Beberapa Manfaat Pisang Untuk Wanita Hamil

Untuk menjaga agar janin tetap sehat dan normal, seorang ibu hamil harus memperhatikan pola makan dan pola hidup yang baik. 

Selama kehamilan berlangsung sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan tak terkecuali dengan buah-buahan dan jenis-sayuran yang salah satunya adalah buah pisang.

Masa kehamilan merupakan masa yang paling rentan bagi semua ibu, dimana mereka harus senantiasa menjaga kesehatan dirinya sendiri dan juga janin yang sedang dikandungnya. Untuk menjaga dalam kesehatan janin anda dan pada kesehatan tubuh, bagi seoarang ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisinya nutrisinya dengan baikm dan salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah – buahan. Sedangkan buah yang disarankan untuk dikonsumsi bagi para ibu hamil adalah bauh pisang. Dimana manfaat pisang untuk ibu hamil sangat banyak, bukan hanya mampu menutrisi tubuh bagi ibu hamil, tetapi juga dapat membantu dalam pertumbuhan janin yang berada di dalam rahim sang ibu.

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para ibu hamil. Dalam rekomendasi dari National Institutes of Health untuk para ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi buah pisang 3 hingga 4 buah setiap harinya. Hal ini karena adanya nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janinnya. Di dalam pisang banyak sekali kandungan – kandungan yang dibutuhkan untuk asupan nutrisi bagi ibu hamil misalnya yaitu kalori, protein, lemak, serat kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan juga mineral.

Baca juga:


Kandungan nutrisi di dalam buah pisang sebenarnya sangatlah baikk bagi kesehatan ibu hamil, namun sayangnya banyak bagi ibu hamil yang menghindari buah pisang. Hal ini karena mitos yang telah tersebar di masyarakat mengenai buah pisang ini. Dimana banyak orang yang mengatakan bahwa apabila anda mengkonsumsi buah pisang ketika anda hamil maka akan meningkatkan keputihan, padahal hal tersebut hanyalah mitos dan tidak benar mengenai buah pisang dapat menyebabkan keputihan. terjadinya keputihan pada ibu hamil karena adanya hormon yang tidak stabil yang ada di dalam tubuh ibu hamil. Sehingga jangan mudah untuk percaya mengenai mitos yang telah tersebar di masyarakat, karena manfaat dari buah pisang sangatlah banyak sekali terutama untuk ibu hamil.

Manfaat Pisang Untuk Wanita Hamil


  • Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil

Masalah anemia yang terjadi ketika hamil adalah keluhan yang wajar apalagi ketika usia kehamilan anda memasuki bulan ke 7 hingga 9 bulan. Sehingga untuk mengatasi masalah anemia pada ibu hamil salah satu caranya yaitu dengan banyak – banyak mengkonsumsi buah pisang karena manfaat dari buah pisang bagi ibu hamil yaitu dapat mengurangi terjadinya anemia dan juga menambah sel darah merah dalam tubuh ibu yang sedang hamil. Selain itu adanya kandungan zat besi yang terkandung di dalam buah pisang bisa menambah sel darah merah pada tubuh anda.

  • Membantu Perkembangan Otak Janin

Manfaat lain dari buah pisang untuk ibu hamil dan juga pada janin adalah mampu membantu dalam proses pengembangan otak pada janin anda. adanya kandungan asal folat yang terkandung di dalam buah pisang bisa membantu dalam pertumbuhan otak secara maksimal serta membantu dalam pembentukan sumsum pada tubuh janin. Selain itu bila anda mengkonsumsi buah pisang ketika hamil dapat menghindari resiko bayi lahir cacat.

  • Melancarkan Pencernaan Ibu Hamil

Selain dari manfaat di atas, manfaat lain yang dapat anda peroleh ketika mengkonusmi buah pisang adalah mampu memperlancar pencernaan bagi anda ibu hamil. Ketika dalam kondisi hamil sistem tubuh anda tidak stabil termasuk juga sistem pencernaan. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut sebaikanya anda dapat memperbanyak mengkonsumsi buah pisang yang kaya akan serat ini, sehingga dapat menstabilkan sistem pencernaan bagi seorang ibu hamil.

  • Sumber Kalsium

Buah pisang juga bermanfaat untuk ibu hamil pada usia kehamilan memasuki 7 bulan atau ketika mereka mengalami trimester ketiga yaitu mampu membantu dalam pertumbuhan pada tulang dan juga otot bayi. Adanya kandungan berupa kalsium yang terkandung di dalam buah pisang yang cukup tinggi dapat membantu anda dalam pertumbuhan otot dan tulang pada bayi sehingga dengan demikian bayi dapat tumbuh dengan kuat dan tentunya lebih sehat tanpa mengalami cacat.

  • Mengatasi Morning Sickness

Kandungan berupa vitamin B16 yang terdapat di dalam buah pisang yang mampu larut  di dalam air. Dimana manfaat dari buah pisang untuk ini hamil karena adanya vitamin B16 tersebut dapat mengatasi terjadinya morning sickness pada awal – awal kehamilan. Kondisi mual dan muntah pada awal kehamilan memang akan sangat mengganggu aktivitas anda sehingga sebaiknya anda dapat mengkonsumsi buah pisang untuk menghindari terjadinya morning sickness.

  • Banyak Mengandung Antioksidan

Antioksidan yang terdapat di dalam buah pisang sangat baik untuk ibu hamil, dimana hal ini karena dapat membantu melawan infeksi dan juga bakteri yang berusaha masuk dalam tubuh. Adanya kandungan berupa antioksidan juga dapat membantu anda dalam mengatasi inflamasi atau pembengkakan yang kadang memang terjadi pada ibu hamil.

  • Menambah Nafsu Makan

Pada masa – masa kehamilan biasanya bagi seorang ibu hamil nafsu makannya akan berkurang, padahal justru asupan nutrisi bagi ibu hamil harus tetap optimal. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi bauh pisang karena adanya manfaat buah pisang untuk ibu hamil yaitu dapat membantu nafsu makan dan bisa dijadikan sebagai sumber energi tambahan bagi ibu yang hamil.

  • Mengatasi Gangguan Sembelit

Sembelit akan semakin terasa dan dan menjadi suatu gangguan kehamilan yang sering anda alami. Adanya manfaat pisang yang mampu mengurangi perut anda menjadi kembung dan dapat melancarakan buang air besar. Tanpa harus mengkonsumsi suplemen buatan, bagi ibu hamil dapat meningkatkan asupan ketika dalam diet bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah pisang mengandung serat yang tinggi sehingga gerakan usus halus akan membentuk tinja. Dimana dalam setiap satu buah pisang mengandung 6 gram serat.

  • Berpengaruh Baik untuk Menyusui

Buah pisang sangat bermanfaat untuk ibu menyusui karena dengan ASI sendiri akan membantu anda untuk mengembalikan setiap mineral yang telah hilang. Dimana pisang merupakan jenis buah yang sangat mudah anda temui di berbagai tempat di Indonesia, sehingga bagi anda yang sedang menjadi ibu hamil sangat mudah sekali anda dapatkan di sekitar anda. mineral memang sangat diperlukan sebagai zat pembentuk ASI sendiri, terutama adalah manfaat dari kalsium yang terdapat di dalam buah pisang. Di dalam 100 gram buah pisang terdapat kandungan kalsium sebanyak 100 mg.

Manfaat Pisang Untuk Wanita Hamil

Masih ragukah anda untuk mengkonsumsi buah pisang ketika anda sedang mengandung atau hamil? Semua jenis dari pisang dapat anda konsumsi bagi para ibu hamil termasuk juga jenis pisang ambon yang tentunya kaya akan manfaat sangat banyak bagi kesehatan tubuh anda.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Manfaat Pisang Untuk Wanita Hamil"

Posting Komentar

close