Skip to main content

Arti Dungu Adalah: Pengertian, Penggunaan dalam Kalimat, dan Sinonimnya

Arti kata dungu merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah sangat tumpul otaknya; tidak cerdas; bebal; bodoh. Kedunguan: kebodohan; kebebalan.

Kata dungu ini kemudian banyak mencuri perhatian masyarakat lantaran ada salah seorang public figure yang dengan sangat sering mengucapkannya ketika ia sedang berada dalam sebuah diskusi atau forum.

Pengertian Dungu


Jika mengacu pada KBBI daring, "dungu" dapat diartikan tumpul atau bodoh. Jadi, orang yang dungu adalah orang yang otaknya tumpul alias bodoh atau tidak pintar.

Contoh Penggunaan Kata Dungu Dalam Sebuah Kalimat


  1. Kebenaran sepenuhnya bersemayam di dalam hakekat, Tapi orang dungu mencarinya di dalam kenampakan. - Jalaluddin Rumi
  2. Binatang paling dungu pun mampu melakukan hubungan badan, tapi ia tak mampu mengetahui apa arti cinta. - Ron Herron
  3. Hanya orang paling bijak dan orang paling dungu saja yang tidak pernah berubah. - Konfusius
  4. Aku hanya bisa menatap dengan bola mata orang dungu. - A. Warits Rovi
  5. Membolos satu hari tidak serta membuat kami jadi dungu, kan? - D. Wijaya
  6. Mereka (brahmana) tidak perlu takut pada kedunguan. Mereka belajar setiap hari untuk tidak jadi dungu. - Pramoedya Ananta Toer

Sinonim Kata Dungu


Dikutip dari sebuah sumber, berikut ini adalah beberapa sinonim dari kata dungu:

  1. Bodoh
  2. Bego
  3. Dogol
  4. Dongok
  5. Pandir
  6. Tolol
  7. Bebal
  8. Beloh
  9. Berat Kepala
  10. Tongong
  11. Bongak
  12. Goblok
  13. Otak Udang
  14. Sempit
  15. Ketang
  16. Ketat
  17. Kincup
  18. Sendat
  19. Sepan
  20. Sesak

Arti Kata Dungu Menurut Ahli


Meskipun secara sederhananya kata dungu dapat diartikan "bodoh", namun seorang dosen filsafat yang cukup vocal dalam kesehariannya, Rocky Gerung memberikan pemahaman yang lebih spesifik mengenai arti kata dungu.

Sebagaimana dikutip dari akun Twitter sang dosen, menurutnya, arti dungu bukanlah tentang "orang". "Dungu adalah soal "cara" berpikir," cuitnya pada Rabu (28/11/2018).

Ia kemudian menambahkan, "Misalnya: Planga-plongo. Itu bukan esensi dungu. Itu ekspresi kedunguan saja. Ekspresi cara berpikir".

Menurutnya lagi, bila tak boleh ada kesimpulan "dungu", berarti semua penalaran adalah benar? Lalu mengapa mereka masih di kolam?

"Misalnya: menuntut pujian terhadap hal yg memang menjadi tugas dia. Itu logika dungu. #dungu," tulisnya lagi di akun Twitter miliknya.

Sosok penggoreng logika ini menambahkan, "Misalnya: memakai index gini untuk mengklaim keadilan sosial. Itu dungu. #dungu.", cuitnya lagi.

Kesimpulan


Arti Dungu Adalah

Sebagaimana ulasan diatas, arti kata dungu secara sedarhananya adalah bodoh. Namun demikian, kata dungu memiliki makna yang lebih spesifik jika merujuk pada pendapat seorang ahli semacam Rocky Gerung.

Menurutnya, "dungu" bukan tentang "orang", tetapi mengenai "cara" berpikir seseorang.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close