Skip to main content

5 Manfaat Teknologi Informasi Dalam Berbagai Bidang Pekerjaan

Kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini mampu memberikan sejumlah manfaat terhadap bidang pekerjaan. Sebagai contoh, dengan kemajuan teknologi informasi, komunikasi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah yang kemudian dapat meningkatkan produktifitas.

Lalu apa saja manfaat teknologi informasi di bidang pekerjaan?

Dapat dipahami bahwa sesungguhnya ada banyak sekali manfaat dari kemajuan teknologi informatika. Dalam sehari-hari kita, dapat kita bayangkan apa yang sesungguhnya dapat kita lakukan manakala teknologi informasi masih belum mengalami perubahan, tentu segala sesuatunya tidak bisa secepat sekarang ini.

Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bidang Pekerjaan


Berikut ini beberapa contoh manfaat teknologi informatika di bidang pekerjaan yang sekaligus menjadi fakta bahwa sesungguhnya kemajuan teknologi informasi itu sangat memanjakan manusia.

1. Manfaat Teknologi Informasi dalam bidang Akuntansi


Suatu proses identifikasi, pengukuran dan penyampaian informasi ekonomis untuk memungkinkan menbuat pertimbangan-pertimbangan dan pengambilan keputusan yang jelas dengan tegas oleh pemakai informasi tersebut, maka dengan adanya teknik informasi ini memudahkan si pemakai mengolah data


2. Manfaat Teknologi Informasi dalam bidang Finance


Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan / perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukannya sistem informasi yang handal agar dapat mudah diakses oleh nasabahnya. Maka denga adanya teknologi informasi di bidang finance/keuangan ini lebih mempermudah melakukan sebuah transaksi.


3. Manfaat Teknologi Informasi dalam bidang Marketing


Mekanisme Sistem Informasi Pemasaran (SIP) yang lebih dikenal dengan MIS (Marketing Information System), dimana suatu sistem informasi pemasaran terdiri dari pertama, SDM yang mampu menjalankan tanggung jawab dalam analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian, kedua dan ketiga, adalah peralatan serta prosedur-prosedur untuk menilai kebutuhan informasi dan menyebarkan informasi.

Jadi, dengan adanya sistem informasi pemasaran tersebut akan diperoleh informasi tentang perkembangan dalam lingkungan pemasaran, baik pasar sasaran, saluran pemasaran, situasi pesaing hingga keadaan lingkungan mikro.

4. Manfaat Teknologi Informasi dalam bidang menejemen Produksi


Sistem Informasi Manajemen (Management Information System – MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, atau perusahaan kecil.

SIM dapat diterapkan pada semua tingkat atau level manajemen yang ada yaitu manajemen tingkat atas (top management), manajemen tingkat menengah (middle management), dan manajemen tingkat bawah (lower management).

Jadi, dengan adanya teknologi informasi di bidang manajemen ini perusahaan tersebut lebih mudah memenej atau mengatur sebuah perdangan dengan tepat dan cepat.

 5. Manfaat Teknologi Informasi dalam bidang Sumber Daya Manusia


Manajemen sumber daya manusia atau MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal.

MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik.

Manfaat Teknologi Informasi Dalam Berbagai Bidang Pekerjaan

Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber daya manusianya. Jadi dengan adanya teknologi informasi di bidang sumber daya manusia ini lebih memudahkan si individu untuk mencapai suatu tujuan.

Penutup


Itulah 5 contoh manfaat teknologi informasi di bidang pekerjaan. Dan jika dicerna, sebenarnya masih ada banyak manfaat lainnya dari perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat seperti sekarang ini.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close