Skip to main content

5 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Sukses

Banyak orang mengatakan kalau wanita adalah sosok yang memiliki langkah pendek yang artinya mereka tidak bisa melangkah terlalu jauh karena terbatas pada kemampuan dan kultur.

Tidak sedikit orang yang menilai bahwa perempuan yang bekerja di ranah kehidupan rumah tangganya derajatnya tidak lebih baik daripada wanita karir yang bekerja di luar rumah. Ternyata persepsi tersebut harus segera kamu buang jauh-jauh, karena ibu rumah tangga memiliki pekerjaan yang sangat menentukan dan sangat mempengaruhi kehidupan keluarga.

Keharmonisan suatu keluarga tergantung dari hubungan yang terjalin antara suami dan istri. Jadi, jika seorang istri tidak mengatur keluarga dengan baik, maka keluarga yang harmonis pun tidak akan bisa terwujud.

Meskipun kamu hanya bekerja di rumah, jadilah ibu rumah tangga yang tidak dipandang sebelah mata. Mau tahu cara menjadi ibu rumah tangga yang tidak akan dipandang sebelah mata? Silakan simak beberapa kiat sebagaimana dijelaskan berikut ini.

Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Sukses


1. Prioritaskan Pendidikan

Siapa bilang ibu rumah tangga itu tidak bisa sekolah? Sekarang kamu harus merubah persepsi sarjana yang menjadi ibu rumah tangga itu sia-sia. Satu hal yang harus diingat, ibu rumah tangga adalah pendidik utama di rumah. Jadi kalau kamu tidak memiliki ilmu pengetahuan luas, mana bisa bisa kamu mendidik anak-anakmu dengan baik.

Kamu yang memiliki titel sarjana, jangan malu hanya karena menjadi ibu rumah tangga. Kamu pasti memiliki nilai lebih dari ibu rumah tangga lain yang tidak memiliki background pendidikan tinggi. Hal tersebut haruslah kamu buktikan dengan cara membangun suasana di rumah, mendidik anak, dan memperlakukan suami sebagaimana mestinya.

2. Hindari Ketergantungan Finansial Terhadap Suami

Untuk menjadi ibu rumah tangga idaman, mestinya kamu tidak hanya mengandalkan uang suami kamu. Meskipun ibu rumah tangga harus bertanggung jawab dengan segala pekerjaan rumah, tetapi kamu juga tetap bisa mencari penghasilan yang bisa mendukung penghasilan sang suami. Tidak sedikit ibu rumah tangga yang menghasilkan pundi-pundi uang dari dalam rumah. Kamu bisa mencari pekerjaan lepas seperti menulis di koran, bisnis rumahan, dan masih banyak lagi. Tentu saja, terlebih dahulu kamu harus punya skill yang bisa kamu manfaatkan agar bisa menghasilkan uang dari rumah.

Memiliki pekerjaan sambilan dan mendapatkan uang sendiri akan terasa lebih berbeda dibandingkan hanya menggunakan uang suami saja. Jika kamu merasa kurang memiliki keahlian, kamu bisa mulai mengasa bakat kamu dari sekarang. Di era digital ini, banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan secara gratis di internet. Kamu hanya perlu memilih sesuai dengan apa yang kamu minati. Jadi, meskipun kamu belum menemukan skill setelah menikah, jangan dulu berkecil hati.

3. Tetap Salurkan Hobimu

Menjadi ibu rumah tangga jangan merasa terikat dengan apa yang harus dikerjakan di rumah. Agar kamu bisa menjadi ibu rumah tangga dan tetap melakukan banyak hobi, sebaiknya kamu membuat jadwal agar pekerjaan di rumah dan hobi kamu bisa tersalurkan dengan baik. Meskipun kamu sudah menjadi ibu rumah tangga, bermain dengan teman-teman sebaya, hang out mencari pakaian atau kosmetik baru adalah hal yang wajar-wajar saja untuk dilakukan. Tetapi, untuk melakukan hal itu kamu harus punya jadwal tersendiri sehingga tidak mengganggu pekerjaan rumah.

4. Rajin Membaca Buku

Buku adalah gudang ilmu, istilah tersebut jangan hanya menjadi pajangan di perpustakaan. Ibu rumah tangga yang baik adalah mereka yang selalu ingin membaca dan belajar. Membaca, selain memperluas wawasan juga akan memberikan pengaruh yang positif untuk anak. Anak adalah seorang peniru, sehingga jika ia sering melihat orang tuanya membaca, maka dia juga akan meniru untuk gemar membaca. Begitu juga sebaliknya, jika orangtua hanya bergelut dengan gadget, maka anak-anak juga tidak akan bisa lepas dari gadget.

5. Menjadi Sosok Guru

Ibu rumah tangga merupakan sosok guru bagi sang anak dimana ingkungan pertama yang diterima oleh seorang anak adalah lingkungan keluarga. Sehingga jika lingkungan keluarga sudah sehat, maka anak-anak juga akan memberikan suasana yang sehat untuk orang lain. Pendidikan yang harus diterapkan oleh ibu rumah tangga di rumah adalah pendidikan tentang sopan santun, kedisiplinan, cara bersosial, dan lain sebagainya. Hal tersebut harus diterapkan sejak dini, sehingga orang tua tidak akan merasa resah ketika anaknya bergaul dengan anak-anak lain seusianya.

Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Yang Sukses

Demikian beberapa kiat untuk menjadi ibu rumah tangga yang cerdas sehingga nantinya kamu bisa menjadi sosok ibu rumah tangga yang sukses dan bisa membahagiakan keluargamu.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close