Skip to main content

7 Manfaat Teknologi Informasi

Keberadaan teknologi pada dasarnya dapat memudahkan manusia dalam berbagai urusan. Kini, dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi hal ini memberi banyak dampak positif terhadap manusia. Banyak sekali manfaat teknologi informasi yang dirasakan manusia, dan beberapa diantaranya akan kami kupas pada artikel ini.

Di era kehidupan yang semakin modern dan canggih seperti sekarang ini, sebagian besar aktivitas manusia tidak bisa lepas dari pengaruh teknologi. Teknologi informasi dengan perkembangannya yang sedemikian cepat dapat memudahkan manusia dalam berbagai hal, salah satunya adalah untuk keperluan informasi dan komunikasi.

Untuk mendapatkan informasi secara up to date, kini kita tidak lagi harus bergantung pada media cetak atau televisi. Melalui jaringan internet, dunia bak hanya segenggam tangan kita. Selain itu, kita juga dimudahkan dalam urusan komunikasi. Kita dapat melakukan komunikasi dengan keberagaman cara dan bentuknya secara mudah dan praktis.

Terlepas dari dampak negatif dari teknologi informasi, sangat banyak sekali dampak positif dari keberadaan teknologi informasi. Beberapa diantaranya sebagaimana disebutkan pada paragraf diatas. Dan tentunya jika ditelaah lebih jauh, masih banyak sekali manfaat lain dari teknologi informasi ini. Dibawah ini disebutkan 7 manfaat teknologi informasi bagi manusia.

7 Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bisnis dan Bagi Kehidupan Manusia


Berikut ini adalah beberapa macam manfaat teknologi informasi yang selama ini telah atau belum Anda sadari:

1. Mempermudah Komunikasi


Dulu ketika kita ingin melakukan komunikasi bisa dipastikan harus melewati hari-hari yang sangat panjang untuk menanti jawaban karena membutuhkan perantara seperti tukang pos.  Namun, saat ini Anda hanya cukup menunggu beberapa detik saja dan Anda sudah bisa mendapatkan respon yang jelas tanpa harus menggunakan jasa tukang pos atau jasa sejenis lainnya.

2. Mempermudah Bertukar Informasi


Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi orang-orang dimudahkan untuk bisa mengakses berbagai macam informasi melalui internet. Anda cukup membeli paket data dan Anda bisa mulai berselancar di dunia maya. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi diharapkan semakin mempermudah para pencari ilmu untuk bisa mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan.

3. Mempermudah Pembelajaran


Dulunya untuk belajar hanya ada beberapa buku di sekolah dan harus berantrean, kini justru malah dipermudah karena banyak yang memposting isi buku dengan cara di scan dan di upload ke internet. Selain buku elektronik, ada juga video pembelajaran dan aplikasi yang membuat Anda semakin mudah memahami pelajaran karena visualisasinya yang mampu merangsang otak lebih cepat dalam menerima pelajaran. Selain itu ada juga situs yang memberikan banyak soal dan cara penyelesaiannya sehiggga semakin mudah bagi orang yang sangat membutuhkan media pembelajaran.

4. Dapat Meningkatkan Produktivitas


Manfaat lain dari teknologi informasi dan komunikasi yakni terbukti mampu meningkatkan produktivitas sehingga para pekerja bisa mencapai progres sesuai yang diharapkan. Cara meningkatkan produktivitas disini adalah dengan menggunakan produk-produk teknologi informasi dan komunikasi yang sesuai kebutuhan.

5. Semakin Hemat Biaya


Dengan campur tangan teknologi informasi dan komunikasi hal ini akan memudahkan masyarakat yang ingin melakukan aktivitas bisnis karena tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya. Masyarakat yang ingin membuat sebuah peluang usaha cukup menggunakan sebuah aplikasi atau situs yang memungkinkan untuk membuat sebuah toko untuk mereka. Disini Anda bisa melakukan berbagai transaksi berbagai produk dengan siapa saja dan kapan saja.

6. Menciptakan Peluang Bisnis Baru


Dengan semakin berkembangnya teknologi dan informasi hal ini akan mendorong beberapa orang untuk menciptakan sejumlah peluang yang sangat menguntungkan dan sebagai modal bisnis yang sangat menguntungkan. Salah satu contoh nyata pemanfaatan kemajuan teknologi dan komunikasi adalah Google. Mesin pencari Google banyak digunakan untuk mencari sesuatu di internet dan perusahaan yang menaungi Google akan mendapatkan banyak keuntungan darinya.

7. Mempermudah Transaksi Jual-beli


Di era yang semakin maju nan modern seperti sekarang ini, kita dapat memenuhi sejumlah kebutuhan cukup dengan berdepan komputer. Sebut saja Anda ingin belanja barang baik berupa baju, peralatan rumah tangga, ataupun furnitur, Anda hanya perlu mengunjungi situs toko online dan membeli barang yang Anda butuhkan di situs tersebut. Setelah melakukan pembayaran, barang Anda akan sampai hanya dalam beberapa hari.

Penutup


7 Manfaat Teknologi Informasi

Demikian beberapa kegunaan teknologi informasi bagi kehidupan sehari-hari manusia. Tujuh manfaat teknologi informasi yang disebutkan diatas hanya beberapa diantaranya. Tentu, masih sangat banyak kegunaan atau manfaat lainnya dari keberadaan teknologi informasi yang terus berkembang dan mengalami kemajuan dari waktu ke waktu.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close