VPN Tercepat Untuk PC dan Android

VPN atau Virtual Private Network merupakan aplikasi penting untuk membuka situs secara bebas dan memberikan privasi yang lebih ekstra bagi pengguna internet. Dan sebagai pengguna, Anda pasti ingin mencari tahu aplikasi VPN tercepat yang bisa memberikan Anda kenyamanan saat internetan.

Saya telah mencermati beberapa kinerja VPN paling populer untuk mencari tahu manakah VPN paling cepat diantara semuanya. Dan ternyata beberapa daftar software VPN tercepat diantaranya adalah ExpressVPN, diikuti PureVPN di peringkat kedua. Simak daftar VPN tercepat selengkapnya berikut ini.

Daftar Aplikasi VPN Tercepat Untuk PC dan Android


Memilih software atau aplikasi VPN untuk mengamankan koneksi internet Anda bisa jadi pekerjaan yang tidak mudah karena saking banyaknya pilihan. Dengan sekian banyak penyedia yang ada, masing-masing mengklaim sebagai VPN terbaik dan yang paling cepat.

Mungkin banyak juga sahabat pembaca yang sudah mencoba puluhan VPN gratis dan mengetahui tingkat kecepatan setiap VPN. Dalam artikel ini, saya akan berusaha untuk menjawab pertanyaan mengenai VPN apa yang paling cepat dan aman untuk digunakan saat online.

Mengapa Kita Membutuhkan VPN yang Cepat?


Walaupun dengan menggunakan VPN sejatinya akan menambah keamanan online kita, namun kenyataannya enkripsi biasanya akan memperlambat kecepatan koneksi. Anda mungkin tidak menyadari perbedaan yang besar ketika menjelajahi halaman web, tetapi jika Anda berencana untuk mengunduh file atau melakukan streaming, kecepatan download sudah pasti menjadi hal yang benar-benar perlu untuk Anda pikirkan.

Mengetahui Kecepatan VPN


  1. Kecepatan download menunjukkan seberapa cepat data dapat diambil server ke Anda. Karena mayoritas aktivitas internet – seperti memuat halaman-halaman web atau video streaming – terdiri dari pengunduhan, sebagian besar koneksi dirancang untuk mengunduh jauh lebih cepat daripada mengunggah. Kecepatan download diukur dalam megabit per detik (Mbps) dan, biasanya, semakin tinggi angkanya maka semakin cepat pula koneksinya.
  2. Kecepatan upload menunjukkan seberapa cepat data Anda dikirimkan ke yang lain. Pengunggahan perlu untuk mengirim berkas-berkas besar lewat email, atau ketika menggunakan perangkat lunak obrolan video seperti Skype (sejak Anda sudah mengirimkan umpan video kepada mereka). Kecepatan upload juga diukur dalam megabit per detik (Mbps).
  3. Ping merupakan waktu reaksi untuk koneksi Anda, menandakan seberapa cepat Anda mendapatkan respon setelah Anda mengirimkan permintaan. Ping yang cepat berarti koneksi akan lebih responsif, terutama dalam aplikasi yang ketepatan waktu adalah segalanya, seperti video game. Ping ini diukur dalam milidetik (ms).

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Saat Menguji Kecepatan VPN


Lokasi server


Lokasi server memiliki pengaruh besar terhadap kecepatan koneksi Anda. Kebanyakan penyedia VPN telah merekomendasikan lokasi server yang biasanya ditentukan oleh lokasi aktual Anda, tingkat kesuksesan data pada koneksi, pemakaian pelanggan, dan kecepatan.

Meskipun demikian, dalam kasus penggunaan yang berbeda mungkin mengharuskan Anda untuk koneksi melalui lokasi spesifik, contohnya, jika Anda ingin menyaksikan saluran TV tertentu yang hanya tersedia di Amerika Serikat, atau bila Anda mencoba menerobos sensor.

Kecepatan ISP


Kecepatan koneksi yang disajikan oleh ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet Anda juga akan mempengaruhi kecepatan koneksi VPN. Kecepatan koneksi paling tinggi menangani antara 10 Mbps hingga 1 Gbps. Dalam hal ini, kecepatan VPN tidak akan banyak terpengaruh. Tetapi kalau kecepatan kurang dari itu, seperti yang disediakan oleh koneksi dial-up atau 3G, dapat menyebabkan masalah konektivitas VPN.

Interkoneksi Antara ISP dan VPN Anda


Peliknya, dalam banyak kesempatan, semakin cepat koneksi standar internet Anda, semakin banyak kecepatan Anda dalam persentase yang "hilang". Bahkan jika Anda memiliki koneksi 50 Mbps dan interkoneksinya buruk, Anda kemungkinan tidak akan bisa mendapatkan yang terbaik dari layanan VPN. Sebagai contoh, jika Anda memiliki koneksi 5 Mbps, Anda hanya akan kehilangan 10-20 persen dari lebar pita, tetapi jika Anda memiliki 100 Mbps, koneksi ke VPN mungkin mengakibatkan Anda kehilangan lebih dari separuh kecepatan Anda.

Untuk memastikan keandalan pengujian, saya telah menggunakan ISP dan komputer yang sama untuk semua pengujian dan menetapkan semua VPN ke lokasi yang sama (UK). Saya menggunakan tiga layanan pengetesan kecepatan yang berbeda pada semua VPN: broadbandspeedchecker.co.uk, speedtest.net, dan fast.com. Anda akan melihat perbedaan besar diantara hasil keluaran alat pengetesan yang berbeda. Jadi untuk menentukan manakah VPN yang paling cepat, saya membuat rata-rata semua hasil ke dalam satu angka per VPN.

Statistik Kecepatan Beberapa VPN 


VPN Tercepat Untuk PC dan Android

Seperti terlihat, ExpressVPN merupakan VPN paling cepat dalam setiap pengukuran. PureVPN menyusul di posisi kedua setelah menyalip Nord. (Meskipun hasil pengecekan sebelumnya, menunjukkan yang sebaliknya. Cyberghost ternyata memiliki hasil paling lambat kalau menyangkut kecepatan upload dan download tetapi mengungguli Pure atau Nord untuk Ping.

Penutup


Itulah beberapa VPN tercepat saat ini, Anda bisa mempertimbangkannya untuk bisa menikmati akses internet kencang tanpa gangguan blokir dan juga untuk keperluan keamanan. Anda bisa menggunakan VPN tersebut untuk PC dan juga smartphone Android.


0 comments

Post a Comment