Skip to main content

5 Hal Penyebab Orang Menjadi Bodoh

Walaupun cerdas dan tumpulnya otak telah ditentukan pada saat kita lahir, namun pada dasarnya otak membutuhkan pengasahan hingga bisa berkembang secara maksimal. Tanpa adanya pengasahan, kecerdasan yang dimiliki seseorang dapat tertutupi dengan sejumlah hal yang mungkin tidak mereka sadari.

Sebagaimana pendapat para ahli, semua hal di dunia modern mulai dari teknologi hingga kebiasaan makan mampu mengikis kemampuan otak seseorang, menyerang pusat syaraf dan membuat kita menjadi lebih lambat dan kurang gagasan.

Bahkan, para peneliti mendapati jika saat ini skor IQ manusia kian menurun. Kebiasaan buruk yang dilakukan manusia dalam sehari-hari mereka dapat menyebabkan otak menjadi tumpul. Tentu ini merupakan kondisi yang sangat meresahkan dan perlu diberi perhatian.

Apa saja yang menyebabkan otak seseorang jadi tumpul?


Berikut ini beberapa hal penyebab otak seseorang menjadi tumpul sehingga yang tadinya memiliki potensi untuk menjadi orang cerdas akhirnya justru menjadi orang yang bodoh.

1. Gaya Hidup


Pola hidup seseorang sangat menentukan perkembangan pola pikirnya. Jika yang bersangkutan membiasakan diri menghabiskan hari-harinya untuk melakukan hal-hal yang lebih bermuatan unsur negatif (tidak punya value), maka hal tersebut dapat membenamkan kecerdasan yang sebenarnya ada pada dirinya.

2. Pergaulan


Orang tua selalu memperingatkan kita agar bijak dalam memilih teman. Tentu saja, ini kerena mereka menyadari bahwa pengaruh teman itu sangat besar sekali dalam membentuk jati diri seseorang, terutama jika yang bersangkutan masih sangat mentah. Pengaruh buruk dapat dengan mudah merasukinya.

3. Sifat Malas


Membiarkan sifat malas terus menguasai diri kita merupakan kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Membiasakan diri menjadi orang yang suka bermalas-malasan tidak hanya akan membuat seseorang tumbuh dewasa tanpa pencapaian tapi juga akan membuat Anda kehilangan kecerdasan otak. Anda akan terus menjadi orang bodoh karena belenggu sifat malas.

4. Googling


Sempat terlintas dipikiran Anda?

Memiliki informasi tak terbatas yang dapat diakses kapanpun kita membutuhkan merupakan keuntungan, namun dibalik itu ternyata kemudahan tersebut merupakan bencana bagi syaraf.

Dengan mengandalkan mesin pencari Google kita dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi yang kita perlukan, namun itu membuat kita mengetepikan fungsi memori yang semestinya kita asah setiap hari untuk mengingat.

5. Tidak Mau Berpikir


Penyebab Orang Menjadi Bodoh

Otak semestinya terus dilatih untuk memecahkan kebuntuan-kebuntuan tertentu dengan digunakan untuk berpikir dan berpikir. Seseorang yang malas dalam berpikir cenderung tidak memiliki gagasan apapun sehingga pola pikirnya sangat terbatas dan kehidupannya sama sekali tidak bisa berkembang.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close