Skip to main content

Cara Flash HP Android Oppo Berbagai Tipe

Cukup banyak pengguna HP Oppo Android di Indonesia. Jika Anda memiliki HP OPPO yang mengalami kerusakan pada bagian software, selain dengan opsi membawanya ke servisan Anda juga bisa mencoba cara flash HP OPPO sendiri agar tidak perlu mengeluarkan biaya membayar tukang servis HP.

Kali ini saya akan berbagi tutorial flashing Oppo Android dengan langkah-langkah yang cukup mudah. Panduan flash HP Oppo Android yang akan saya ulas dibawah ini merupakan cara flashing Oppo untuk seri A. Seri A sendiri merupakan salah satu tipe smartphone Android yang diproduksi pabrikan Oppo dalam jumlah yang cukup banyak.

1. Cara Flash HP Oppo A3S


Cara Flash HP Oppo A3S

Anda dapat melakukan flashing smartphone Oppo A3S menggunakan dua opsi, yaitu flashing lewat QFIL dan SD Card. Cara yang pertama mengharuskan Anda untuk menggunakan laptop atau PC. Adapun untuk cara yang kedua dapat Anda lakukan cukup dengan menggunakan memori SD Card.

Langkah-langkah Flash Oppo Android A3S

a. Cara Flash HP Oppo A3S dengan Laptop / Komputer (QFIL)

Cara flashing Oppo A3S dengan metode ini membutuhkan beberapa aplikasi, yaitu QPST/QFIL v2.7.472 for Windows, Qualcomm USB Driver, dan Firmware Oppo A3S.

Berikut link download file-file yang dibutuhkan:


Jika semua file yang dibutuhkan telah Anda download, mari dilanjut ke proses flashing, sebagai berikut:

  1. Silahkan klik file instalasi QFIL dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  2. Kemudian buka file Firmware, lalu ekstrak.
  3. Klik aplikasi QFIL, lalu pilih menu Flat Build.
  4. Cari menu Select Programmer, pilih Browse dan temukan di folder tempat hasil ekstrak Firmware tadi - File tersebut bernama prog_emmc_firehouse_89XX.mbn.
  5. Jika sudah, arahkan kursor ke kotak Download kemudian klik Load XML yang perlu disambungkan ke rawprogram0.xml.
  6. Selanjutnya klik patch0.
  7. Silahkan matikan HP Anda, lalu koneksikan dengan kabel USB ke laptop sambil menekan tombol volume.
  8. Cek apakah smartphone Anda telah terdeteksi oleh laptop. Caranya yakni dengan memastikan apakah driver QDLoader 9008 telah terpasang.
  9. Semoga sampai disini ponsel Anda sudah terdeteksi di QFIL Tool. Dan jika belum, coba lepaskan dulu lalu sambungankan kembali ke laptop.
  10. Apabila sudah terdeteksi, silakan tekan tombol Download.
  11. Proses flashing akan berjalan, waktu yang dibutuhkan sekira 9- 14 menit. Pastikan selama proses flashing berjalan tidak ada kabel yang goyang atau terlepas.
  12. Jika bar indikator telah mencapai 100%, itu artinya flashing telah selesai dilakukan. Silahkan hidupkan kembali HP Oppo Anda.

Demikian tadi panduan flashing Oppo Android menggunakan komputer yang ternyata sangat mudah dan cepat. Berikutnya adalah panduan cara flash Oppo dengan menggunakan memori SD Card. Silahkan simak langkah-langkahnya seperti dijelaskan dibawah ini.

2. Cara Flashing Oppo A3S Tanpa PC (Berbekal SD Card)


Cara Flashing Oppo A3S Tanpa PC (dengan SD Card)

b. Flashing OPPO A3S dengan SD Card

Jika Anda tidak punya komputer atau laptop, Anda bisa mencoba flashing Oppo A3S dengan menggunakan memori SD Card. Metode ini merupakan alternatif bagi Anda yang mungkin saja belum memiliki PC Sendiri.

Sebelum memulai, Anda membutuhkan firmware OTA Oppo agar dapat melakukan flash Oppo A3S tanpa komputer alias dengan berbekal SD Card. Adapun untuk minimal kapasitas memori SD Card yang dibutuhkan adalah 4 GB dan harus Anda format terlebih dulu supaya benar-benar dalam kondisi kosong.

Berikut link download file firmware Oppo A3S:


Silahkan download file firmware melalui tautan diatas, lalu simpa di SD Card yang akan Anda gunakan untuk melakukan flashing.

Penting! Usahakan daya baterai ponsel Anda masih tersisa 90% atau setidaknya tidak kurang dari 50% agar tidak kehabisan pada saat proses flashing sedang berlangsung. Anda bisa charge terlebih dulu sebelum memulai.

Ok, jika file firmware sudah di download dan telah tersimpan di kartu memori SD, mari dimulai cara flash HP Oppo Android A3S lewat SD Card.

  1. Matikan HP Anda, lalu pasangkan memori SD Card.
  2. Hidupkan HP Anda dengan cara menekan tombol power + volume secara bersamaan. Silahkan ditahan sampai muncul logo Oppo di layar ponsel.
  3. Kemudian silahkan lepas tombol power tapi tetap biarkan volume bawah, tunggu sampai muncul menu pilihan bahasa. Pilih bahasa Inggris.
  4. Berikutnya Anda prlu masuk ke menu recovery.
  5. Klik install from storage device (maksudnya install dari SD Card).
  6. Temukan file dengan ekstensi .zip dalam Firmware OTA yang tersimpan di memori SD Card.
  7. Silahkan pilih OK.
  8. Tunggu sampai proses flashing selesai yang biasanya akan memakan waktu sekira 15an menit.
  9. Apabila flashing berhasil dilakukan, akan muncul pemberitahuan updating succesfully. Silahkan klik Back.
  10. Klik menu Reboot untuk me-restart smartphone Anda.
  11. Setelah restart, layar akan menampilkan setting wizard - Anda perlu memilih bahasa, menentukan pilihan pengaturan lokasi, dan waktu.

Demikianlah langkah-langkah flash OPPO Android tanpa PC. Anda tidak perlu khawatir lantaran belum punya PC karena Anda dapat memulai flashing cukup dengan modal kartu memori SD.

3. Cara Flash HP Oppo A37


Cara Flash HP Oppo A37

Berikutnya adalah panduan flashing Oppo Android seri A37. Untuk memulai flashing Oppo tipe A37, Anda butuh komputer, kabel USB dan aplikasi Qualcomm Driver, Firmware Oppo A37, dan Msm8x39DownloadTool. Perlengkapan file instalasi bisa Anda download melalui link dibawah ini.


Langkah-langkah flashing Oppo A37:

  1. Jika sudah selesai di unduh, silahkan Anda ekstrak file Firmware Oppo A37 dan Msm8x39DownloadTool kedalam satu folder.
  2. Instal driver Qualcomm.
  3. Matikan HP Anda, lalu tekan tombol volume up + down secara bersamaan, colokkan kabel data dan sambungkan ke komputer.
  4. Silakan cek untuk memastikan HP Anda sudah terdeteksi di komputer.
  5. Jika sudah terdeteksi, buka dan jalankan aplikasi Msm8x39DownloadTool. Silahkan klik Start.
  6. Proses flashing akan berjalan, dan Anda perlu menunggu sekitar 10-15 menit sampai proses selesai.
  7. Jika flashing telah selesai, akan muncul pemberitahuan di layar.
  8. Silahkan lepas kabel USB dari ponsel Anda.
  9. Hidupkan HP Oppo Anda, dan proses flashing A37 telah sepenuhnya rampung.

Panduan Flashing HP Lainnya:

Demikian 3 cara flashing HP Oppo secara mudah, baik dengan menggunakan PC atau tanpa PC. Mengingat langkah-langkah serta prosesnya yang sedemikan sederhana, saya rasa Anda tidak akan menemukan kesulitan apapun meskipun sebelumnya Anda belum pernah mencoba flashing HP sendiri.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close