8 Cara Menghilangkan Stretch Mark

Stretch Mark adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak wanita, terutama wanita hamil. Stretch Mark memang sulit hilang dan biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk mengobatinya sehingga banyak para wanita yang takut menghadapi hal ini karena akan menggaggu penampilan mereka. Nah, artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana menghilangkan Stretch Mark dengan alami dan cepat.

Stretch mark adalah garis-garis yang terlihat jelas pada permukaan kulit. Kadangkala stretchmark muncul pada bagian perut, paha, lengan atas, pinggul dan payudara. Stretch mark bisa melebar dan menutupi area kulit yang cukup luas. Kehamilan adalah salah satu faktor utama penyebab stretch mark, selain faktor lainnya seperti kenaikan atau penurunan berat badan dalam waktu singkat, stress dan perubahan kondisi fisik.

Perbedaan Stretch Mark dengan Selulit


Tahukah kamu bahwa Stretch Mark dan selulit adalah dua hal yangberbeda. Banyak diantara kita yang sering keliru dalam membedakan kedua hal ini, apalagi bagi wanita yang belum pernah mengandung, tentunya istilah ini cukup asing di telinga mereka.

Stretch Mark berupa guratan guratan kulit akibat perenggangan pada kulit sedangkan Selulit merupakan lemak berlebih yang terlihat menonjol pada bagian kulit. Dari penyebabnya saja sudah berbeda begitupun dengan bentuknya.

Penyebab Timbulnya Stretch Mark


  1. Peregangan kulit secara berlebihan
  2. Penggunaan obat yang didalamnya terkandung banyak steroid, akhirnya merusak kolagen dan dapat menimbulkan datangnya Stretch Mark
  3. Kekurangan Vitamin A, E dan C
  4. Akibat Obesitas atau kegemukan berlebih dalam waktu yang singkat
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi,
  6. Dikarenakan ketika sedang hamil menggaruk kulit secara berlebih dan akhirnya menimbulkan strechmark
  7. Dari penyebab diatas dapat kita simpulkan bahwa ibu hamil sangat rentan mendapat strechmark. 
  8. Namun ternyata strechmark bukan hanya timbul pada ibu yang sedang hamil saja, tapi remaja, orang dewasa yang belum menikah bahkan anak - anak sekalipun bisa terkena strechmark.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Cepat


Berikut ini merupakan cara yang instan dalam menghilangkan strechmark.

1. Krim dan Salep


Di apotek banyak produk krim dan salep dengan beraneka ragam merek kepunyaan, kebanyakan dari mereka tentu mengklaim paling efektif untuk menghilangkan stretch mark. Faktanya stretch mark tidak hilang sepenuhnya, karena itu penggunaan krim atau salep ini ditujukan untuk mempercepat penyamaran stretch mark.

2. Terapi Laser


Menggunakan metode yang disebut fractional laser resurfacing ini juga tidak sepenuhnya berhasil menghilangkan stretch mark. Dari beberapa kasus yang sempat terjadi, stretch mark yang terdapat di kulit hanya hilang sementara, kemudian timbul lagi seiring berjalannya waktu. Teknik laser membutuhkan banyak biaya, sedangkan hasilnya belum terjamin sepenuhnya.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami


Berikut ini merupakan cara yang alami dalam menghilangkan strechmark pada kulit kamu.

1. Lemon


Cara yang pertama adalah dengan menggunakan lemon. Buah yang satu ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Salah satunya menghilangkan strechmark. Kandungan vitamin C dan mineral di dalam lemon yang unik akan menjaga perawatan kulit kamu.
Caranya membuatnya sangatlah mudah sekali, kamu hanya tinggal membelah lemon menjadi 2 bagian kemudian oleskan secara melingkar pada bagian kulit yang terdapat strechmarknya diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin sehingga kulit kamu menjadi halus dan lebih baik lagi.

2. Lidah Buaya


Cara yang kedua adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya ini merupakan salah satu bahan alami yang efektif untuk memutihkan wajah dan mengatasi berbagai masalah pada kulit. Lidah buaya memiliki sifat melembabkan dan melembutkan sehingga efektif dalam mengurangi stretch mark.
Bagaimana cara membuat ramuan dari lidah buaya? Nah caranya mudah, kamu hanya mengoleskan gel lidah buaya langsung pada kulit yang berstretch mark dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilaslah dengan air hangat.

3. Masker Putih Telur


Selanjutnya adalah dengan menggunakan masker putih telur. Putih telur adalah salah satu cara untuk menghilangkan strechmark sebab bahan satu ini merupakan sumber alami yang akan membantu regenerasi sel kulit, menghilangkan sel kulit mati, membuat kulit lebih putih dan permukaan kulit bisa menjadi lebih halus.

Memang banyak orang yang merasa jijik karena putih telur berbau dan lengket. Tapi manfaatnya untuk kulit memang sangat besar. Cara perawatan bisa dilakukan dengan cara menerapkan bagian putih telur yang baru dibuka secara langsung. Kemudian biarkan selama beberapa saat hingga kering sendiri. Bilas dengan menggunakan air hangat. Jika kamu tidak menyukai aroma putih telur yang tertinggal maka terapkan pelembab setelah perawatan.

4. Kentang


Kemudian cara selanjutnya adalah dengan menggunakan kentang. Tahukah kamu teryata kentang banyak sekali mengandung vitamin dan mineral? Ya, karena kandungan inilah kentang sangat bagus untuk kulit. Sehingga kentang mampu mempercepat pertumbuhan kulit dan memulihkan kembali kulit yang mengalami kerusakan atau luka. Contohnya saja jika kamu memiliki strechmark.  Sayuran satu ini, bisa menghilangkan strechmark. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu memotong motongnya lalu olehkan pada tubuh. Kemudian diamkan lalu cuci bersih menggunakan air hangat.

5. Kopi


Selanjutnya adalah dengan menggunakan kopi. Kopi adalah bahan yang populer yang sering disarankan sebagai cara menghilangkan stretch mark dengan cepat, atau setidaknya mengurangi sebagian besarnya. Hal ini karena kopi mengandung kafein, zat yang bukan hanya membuat kamu waspada, namun juga secara alami membantu mengencangkan kulit dan mengurangi stretch mark. Hebatnya lagi, kopi sebagai bahan penghilang stretch mark bisa digunakan dalam bentuk bubuk atau ampas kopi biasa, bukan losion special mengandung kopi yang harganya bisa jadi mahal.

Berikut cara menggunakan ampas kopi untuk mengurangi stretch mark:

  1. Kumpulkan ampas kopi di dalam mangkuk; sebaiknya kopi tubruk yang pekat agar khasiatnya lebih terasa.
  2. Raup kopi dengan tangan dan oleskan di bagian yang tertutup stretch mark. Jangan terlalu pelit meraup ampas kopinya; pastikan semua bagian tertutup.
  3. Gosok ampas kopi dengan telapak tangan dalam gerakan memutar; lakukan selama 3-5 menit.
  4. Diamkan semenit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin setiap hari sampai ada perubahan pada tampilan kulit.
  5. Aplikasikan scrub kopi secara teratur sebelum mandi

6. Minyak Zaitun


Cara yang terakhir untuk menghilangkan strechmark adalah dengan menggunakan miyak zaitun. Minyak zaitun ternyata kaya akan vitamin E dan vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Nah bagaimana cara membuatnya? Caranya sangatlah mudah, cukup dengan memijat secara rutin minyak zaitun pada area strechmark kulit kamu secara teratur dan dengan sendirinya strechmark akan memudar dan menghilang. Pijatkan sesering mungkin agar strechmark cepat hilang.

Penutup


Cara Menghilangkan Stretch Mark

Cara untuk menghilangkan strechmark pada kulit kamu sangatlah banyak. Kamu bisa menggunakan cara yang instan maupun alami dalam menghilangkan strechmark. Namun, tentu saja kamu harus melakukan pengobatan secara rutin dalam menghilangkan strechmark agar presentase keberhasilan semakin tinggi.

Jika kamu menggunakan pengobatannya tidak rutin, maka keberhasilan dan hasil yang didapat tidak akan maksimal bahkan bisa saja gagal. Setelah strechmark sudah menghilang, kamu tetap harus meneruskan kebiasaan baik kamu selama menghilangkan sesulit, seperti berolahraga.

Olahraga tidak hanya bisa membantu menghilangkan sesulit tapi bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Cara menghilangkan stretch mark pada tubuh ternyata bisa berdampak baik untuk tubuh.


0 comments

Post a Comment