Skip to main content

5 Cara Mengatasi Tombol Home Android Rusak

Cara memperbaiki tombol Home HP Android rusak sebenarnya bisa dilakukan melalui berbagai metode. Namun, bagi pengguna yang masih awam tentunya tidak mudah untuk melakukannya. Nah, melalui artikel ini saya akan berbagi tips untuk mengatasi tombol Home Android yang rusak.

Meskipun tombol Home tidak berfungsi untuk membuka menu atau aplikasi, namun tombol ini memiliki fungsi yang cukup penting. Bagaimana tidak, setiap aplikasi yang Anda buka di Android, begitu ingin keluar Anda perlu menggunakan tombol Home. Jadi, fungsinya harus tetap berjalan normal agar tidak mengganggu kenyamanan user.

Seriring berjalannya waktu, tombol Home pada HP Android dapat mengalami kerusakan, entah itu karena penggunaan yang cukup intens, sering ditekan secara keras, jatuh, atau atas penyebab lainnya. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab tombol Home HP Android rusak.

Penyebab Tombol Home HP Android Rusak


Tombol Home rusak umumnya bisa terjadi akibat dari komponen fisik atau aplikasi yang menyebabkan terjadinya masalah tidak berfungsi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tombol Home rusak karena ditekan terlalu keras, sehingga membuat komponen didalamnya menjadi tidak dapat merespon.
  • Terkena air sampai komponen tombol.
  • Rusak akibat root, biasanya khusus terjadi pada pengguna Android dengan tombol home digital
  • dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, penting bagi pengguna untuk menggunakan smartphone mereka secara lebih hati-hati agar tidak menyebabkan rusaknya tombol Home maupun tombol lainnya.

Cara Mengatasi Tombol Home Android Rusak (Error)


Jika sudah terlanjur rusak atau error, maka tidak ada cara lain selain dengan memperbaikinya. Berikut ini akan saya ulas beberapa cara yang bisa Anda coba.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tombol Home HP Android yang mengalami kerusakan, selengkapnya bisa disimak dibawah ini.

1. Unroot Smartphone Anda


unroot hp android untuk mengatasi tombol home tidak berfungsi

Jika sebelum melakukan root tidak ada masalah dengan smartphone Anda, maka besar kemungkinan kerusakan tombol Home tersebut akibat dari dilakukannya root.

Perlu diketahui bahwa root berpotensi membuat sistem menjadi error jika terdapat celah. Contohnya membuat fitur tertentu tidak berjalan dengan baik, dan bisa juga menyebabkan tombol Home error.

Jadi, solusinya adalah Anda perlu melakukan unroot HP Android Anda agar tombol Home kembali berfungi secara normal.

2. Cek Aplikasi yang Baru di Install


cara cek aplikasi android untuk mengatasi tombol home rusak

Tidak menutup kemungkinan tombol Home error karena aplikasi tertentu. Anda perlu melakukan pengecekan, khususnya pada aplikasi yang baru saja Anda install di HP Anda untuk memastikan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut bukanlah penyebab tombol Home tidak berfungsi seperti sebelumnya.

Silahkan diperiksa aplikasi yang baru terpasang, dan coba Anda remove beberapa aplikasi yang Anda curigai. Cara hapus aplikasi di Android adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda buka Google Playstore
  • Kemudian tap tombol menu dibagian kiri
  • Buka menu Aplikasi dan Game saya
  • Selanjutnya periksa aplikasi yang sebelumnya terpasang lalu hapus

Jika sudah, kemudian silahkan restart smartphone Anda. Periksa, apakah tombol Home sudah kembali normal.

3. Lakukan Factory Reset


cara reset hp android untuk mengatasi tombol home tidak berfungsi

Hard Reset atau factory reset merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan fungsi tertentu pada HP Android. Reset setelan ke pabrik dapat mengatasi masalah fungsi tertentu yang tidak berjalan normal.

Sebelum melangkah pada opsi perbaikan lainnya, ada baiknya bagi Anda untuk mencoba melakukan factory reset terlebih dahulu pada HP Android Anda.

Ada kemungkinan tombol Home akan kembali berfungsi secara normal setelah Anda melakukan factory reset. Jadi, tidak ada salahnya untuk dicoba terlebih dulu.

Dan untuk melakukan factory reset HP Android, caranya yakni sebagai berikut:

  • Buka menu Setelan
  • Masuk ke menu Cadangkan Dan Setel Ulang
  • Tap tombol Kembalikan Ke Setelan Pabrik
  • Ikuti instruksi susulan yang muncul untuk menyelesaikan proses factory reset.

4. Jangan Menggunakan Custom ROM


lepas custom rom untuk memperbaiki tombol home error

Untuk mempercantik tampilan smartphone, biasanya user memilih untuk melakukan custom ROM. Sayangnya, menggunakan custom ROM juga berpotensi membuat fitur atau fungsi tertentu tidak berjalan dengan baik.

Perlu dicatat, tidak semua custom ROM pada smartphone Android memiliki stabilitas yang baik. Bahkan ada beberapa diantaranya yang fitur-fitur didalamnya tidak bisa berfungsi secara normal.

Jadi, jika Anda menggunakan custom ROM yang tidak menutup kemungkinan merupakan penyebab tombol Home rusak, maka ada baiknya Anda beralih ke default ROM (ROM bawaan HP).

5. Gunakan Aplikasi Tombol Home


aplikasi tombol home untuk Android

Jika langkah-langkah yang Anda tempuh sebelumnya masih belum memberikan solusi alias tombol Home masih error, maka Anda dapat mengatasinya dengan memasang aplikasi tombol Home pihak ketiga.

Aplikasi yang saya maksudkan merupakan sebuah aplikasi yang memang khusus untuk menggantikan tombol Home bawaan. Secara fungsi hampir sama dengan fungsi tombol Home bawaan ponsel.

Untuk menggunakan aplikasi tombol Home ini cukup mudah. Silahkan install aplikasi "Home Button" yang bisa di download lewat Google Playstore, kemudian buka aplikasi tersebut.

Baca Juga:


Silahkan Anda aktifkan fungsi tombol Home pada aplikasi tersebut, dan selanjutnya Anda tinggal menggunakannya seperti biasa.

Selain aplikasi Home Button, terdapat juga beberapa opsi aplikasi sejenis lainnya, diantaranya:

  1. Home Button Key   
  2. Home Button Floating
  3. Home Button For Android Assitive Touch
  4. Easy Touch

Penutup


Tombol Home HP Android milik Anda rusak atau mengalami error? Sekarang Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa memilih beberapa opsi diatas untuk mengatasinya. Namun, sebagai catatan pastikan Anda menggunakan smartphone Anda secara teratur agar tidak terjadi masalah pada fungsi tertentu, termasuk tombol Home.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close