Skip to main content

23 Jenis Tumbuhan Berakar Tunggang / Serabut

Dari sekian banyak tumbuhan yan kita jumpai sehari-hari, sebagian darinya merupakan jenis tumbuhan berakar serabut atau tumbuhan yang memiliki akar tunggang. Di sekitar kita sebenarnya banyak kita jumpai tumbuhan berakar tunggang seperti pohon beringin, pohon buah kelengkeng, dan lain sebagainya.

Baca: Pengertian Akar Tunggang

Jenis - jenis Akart Tunggang


Adanya percabangan pada akar tunggang, membuatnya dapat kita kelompokan. Berikut ini jenis akar tunggang yang perlu Anda ketahui:

1. Akar Tunggang Sedikit / Tidak Bercabang


Akar tunggang ini pada umumnya tidak memiliki percabangan. Fungsi utama dari akar ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk penyimpanan makanan. Tumbuhan dengan akar jenis ini biasanya termasuk kedalam kategori tanaman yang dapat dikonsumsi atau dimanfaatkan.

Terdapat beberapa bentuk dari jenis akar tunggang sedikit atau tidak bercabang, yakni:

a. Fusiformis (Berbentuk Tombak)

Sesuai dengan namanya, bentuk akar dari jenis ini menyerupai layaknya tombak. Dimana pada bagian pangkalnya sedikit besar dan meruncing ke ujung dengan serabut-serabut akar sebagai percabangan.

Baca juga: Ciri -ciri Tumbuhan Berakar Serabut

Contoh tumbuhan berakar tunggang berbentuk tombak adalah lobak dan wortel.

b. Napiformis (Berbentuk Gasing)

Akar jenis ini berbentuk gasing. Dimana pada bagian pangkal akar terlihat besar membulat. Percabangan yang berupa akar-akar serabut dapat kita lihat pada ujung yang sempit dan meruncing.

Contoh tanaman dari akar tunggang yang berbentuk gasing adalah berkuang dan biet.

c. Filiformis (Berbentuk Benang)

Akar ini berbentuk kecil dan panjang layaknya akar serabut. Akar jenis ini juga memiliki cabang yang sedikit sekali. Contoh tanaman akar tunggang yang berbentuk benang adalah kratok.

2. Akar Tunggang Bercabang


Jenis akar tunggang ini biasanya memiliki percabangan yang banyak. Bahkan, cabang dari akar ini bisa membentuk percabangan lagi. Bentuknya kerucut panjang dan tumbuh lurus kebawah.

Banyaknya percabangan yang ada dapat membuat pohon dengan jenis akar ini tumbuh dengan kuat. Hal ini dikarenakan adanya perluasan daerah akar sehingga air dan hara yang diserap akan semakin banyak.

Contoh akar tunggang bercabang biasanya dapat kita temukan dari tumbuhan dikotil yang diperbanyak secara generatif menggunakan biji.

Contoh Tumbuhan Berakar Serabut / Tunggang


Ada banyak sekali jenis-jenis tumbuhan yang masuk dalam kategori tumbuhan dengan akar tunggang. Dan berikut ini diinformasikan beberapa jenis tumbuhan tersebut.

1. Pohon Jeruk


Pohon jeruk merupakan salah satu jenis perdu atau semak besar dengan ketinggian antara 2-15 m. Batang atau ranting berduri panjang tetapi tidak rapat. Daun merupakan daun tunggal berbentuk bulat berwarna hijau dengan tepi rata, permukaan licin dan agak berminyak. Jeruk bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian 0-400 mdpl dengan suhu antara 25 °C – 30 °C.

2. Pohon Beringin


Pohon beringin berukutan besar dan tinggi dan bisa mencapai 15-20 m. Batangnya besar dengan akar tunggang yang sangat kuat dan daun yang rimbun. Diameter batang pohon beringin bisa mencapai 2 m lebih dengan tinggi bisa mencapai 25 m. Pohon beringin dapat berkembang biak dengan biji dan memiliki akar gantung yang memiliki fungsi seperti fungsi akar bakau, yaitu sebagai alat pernapasan pada tumbuhan.

3. Akasia


Pohon Akasia memiliki batang besar dan sering digunakan dalam industri mebel dan kerajinan. Akar tumbuhan akasia merupakan akar tunggang berwarna keputihan kotor hingga kecoklatan dengan panjang 5-10 meter bahkan lebih, dan mampu mencapai kedalaman 3-5 meter. Batang pohon berbentuk bulat memanjang dengan diamater 10-20 cm bahkan lebih, permukaan kasar dan berduri tajam. Batang pohon akasia dapat mencapai ketinggian 15-20 meter.

4. Jambu Biji


Pohon jambu biji masuk dalam kategori pohon tropis, dengan batang bercabang-cabang. Daunnya tunggal dan menyirip berwarna hijau. Buahnya berdaging putih atau merah dan berbiji banyak. Pohon jambu biji memiliki tinggi sekitar 5-6 meter.

5. Pohon Jati 


Pohon ini dikenal sebagai pohon tangguh yang dapat hidup di tanah yang kering dan tandus. Warna batang coklat kuning hingga coklat kemerahan. Bentuk daun elips dengan ukuran 60-70 x 80-100 cm untuk pohon jati muda dan akan segera mengecil saat usia pohon semakin bertambah tua menjadi sekitar 15-20 cm. Semakin tua pohon jati akan memperlebar diameter batangnya. Pohon jati mampu hidup hingga ratusan tahun.

6. Pohon Asam


Pohon asam bisa tumbuh besar dan tinggi. Bijinya sering dimanfaatkan sebagai bumbu atau obat. Daunnya juga dapat dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat. Pohon ini memiliki sistem perakaran akar tunggang dengan akar lembaga (Radicula) yang tumbuh terus menjadi akar pokok yang bercabang-cabang menjadi akar-akar yang lebih kecil. Pohon asam memiliki batang keras dan kuat yang disebut dengan batang berkayu. Bentuk batang bulat dan tegak dengan diameter mencapai 2 meter. Kulit batang berwarna coklat keabu-abuan dengan tekstur kasar.

7. Kacang Hijau


Akar kacang hijau berakar tunggang dengan cabang akar dan menjulur kebawah permukaan tanah. Batang kacang hijau berbentuk bulat dan berbuku-buku serta berukuran kecil dengan bulu berwarna hijau kemerahan atau kecoklatan. Di setiap buku tumbuh satu tangkai daun. Kacang hijau tumbuh tegak hingga mencapai 1 meter dan cabangnya menyebar ke semua arah.

8. Kapas


Pohon kapas dibudidayakan di perkebunan sebagai bahan baku tekstil. Akar tumbuhan kapas merupakan akar tunggang, panjang akar dapat mencapai 0,75 – 1 meter. Batang tumbuhan kapas berbentuk silindris dengan batang beruas-ruas, dan tiap ruas tumbuh daun dan cabang-cabang di ketiaknya.

9. Wortel


Meskipun berukuran relatif kecil, wortel berakar tunggang dengan umbi yang dapat dimanfaatkan sebagai sayur karena mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan. Batang tumbuhan wortel sangat pendek sehingga hampir tidak nampak. Batang berbentuk bulat, tidak berkayu, agak keras, dan berdiameter kecil (sekitar 1-1,5 cm). Pada umumnya batang berwarna hijau tua. Batang tumbuhan tidak bercabang, namun ditumbuhi oleh tangkai daun yang berukuran panjang, sehingga kelihatan seperti bercabang.

10. Kacang hijau


Akar kacang hijau adalah tunggang dengan cabang akar dan menjulur kebawah permukaan tanah. Batang kacang hijau berbentuk bulat dan berbuku-buku serta berukuran kecil dengan bulu berwarna hijau kemerahan atau kecoklatan. Di setiap buku tumbuh satu tangkai daun. Kacang hijau tumbuh tegak hingga mencapai 1 meter dan cabangnya menyebar ke semua arah.

Contoh tumbuhan akar serabut lainnya, termasuk:

11. Padi

12. Jagung

13. Kelapa

14. Salak

15. Bawang Merah

16. Bawang Putih

17. Jahe

18. Pisang

19. Aren

20. Talas

21. Singkong

22. Putri Malu

23. Durian
 Akar tunggang pohon durian
 

Penutup


Akar tunggang adalah jenis tanaman atau tumbuhan yang dengan mudah bisa kita temukan disekitar kita. Beberapa contoh tanaman jenis akar tunggang diatas merupakan jenis tumbuhan yang umumnya bisa kita jumpai dengan begitu mudah, masih ada sekian banyak jenis tumbuhan lainnya yang juga memiliki akar tunggang.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close