Skip to main content

Contoh Surat Lamaran Kerja BPJS

Surat lamaran kerja di BPJS menjadi modal yang sangat penting bagi Anda yang ingin berkarir di BPJS, baik itu BJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan.

Membuat surat lamaran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang baik dan benar dari segi tata penulisan serta meterinya akan memperbesar peluan Anda untuk bisa diterima bekerja di BPJS.

Untuk Anda yang membutuhkan masukan seperti apa surat lamaran kerja yang benar, khususnya untuk ditujukan ke lembaga BPJS, kali ini saya akan mengulasnya dalam artikel ini.

Dan sebelumnya, mari kita pahami terlebih dulu apa saja yang perlu dicantumkan atau dimuat dalam surat lamaran pekerjaan agar mendapat respon yang baik dari bagian Human Resource Department (HRD) atau yang juga biasa disebut bagian Personalia.

Cara Menulis Surat Lamaran yang Benar


Ada sejumlah poin dalam penulisan surat lamaran kerja yang semestinya diperhatikan oleh setiap calon karyawan baru.

Penting bagi Anda untuk memastikan beberapa poin yang tersebut dibawah ini tidak dihilangkan dari surat lamaran yang akan Anda kirimkan ke suatu perusahaan.

1. Kelengkapan Data Identitas


Pertama, pastikan Anda menginformasikan data identitas Anda selengkap-lengkapnya. Ini sangat penting kerena umumnya bagian HRD ingin mengetahui dengan lebih detail mengenai diri Anda.

2. Singkat dan Padat


Tulislah surat lamaran yang tidak bertele-tela atau banyak mengulas mengenai suatu hal yang sama sekali tidak diperlukan. Anda cukup menulis surat lamaran Anda secara ringkas namun isinya lengkap.

3. Informasikan Kualifikasi Anda


Poin penting berikutnya adalah, jangan lupa untuk menginformasikan tentang kualifikasi Anda agar perusahaan benar-benar merasa memiliki pertimbangan yang tepat dalam menerima Anda bekerja.

4. Cantumkan Berkas Pendukung


Biasanya surat lamaran kerja itu turut dicantumkan beberapa berkas dokumen penting sebagai pendukung, misalkan sertifikasi kursus (jika ada), surat pengalaman kerja (jika sudah pernah bekerja), dsb.

5. Wajib Ada Materai


Surat lamaran kerja merupakan salah satu jenis surat formal atau surat resmi. Oleh sebab itu, dalam surat lamaran kerja wajib menggunakan materai. Anda bisa memilih materai 6 ribu, 12 ribu, dst. Intinya, materai wajib ada.

Contoh Surat Lamaran Kerja di BPJS


Sebagaimana dijelaskan diatas, sekarang Anda sudah memiliki pemahaman yang cukup untuk dapat membuat surat lamaran kerja yang benar yang dapat memperbesar peluang Anda untuk dipertimbangkan oleh bagian Personalia.

Selanjutnya Anda bisa mulai menulis surat lamaran Anda yang dalam hal ini akan ditujukan ke BPJS Kesehatan atau BPJS Kesehatan.

Dan sebagai tambahan, sebenarnya antara surat lamaran kerja BPJS dan surat lamaran kerja di instansi lainnya itu tidak jauh berbeda. Intinya sama saja, hanya materi didalamnya yang perlu diperjelas.

Surat Lamaran Kerja BPJS Kesehatan Untuk Lulusan SMA Sederajat


Jakarta Selatan, 20 Mei 2019

Kepada Yth,

HRD BPJS Kesehatan Cab. Jakarta Selatan

Jl. Jenderal Sudirman No 22 Jakarta Selatan



Dengan hormat,


Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Intan Permata
Tempat/Tanggal lahir: Jakarta Selatan, 12 April 1998
Jenis Kelamin: Perempuan
Pendidikkan: SMA 02 Jakarta Selatan
Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No. 12  RT/RW 05/04
No. Telepon: 021 545 222

Sesuai dengan informasi yang saya peroleh dari salah satu media cetak lokal perihal dibukanya lowongan  pekerjaan di BPJS Kesehatan kantor cabang Jakarta Selatan, maka melalui surat lamaran ini saya bermaksud mengajukan diri untuk mengisi posisi yang dimaksud.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, bersama surat ini turut saya lampirkan data diri sebagai berikut:

  1. Pas Foto
  2. Fotocopy KTP
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotocopy Ijazah Terakhir
  5. Fotocopy Sertifikat Competensi
  6. Fotocopy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya, dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya sampaikan banyak terima kasih.


Hormat saya,

TTD & Materai

Intan Permata

Demikian tadi adalah contoh surat lamaran kerja BPJS Kesehatan untuk lulusan SMA, SMK, dan sederajat. Anda tinggal merubah data-datanya sesuai dengan data diri Anda.

Surat Lamaran Kerja BPJS Kesehatan Untuk Lulusan S1


Bandung, 14 Juni 2020


Kepada Yth,
Pimpinan BPJS Kesehatan Cabang Kota Bandung
di - Tempat

Hal : Lamaran Pekerjaan


Dengan segala hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:


Nama : Hari Sanjaya
Tempat/Tgl. Lahir : Bandung, 20 Nopember 1996
Pendidikan Terakhir : S1 Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran
Alamat : Jl. Basuki Rahmat No. 22 Bandung.
No. Telepon : 08123456789
E-mail : emailanda@hotmail.com


Sehubungan dengan dibukanya lowongan kerja di BPJS Kesehatan kantor cabang kota Bandung sebagaimana diinformasikan dalam koran Bandung Post edisi Rabu, 12 Juni 2020, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan diri guna dapat dipertimbangkan untuk mengisi bagian yang sedang lowong.

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik serta tidak pernah terlibat dengan permasalahan hukum apapun. Dan sebagai bahan pertimbangan Bapak /Ibu pimpinan, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas pendukung, diantaranya:


  1. Fotokopi Daftar Riwayat Hidup.
  2. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir.
  3. Fotokopi Transkrip Nilai yang telah dilegalisir.
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  6. Fotokopi Surat Keterangan dari Dokter.
  7. Pas Photo Berukuran 4x6 sebanyak 4 lembar.


Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan kondisi saya yang sebenarnya. Saya berharap dapat diproses dalam rangkaian seleksi selanjutnya. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, saya sampaikan terima kasih.


                                                                                      
Hormat saya,

ttd & materai

Hari Sanjaya

Seperti Anda perhatikan, nyaris tidak ada beda antara surat lamaran untuk lulusan SMA dan Sarjana. Sama saja, yang membedakan hanya soal informasi diri Anda.

Surat Lamaran Kerja BPJS Ketenagakerjaan


Dan berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja di BPJS Ketenagakerjaan yang kurang-lebih sama dengan yang diulas diatas.

Tangerang, 23 Januari 2020


Kepada Yth,

Kabag Personalia BPJS Ketenagakerjaan Cab. Tangerang

Jl. Imam Bonjol No. 66 Tangerang

Perihal: Lamaran Kerja



Dengan hormat,


Saya yang berketerangan sebagai berikut:


Nama: Joni Andika
Tempat/Tanggal Lahir: Bali, 11 April 1997
Jenis kelamin: Laki laki
Pendidikkan Terakhir: S1 Akutansi Universitas Indonesia
Alamat Asal: Jl. Bali Sentosa No. 14 Bali
Alamat Domisili: Jl. Imam Bojol No. 19 Tangerang
No. HP: 08777777778


Berdasarkan informasi yang saya baca di surat kabar harian Tangerang tertanggal 22 Januari 2020, yang bahwasannya BPJS Ketenagakerjan kantor cabang kota Tangerang sedang membuka lowongan untuk ditempatkan dibagian staff administrasi, maka bersama ini saya bermaksud mengajukan diri untuk menempati posisi tersebut jika diberi kesempatan.

Saat dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani dan siap untuk memberikan kontribusi jika diberikan kesempatan.

Sebagai perlengkapan surat lamaran yang saya kirim, bersama ini saya lampirkan beberapa data yang diperlukan yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, yaitu:

  1. Pas Foto 3x4
  2. Fotocopy KTP
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotocopy Ijazah terakhir
  5. Fotocopy SKCK
  6. Fotocopy Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya sebagaimana kondisi saya.

Saya berharap bisa menjadi bagian dari BPJS Ketenagakerjaan cabang kota Tangerang yang Bapak/Ibu pimpin.

Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya sampaikan banyak terima kasih.



Hormat saya,

Materai & TTD

Joni Andika
Contoh Surat Lamaran Kerja BPJS Kesehatan
Contoh Surat Lamaran Kerja BPJS Kesehatan (SS Dokumen Asli)

Kesimpulan


Bagi pelamar kerja fresh graduate, mereka mungkin masih membutuhkan masukan dalam membuat surat lamaran kerja karena sebelumnya belum pernah membuatnya.

Dan diatas adalah beberapa contoh surat lamaran kerja BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang bisa Anda pelajari agar bisa menulis surat lamaran pekerjaan yang sebaik-baiknya.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close