Skip to main content

6 Bahaya Minum Sambil Berdiri Bagi Kesehatan

Saat anda sedang haus tentunya membutuhkan air untuk menghilangkan dahaga. Terlebih lagi apabila sehabis olahraga yang tentunya akan banyak kehilangan banyak cairan, sehingga anda akan membutuhkan air putih untuk memulihkannya. Namun tahukan anda bahwa minum dengan berdiri itu adalah hal yang dilarang dan menimbulkan efek negatif?

Mungkin anda pernah melakukan minum sambil berdiri, mungkin karena tidak sadar akibat  tidak kuat lagi ketika menahan rasa haus, atau kerap juga yang sudah menjadi kebiasaan mereka minum sambil berdiri. Ternyata bukan hanya dalam agama Islam yang telah melarang seseorang untuk minum sambil berdiri, melainkan juga telah dibuktikan oleh penelitian dokter yang membenarkan mengenai bahaya minum sambil berdiri.

6 Bahaya Minum Sambil Berdiri dan Cara Mencegahnya


Dengan anda minum sambil berdiri akan menyebabkan adanya luka pada bagian dinding lambung, hal ini terjadi karena minum sambil berdiri akan mengakibatkan air berjatuhan dengan cepat sekali. Ibaratnya adalah kaca yang dilempar di batu, sehingga akibatnya adalah lambung anda menjadi kendur dan juga pencernaan anda akan terganggu sehingga tidak akan mampu lagi untuk bekerja secara maksimal.

Memang posisi yang aman ketika sedang minum adalah dengan duduk. Ketika anda minum dengan duduk sebenarnya saraf – saraf tubuh dalam keadaan yang tenang dan juga siap untuk menerima air yang sedang masuk dari berbagai jenis minuman yang berbeda. Selain karena memang alasan kesehatan, posisi duduk ketika anda sedang minum juga sangat berhubungan dengan masalah etika kesopanan dan juga sebagai gaya hidup yang sehat.

1. Sakit Perut


Ketika seseorang sedang minum sambil berdiri, yang terjadi adalah tenggorokan anda akan mengalami adanya penyempitan dan juga berkerut sehingga dapat mempersulit makanan ketika hendak digiling hancur dengan lancar pada jaringan pencernaan. Sehingga dengan terjadinya kondisi ini dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada bagian perut.

2. Keseimbangan Tubuh Terganggu


Minum sambil berdiri juga dapat menyebabkan jaringan organ yang terdapat pada saraf pusat akan akan terasa tertekan dan juga dipaksa untuk terus bekerja keras dalam menstabilkan kondisi tubuh yang mungkin tanpa anda sadari dalam keadaan yang tegang. Sehingga akibatnya yang terjadi adalah saraf tubuh anda dalam kondisi yang stress dan juga memicu munculnya disfungsi saraf.

3. Perut Kembung


Kebiasaan anda ketika minum sambil berdiri dapat menyebabkan terjadinya air akan langsung masuk ke dalam tubuh tanpa harus melewati dinding usus dengan baik dan mengalir terlalu cepat. Dimana kondisi ini membuat seseorang yang minum dengan berdiri mudah untuk terserang perut kembung. Rasa yang ditimbulkan adalah tidak nyaman pada perut anda dan munculnya rasa seperti ingin muntah.

4. Filter Penyaringan dalam Ginjal Tertutup


Adanya kebiasaan sambil berdiri juga dapat menyebabkan filter penyaringan yang terdapat di dalam ginjal anda akan tertutup. Sehingga ketika anda minum sambil berdiri akan menyebabkan air yang anda minum langsung mengalir menuju kandung kemih dan tidak mampu melewati proses penyarinagn terlebih dahuludi jaringan ginjal. Sehingga dengan kondisi yang demikian akan mempermudah terjadinya penumpukan berbagai jenis kotoran dalam seluruh ureter yang tentunya dapat mengakibatkan gangguan pada organ ginjal.

5. Luka pada Lambung


Ketika anda minum sambil berdiri dimana kondisi air yang hendak masuk ke dalam lambung secara tiba – tiba akan mengalir dengan tidak merata dan juga dapat menyebabkan makanan yang ada di dalam lambung akan sulit untuk dicerna. Dimana hal tersebut dapat melukai dinding lambung dan akan membuat luka yang dapat memicu seseorang mengalami peradangan pada bagian lambung yang nantinya bisa meningkatkan kadar asam lambung yang berada di lambung anda.

6. Saraf Kelana Terganggu


Jika anda tidak mau merubah kebiasaan buruk anda mengenai minum sambil berdiri, maka yang terjadi adalah akan berdampak buruk pula bagi jantung anda. dimana akan menyebabkan saraf kelana atau vagal inhibition akan terganggu, yaitu kondisinya akan terjadi refleksi saraf yang dapat disebabkan oleh reaksi yang tiba – tiba dari saraf kelana atau saraf otak yang kesepuluh dan tersebar hampir di semua lapisan endotel yang mampu mengelilingi jaringan organ usus kecil dan juga usus besar.

Tips Meninggalkan Kebiasaan Minum Sambil Berdiri


Meskipun kelihatannya sulit untuk merubah kebiasaan minum dengan berdiri namun karena kita mengetahui bahwa minum sambil berdiri sangat tidak boleh karena berbahaya untuk tubuh sebaiknya anda segera merubah kebiasaan buruk tersebut. Berikut adalah tips mengenai cara meninggalkan kebiasaan buruk anda yaitu minum sambil berdiri.

1. Minum Terlebih Dahulu


Sebisa mungkin sebelum anda datang ke suatu acara atau tempat pesta sebaiknya anda minum dulu di rumah, hal ini dapat mengurangi rasa haus anda sehingga anda tidak terpaksa untuk minum sambil berdiri. Karena biasanya adalah di tempat pesta yang bertempat di gedung sangat jarang ditemukan undangan makan di meja makan, kebanyakan anda tamu undangan makan sambil berdiri.

2. Hindari Minuman yang Manis


Tips lain untuk mengurangi bahkan meninggalkan kebiasaan buruk anda tentang minum sambil berdiri yaitu dengan menghindari minum – minuman yang manis. Sebisa mungkin sebaiknya sebelum anda datang ke tempat pesta atau acara yang bertempat di gedung – gedung yang mengharuskan anda untuk berdiri, maka acara yang dapat anda lakukan adalah sebelumnya jangan minum minuman yang manis ketika anda sedang minum sambil duduk misalnya seperti air sirup, teh manis, es susu, kopi, atau minuman bersoda karena pada saat anda berdiri di acara nantinya anda akan mudah terasa haus.

3. Hindari Makanan yang Manis


Selain jangan minum minuman  yang manis, sebaiknya anda juga tidak makan makanan yang manis ketika anda sedang makan posisi duduk. Misalnya adalah kue manis atau coklat, hal ini karena pada saat anda berdiri nanti anda anda lebih terasa cepat haus.

4. Jangan Terlalu Banyak Bergerak


Apabila anda terlalu banyak bergerak, berbicara apalagi anda sedang pidato atau bernyanyi tentunya akan membuat tubuh anda akan terasa cepat haus dan disaat anda sedang mengalami dehidrasi bisanya yang dilakukan ketika anda lengah adalah minum sambil berdiri. Selain itu anda juga memang harus meyakini dan berniat secara penuh bahwa minum sambi berdiri adalah suatu kebiasaan yang buruk.

5. Dalam Situasi Khusus


Ada kalanya ketika dalam suatu acara tentulah akan membuat anda untuk terus berdiri sepanjang acara tersebut berlangsung, misalnya adalah seperti acara di perusahaan yang sedang merayakan acara peresmian. Anda harus menahan rasa haus anda hingga anda dapat menemukan posisi atau waktu yang tepat untuk minum sambil duduk. Namun apabila memang lokasi dan juga waktunya yang tidak memungkinkan untuk duduk, maka sebaiknya anda tidak minum dan menunggu waktu yang tepat.

Bahaya Minum Sambil Berdiri

Dampak negatif atau bahaya dari minum sambil berdiri bukan hanya untuk orang yang sudah dewasa tetapi juga dapat terjadi pada usia anak – anak. Maka dari itu diperlukan untuk anda memberikan edukasi atau bimbingan kepada anak anda agar membiasakan makan dan minum sambil duduk. Dengan adanya pengarahan dan contoh yang tepat maka anak – anak juga akan mudah untuk melakukan hal baik tersebut.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close