Skip to main content

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Memilih jurusan kuliah merupakan hal yang cukup krusial, oleh karena itu diperlukan pemikiran dan pertimbangan yang matang sebelum Anda menentukan pilihan.

Salah dalam memilih jurusan kuliah cukup berpotensi untuk merusak program belajar Anda dimasa mendatang, karena memilih jurusan kuliah yang tepat bukan hanya berdasarkan 1-2 faktor saja.

Terdapat banyak pertimbangan yang cukup penting dalam menentukan fakultas yang akan kita pilih. Apa sajakah pertimbangan-pertimbangan prioritas itu akan kita bahas dalam artikel ini dengan harapan dapat memberikan Anda pencerahan dalam menentukan pilihan Anda.

Berikut ini beberapa tips untuk memilih jurusan kuliah yang bagus bagi Anda dan masa depan Anda:

1. Minat


Memilih jurusan kuliah hendaknya didasari dengan minat. Minat adalah salah faktor pendorong utama secara sikologi yang dapat memicu Anda untuk lebih terobsesi dalam mengikuti kegiatan belajar.

2. Kemampuan


Mengukur kemampuan Anda dalam sisi kecerdasan juga tidak kalah pentingnya. Misalkan Anda adalah lulusan IPS, maka pilihan yang mungkin ideal untuk Anda adalah jurusan diluar fakultas IPA. Tidak mengapa memilih IPA meskipuan Anda lulusan IPS, asalkan Anda punya kemampuan yang bisa diandalkan.

3. Biaya


Mengukur tingkat kesiapan Anda dalam segi pembiayaan juga sangat penting. Apabila Anda berasal dari keluarga yang kurang mampu atau pas-pasan sementara disisi lain Anda juga tidak mendapatkan program beasiswa, maka pilihlah universitas dan fakultas yang realistis dengan kemampuan financial Anda.

4. Prospek Kerja 


Belajar memang bukan hanya sebatas untuk mendapatkan pekerjaan, namun faktor pertimbangan mendapatkan pekerjaan yang layak juga amat penting untuk masa depan Anda kelak. Ada baiknya Anda memilih jurusan kuliah yang menyediakan quota lowongan kerja paling banyak, misalkan jurusan Ekonomi.

5. Mutu Universitas


unpad

Sebisa mungkin Anda harus memprioritaskan kampus yang memiliki reputasi baik. Bukan hanya memiliki reputasi baik, tapi usahakan juga fakultas yang akan Anda pilih sudah terakreditasi A atau minimal B. Hal ini sangat penting untuk kebutuhan Anda dimasa mendatang.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close