Skip to main content

Contoh Teks Pembawa Acara (MC) Acara Formal

Menjadi pembawa acara atau MC untuk acara formal sejatinya bukanlah perkara yang sulit, namun bagi Anda yang mungkin sebelumnya belum pernah melakukannya ada kemungkinan Anda akan merasa kesulitan. Nah, pada kesempatan ini saya ingin berbagi dengan Anda bagaimana cara membawakan atau membacakan susunan acara saat Anda menjadi seorang MC dihadapan banyak orang.

Sebelumnya saya sudah sempat menuliskan artikel contoh naskah pembawa acara dimana pada artikel tersebut saya tujukan untuk jenis acara yang umum. Nah, artikel contoh teks MC kali ini adalah naskah MC yang secara khusus untuk jenis acara formal atau acara yang sifatnya resmi.

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang berarti antara contoh susunan pembawa acara resmi/formal dan susunan acara non-formal. Hanya ada beberapa bagian yang membedakan diantara keduanya. Dan langsung saja bagi sahabat pembaca yang sedang mencari referensi contoh naskah MC, berikut ini susunannya.

Teks Pembawa Acara untuk MC di Acara Formal


Assalamu'alaikum. W. Wb.

Salam sejahtera...

Pertama-tama, merilah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa atas segala rahmat dan hidayahnya sehingga kita masih diberikan keberkahan yang sungguh tak terhingga.

  • Yang saya hormati Bapak.... selaku Pembicara
  • Yang saya hormati Ibu .... selaku (sebutkan jabatannya)
  • Yang saya hormati Bapak ..... selaku (sebutkan jabatannya)
  • Yang saya cintai rekan-rekan mahasiswa...

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, atas nikmat dan hidayah yang telah dilimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kita semua dapat berkumpul pada pagi hari ini dalam acara (sebutkan acaranya).

Bapak/ibu dan para hadirin yang saya hormati, sebelum melangkah ke acara inti, merilah kita mulai acara ini dengan berdo'a terlebih dahulu, agar agenda yang kita laksanakan pada hari ini dapat bermanfaat serta acara dapat berjalan dengan lancar.

Do'a menurut kepercayaan masing-masing, dimulai...

Bapak/ibu beserta para hadirin semuanya.. Pada pagi hari yang berbahagia ini, izinkan saya menyampaikan susunan acara, sebagai berikut :

  1. Sambutan dari Ibu (sebutkan nama dan jabatannya).
  2. Sambutan dari Bapak (sebutkan nama dan jabatannya).
  3. Seminar... (sebutkan seminar tentang apa.
  4. Sesi tanya-jawab
  5. Penutup

Para hadirin yang saya hormati, selanjutnya, kami persilahkan kepada Ibu (sebutkan namanya) untuk memberikan sambutan.

Setelah yang bersangkutan selesai menyampaikan sambutan, maka tugas Anda adalah mengucapkan terimakasih atas sambutan yang sudah disampaikan dan melangkah ke agenda acara selanjutnya.

Bapak/ibu dan para hadirin sekalian, adapun acara selanjutnya adalah sambutan dari (sebutkan namanya), kepada bapak.... waktu dan tempat kami persilahkan.

Terimakasih Bapak Zaenal atas sambutannya.

Para hadirin undangan sekalian, akhirnya kita akan masuk ke acara inti, yaitu seminar (sebutkan seminar tentang apa) yang akan dibawakan oleh bapak...., kepada yang bersangkutan waktu dan tempat dipersilahkan.

Terimakasih kami sampaikan kepada bapak.... atas informasi dan ilmu yang diberikan, semoga bermanfaat.

Para hadirin sekalian, adapun sagenda selanjutnya adalah sesi tanya-jawab. Kepada para hadirin yang ingin bertanya, kami persilahkan.

Bapak/ibu dan para hadirin semuanya, akhirnya kita sudah sampai di penghujung acara. Saya disini selaku pembawa acara mengucapkan rasa terimakasih kepada bapak pembicara, bapak/ibu dosen, teman-teman mahasiswa, para panitia, dan para hadirin secara keseluruhan.

Apabila ada salah kata dan kekurangan dari saya selaku pembawa acara, maka saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Marilah kita tutup acara ini dengan do'a, semoga semua yang kita dengar dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Berdo'a menurut kepercayaan masing-masing, dimulai. Selesai.

Akhir kata... Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Contoh Teks Pembawa Acara (MC) Acara Formal

>> Download Teks Pembaca Acara Resmi Doc
>> Unduh Contoh Teks MC Formal Pdf
>> Referensi Tips Menjadi Pembawa Acara yang Baik

Video Belajar Menjadi MC untuk Pemula




Demikian tadi contoh teks dan cara pembacaan naskah MC yang dapat Anda pelajari, semoga contoh teks MC diatas berguna bagi Anda.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close