Skip to main content

Nutrisi dan Beberapa Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh

Manfaat rumput laut terutama untuk kesehatan tubuh sangat banyak karena di dalam rumput laut tersebut terdapat sejumlah vitamin dan nutrisi penting yang tentunya diperlukan bagi tubuh. Selain itu rumput laut juga sering digunakan sebagai olahan makanan yang lezat atau bahan kosmetik.

Apabila dilihat dan juga dieksplorasi lebih jauh lagi, negara Indonesia memilki kekayaan bawah laut yang sangat melimpah dengan banyaknya pemandangan yang mempesona. Laut – laut yang ada di Indonesia memiliki terumbu karang yang indah – indah dan juga sehat sehingga akan banyak mengundang bagi para turis dan para wisatawan untuk datang menyaksikan secara langsung pemandangan keindahan yang berada di bawah laut Indonesia. Namun bukan hanya itu, laut Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang sangat banyak dan berguna untuk menunjang kelangsungan hidup manusia. Salah satunya adalah dengan sumber daya laut mulai dari air laut yang asin dan dapat dijadikan atau diolah menjadi garam untuk komponen penting dalam buatu masakan, ikan – ikan yang dapat anda konsumsi, dan juga rumput laut yang kaya sekali akan manfaatnya.

Rumput laut adalah salah satu dari biota laut yang terdapat di dalam laut. Memang tidak semua jenis rumput laut dapat dikonsumsi oleh manusia hal ini karena memang ada beberapa dari jenis rumput laut yang mengandung racun di dalamnya. Ada beberapa jenis rumput laut yang dapat dijadikan sebagai konsumsi manusia misalnya jenis kombu, wakame, hajiki, nori dan juga arame. Sehingga oleh karena itu banyak orang – orang yang tinggal di daerah pesisir pantai yang berprofesi sebagai petani rumput laut. Hal ini memang dikarenakan memeka juga membudidayakan rumput laut dan akan memanennya apabila sudah masa penen tiba untuk dijual di pasaran.

Tumbuhan laut ini juga dapat diolah menjadi aneka jenis makanan dan minuman yang nikmat, misalnya adalah es rumput laut, agar – agar, mie rumput laut, tumis rumput laut, sushi, snack rumput laut dan masih banyak lainnya. Namun siapa yang menyangka bahwa biota laut yang memang banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan rumput laut ini ternyata memiliki manfaat yang banyak di dalamnya.

Nutrisi yang Ada pada Rumput Laut


  • Vitamin K

Rumput laut adalah salah satu jenis sumber vitamin K yang sangat banyak. Dimana keberadaan vitamin K mampu berkomunikasi dengan trombosit yaitu jenis sel yang dapat membentuk dalam pembekuan darah. Beberapa jenis dari rumput laut dapat membantu dalam mencapai rekomendari dari asupan harian vitamin K yaitu sejumlah 90 mikrogram untuk wanita atau sebanyak 120 mikrogram untuk laki – laki porsi rumput laut yang sangat serat dengan kalsium. Bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan brokoli dan hampir sama seperti protein yang terdapat pada kacang – kacangan.

  • Kalsium

Dengan menambahkan rumput laut ke dalam suatu makanan, maka akan membantu dalam meningkatkan asupan mineral dan salah satunya adalah kalsium. Sebagian besar kalsium sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi anda. kalsium akan membentuk bagian dari hidroksiapatit, jaringan mineral yang di dalamnya terdapat  di sebagian besar tulang. Selain itu kalsium juga dapat membantu otot – otot dan membantu dalam komunikasi antar sel dan berkontribusi terhadap sistem saraf.

  • Zat Besi

Pada beberapa jenis rumput laut mengandung zat besi di dalamnya. Dimana fungsi dari zat besi adalah untuk membantu tubuh anda menghasilkan energi yang sangat diperlukan untuk bahan bakar sebagai aktivitas sehari – hari. selain itu juga untuk membantu dalam menyehatkan sistem peredaran darah dengan meningkatkan aliran darah. Apabila anda memasukkan rumput laut ke dalam makanan anda sehari – hari dapat membantu tubuh anda hingga 8 miligram zat besi yang dibutuhkan untuk laki – laki atau sejumlah 18 miligram untuk para wanita. Selain adanya zat besi yang terdapat di dalam rumput laut, juga ada vitamin B – 12 dan juga adanya vitamin A.

  • Serat Alami

Serat juga dapat membantu tubuh anda agar cepat merasa kenyang dan mencegah terjadinya makan yang terlalu berlebihan. Sehingga dengan adanya serat yang tinggi di dalam rumput laut dapat anda jadikan sebagai menu diet sehat anda setiap hari untuk menurunkan berat badan anda dan juga menurunkan kadar kolesterol yang tidak sehat di dalam darah.

  • Asam Lemak Omega 3

Tubuh anda juga membutuhkan lemak yang sehat untuk anda jadikan sebagai diet sehat yang seimbang. Di dalam rumput laut menyediakan lemak yang sehat dan disebut  dengan sebutan asam lemak omega 3. Dalam salah satu acara kesehatan yang mencatat bahwa dalam satu lembar rumput laut jenis nori akan berisi sejumlah asam lemak omega 3 di dalamnya. Sehingga dengan adanya jenis lemak ini akan mampu meningkatkan kadar kolesterol HDL yang lebih sehat, selain itu juga menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya bagi tubuh anda. Adanya kandungan asam lemak omega 3 dapat membantu dalam mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh anda.

  • Yodium

Seperti sayuran jenis lain, rumput laut juga mengandung mineral penting serta vitamin yang tentunya dibutuhkan untuk kesehatan tubuh anda agar lebih sehat. Menurut situs Best Health yang menjelaskan bahwa hanya dengan satu gram rumput laut dapat memberikan atau mencukupi disis harian yodium dan juga mineral yang sangat penting terutama adalah untuk kesehatan tiroid anda.

Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh


  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam suatu penelitian yang menyatakan bahwa rumput laut dapat anda jadikan sebagai stimulan dalam suatu proses penyembuhan kanker yang ada pada tubuh anda melalui kemampuannya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga adanya rumput laut akan mampu meningkatkan produksi antibodi, cytokines (protein pelawan infeksi), dan sel – sel lain yang mampu meningkatkan imunitas tubuh anda sehingga akan membantu dalam menyembuhkan infeksi dan juga menyakit kronis lainnya seperti kanker.

  • Mencegah Anemia

Penelitian lain juga membuktikan bahwa dari jenis rumput laut spiriluna juga dapat anda jadikan untuk menstabilkan jumlah  sel – sel darah merah, sel – sel darah putih dan juga pada hemoglobin. Bukan hanya itu, rumput laut juga bermanfaat untuk mengurangi efek samping dari terhambatnya produksi sel – sel penghasil sel darah.

  • Mengendalikan Berat Badan

Rumput laut merupakan jenis makanan yang bebas akan lemak jahat dan kaya akan serat pangan. Telah kita ketahui bahwa selain untuk melancarkan pencernaan anda, adanya serat yang terdapat di dalam rumput laut dapat membuat perut anda akan lebih lama kenyang sehingga anda dapat terhindar dari pola makan yang rakus dan tentunya akan mampu meningkatkan berat badan anda. sehingga adanya rumput laut dapat anda jadikan sebagai camilan untuk menemani anda berdiet.

  • Mengatasi Alergi

Nutrisi dan Beberapa Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh

Selain dari manfaat di atas, manfaat lain yang dihasilkan ketika anda mengkonsumsi rumput laut adalah dapat mengatasi terjadinya alergi pada tubuh anda.  Rumput laut juga mampu melawan reaksi dari alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat – zat lain yang dapat menyebabkan timbulnya gejala alergi seperti hidung anda yang sedang tersumbat dan mata yang berair.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close