beberapa cara yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan kesempatan berkarir di luar negeri. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Mengikuti program kerja sambil liburan


Cara ini biasanya digunakan para wisatawan untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri, tapi tetap mendapat penghasilan. Adapun untuk mendapatkan izin bekerja dengan cara ini, Anda harus memperoleh visa working holiday dari kedutaan negara tujuan. Saat ini, yang memungkinkan orang Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan dengan cara ini adalah Australia.

Namun ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi sebelumnya, seperti batas usia maksimal 35 tahun, masa tinggal maksimal 2 tahun, dan tentu saja harus lulus tes kemampuan Bahasa Inggris.

2. Melalui perusahaan


Cara ini bisa jadi yang paling nyaman karena ada pihak perusahaan yang siap memandu dan membantu proses relokasi Anda.

Anda bisa melamar langsung ke perusahaan di negara tujuan, atau Anda bisa melamar ke cabang perusahaan yang ada di Indonesia. Jika kemampuan dan tenaga Anda dibutuhkan di tingkat pusat, maka Anda bisa direlokasi ke negara tempat kantor pusat berada.

Karena Anda sudah mendapatkan kelengkapan administratif dari pihak perusahaan, seperti surat kontrak dan keterangan, maka Anda tinggal mengurus dokumen untuk pengurusan visa kerja.

3. Melalui program magang


Bagi Anda yang baru lulus kuliah (fresh graduate), atau masih berusia di bawah 30 tahun, program ini membuka kesempatan bagi Anda. Ada perusahaan yang membuka kesempatan magang bagi pekerja asing. Adapula program pertukaran pekerja yang memungkinkan Anda bekerja di luar negeri untuk waktu singkat. Gaji yang diterima pun nantinya adalah gaji pegawai magang.

Selain Malaysia, Singapura, dan Jepang, tidak menutup kemungkinan puluhan negara lainnya memberikan kesempatan bagi pekerja Indonesia untuk berkarir di sana.

4. Melalui situs job fair


Anda juga bisa mendapatkan informasi pekerjaan di luar negeri melalui situs job fair. Saat ini sudah banyak situs penyedia lowongan pekerjaan yang tidak hanya memberikan info kerja dalam negeri, tapi juga lowongan kerja untuk warga asing.

Agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan di luar negeri, Anda bisa membuka situs-situs job fair secara rutin guna mendapatkan informasi yang up to date sehingga semakin memperbesar kesempatan Anda untuk bisa berkarir di luar negeri.

5. Melalui situs BNP2TKI


Cara Mendapatkan Kerja dan Berkarir di Luar Negeri

Anda dapat memantau laman situs Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) untuk mendapatkan update informasi kesempatan berkarir di luar negeri.

Di situs BNP2KTI, biasanya secara reguler diinformasikan kepada masyarakat setiap ada job luar negeri terbaru baik itu di Qatar, Uni Emirate Arab, Korea Selatan, dan lain sebagainya.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close