Skip to main content

Cara Flash OPPO Android R1001

Tutorial flashing HP OPPO Android akan saya bahas dalam artikel ini. Pada postingan ini saya akan berbagi informasi atau panduan flashing OPPO Find Joy - Sebuah smartphone jadul OPPO yang telah saya gunakan lebih dari 7 tahun.

Dengan waktu penggunaan yang sudah sekian lama, pastinya kinerja smartphone akan mengalami penurunan. Namun, sepanjang tidak ada masalah pada sisi hardware, Anda masih berkesempatan untuk memperbaiki masalah teknis pada HP OPPO Anda.

Cara flash HP OPPO juga tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Jika perlengkapan yang diperlukan (software flashing dan firmware) telah Anda siapkan, proses flashing dapat dilakukan kurang dari 10 menit. Sangat cepat, bukan?

Cara flashing smartphone Android OPPO Find Joy atau dengan nama produksi OPPO R1001 yang akan saya ulas dibawah ini langkah-langkahnya hampir sama dengan proses flashing ponsel OPPO tipe lainnya, termasuk OPPO R831K, OPPO A3S, OPPO A37, dan sebagainya.

Intinya, Anda hanya membutuhkan dua buah file flashing, yaitu software flashing dan firmware OPPO sesuai dengan tipe smartphone OPPO milik Anda. Kedua file tersebut juga bisa Anda dapatkan secara mudah diberbagai situs penyedia software flashing dan firmware smartphone.

Penyebab HP Memerlukan Flashing


Sebelum beranjak ke tutorial flashing OPPO Android, terlebih dulu mari disimak beberapa hal yang menyebabkan suatu ponsel membutuhkan flashing, yang antara lain sebagai berikut:

  • Ponsel tidak dapat menangkap sinyal
  • Tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan
  • Ponsel tidak bekerja secara normal
  • Terdapat aplikasi yang tidak bisa dibuka
  • HP cepat panas
  • Sering terjadi restart sendiri
  • Dll.

Jika Anda menjumpai kendala yang antara lain seperti disebutkan diatas, maka Anda dapat mengatasinya dengan melakukan flashing.

Flashing akan menjadikan HP Anda kembali seperti HP baru (dari sisi software-nya). Flashing lebih dari sekedar factory reset, karena seluruh file sistem akan berganti menjadi baru.

Dan untuk Anda yang memerlukan tutorial flashing HP Android merk lainnya, artikel tutorial dibawah ini mungkin berguna bagi Anda.


Panduan Flashing OPPO R1001 - Find Joy


Untuk memulai flashing OPPO Find Joy, silahkan download beberapa software yang diperlukan berikut ini.

  1. MTK USB Drive (Tidak perlu jika PC sudah bisa mendeteksi perangkat USB)
  2. Firmware OPPO R1001
  3. All Stock ROM Firmware OPPO R1001
  4. Software SP Flash Tool

Passw: oppomobile.vn

Jika sudah selesai di download, mari dilanjut ke proses flashing OPPO R1001 seperti dijelaskan berikut ini.

1. Silahkan Anda ekstrak semua file yang tadi Anda download.

2. Buka folder file Software SP Flash Tool, lalu jalankan program SP Flash Tool.

Cara Flash OPPO Android R1001 2


3. Berikutnya akan muncul jendela flashing software SP Flash Tool.

Cara Flash OPPO Android R1001 2

4. Pada bagian Scatter Loading silahkan Anda buka file OPPO Find Joy R1001 yang sudah tadi sudah Anda ekstrak.

Cara Flash OPPO Android R1001 - 3

5. Jika file-nya sudah di load, proses flashing bisa segera dimulai. Silahkan Anda klik tombol Download.

Cara Flash OPPO Android R1001 - 4

6. Berikutnya, silahkan lepas baterai HP OPPO Anda, kemudian colokkan ke PC menggunakan kabel USB.

Cara Flash OPPO Android R1001 - 5

7. Saat HP dan PC telah terhubung menggunakan kabel USB, silahkan Anda tekan tombol volume atas di HP - Tekan terus tombol tersebut selama beberapa saat sampai pada jendela software SP Flash Tool memperlihatkan indikator load file berwarna kuning.

Cara Flash OPPO Android R1001 - 6

8. Silahkan tunggu sampai proses flashing selesai. Waktu yang diperlukan sekitar 5-10 menit. Dan jika proses flashing telah selesai, akan muncul jendela seperti gambar diatas, yaitu box dialog Download Ok dengan terdapat centang dalam lingkaran berwarna hijau.

9. Flashing OPPO R1001 teleh berhasil dilakukan. Selanjutnya, silahkan lepas kabel USB dari HP, pasangkan baterai HP, lalu nyalakan smartphone OPPO Anda. Anda perlu mengkonfigurasi smartphone Anda seperti halnya saat Anda pertama kali menggunakan HP yang masih baru.

Selain melakukan flashing menggunakan cara diatas, Anda sebenarnya juga diberikan pilihan untuk melakukan flashing OPPO lewat SD Card atau kartu memori. Namun, disini saya tidak membahas tutorialnya. Jika Anda punya komputer, sepertinya cara ini lebih cepat untuk dilakukan.

Penutup


Demikian panduan flashing OPPO Find Joy atau OPPO R1001, semoga berguna bagi Anda. Seperti dijelaskan diatas, cara flash HP OPPO sangat mudah, dan bisa dilakukan secara gratis sepanjang Anda memiliki PC dan koneksi internet.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close