Skip to main content

7 Tips Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Android merupakan platform smartphone paling digdaya dimasa sekarang. Dengan segudang kelebihan yang ada pada operating system milik Google ini mendorong banyak orang untuk menggunakan smartphone berbasis Android.

Beberapa kelebihan yang dimiliki platform Android antara lain adalah user friendly, loading cepat, serta tersedia sekian banyak dukungan aplikasi gratis yang dapat di download via PlayStore.

Versi OS Android terbaru saat ini adalah Pie. Beberapa versi sebelumnya yaitu Ginger Bread, Ice Cream, Jelly Bean, dan KitKat. Baik Jelly Bean maupun KitKat, secara keseluruhan saya menyimpulkan bahwa operating system Android memiliki performa yang cukup memuaskan.

Namun demikian, bagi Anda pengguna smartphone Android, sebenarnya performa smartphone Android juga masih bisa ditingkatkan lagi dengan mengaplikasikan sejumlah kiat.

Apa saja yang perlu dilakukan user untuk meningkatkan kinerja smartphone Android mereka? Pada artikel ini saya ingin share beberapa tips untuk meningkatkan kinerja ponsel Android Anda dengan cara-cara yang sederhana namun terbukti dapat meningkatkan performanya menjadi lebih baik lagi.

Berikut 7 cara untuk meningkatkan performa hp Android yang dapat Anda aplikasikan pada smartphone Android milik Anda.

1. Rutin Update Firmware


Update firmware secara teratur dapat mengatasi lag, bug serta sejumlah permasalahan kecil yang mungkin saja tidak Anda sadari. Jika ada notifikasi terdapat firmware baru, pastikan Anda melakukan update.

2. Batasi Penggunaan Memori Internal


Ini merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga stabilitas performa smartphone Android Anda. Alokasikan file instalasi pada memori eksternal sehingga space memori internal masih tersisa relatif banyak.

3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan


Aplikasi yang tidak Anda perlukan sebaiknya Anda hapus untuk meningkatkan kinerja smartphone. Semakin banyak aplikasi, maka semakin banyak pula proses yang perlu dijalankan oleh processor, maka untuk menjaga stabilitas performa ponsel Anda sebaiknya buang aplikasi yang tidak Anda butuhkan.

4. Nonaktifkan Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang


Pada umumnya ponsel Android memiliki banyak aplikasi. Agar kinerja ponsel Anda tetap optimal, sebaiknya Anda nonaktifkan aplikasi yang berjalan di Latar belakang dimana Anda tidak sedang membutuhkan aplikasi tersebut.

5. Bersihkan Cache 


Semakin tinggi intensitas penggunaan, maka semkin banyak pula cache pada smartphone Anda. Lakukan pembersihan cache secara terjadwal. Untuk melakukannya, silakan masuk ke Settings > Apps > Pilih aplikasi yang Anda tuju > bersihkan cache aplikasi tersebut.

6. Restart Smartphone Anda


Jika Anda mendapati ponsel Anda terkesan berjalan dengan lambat, maka sebaiknya lakukan restart pada ponsel tersebut. Retart bertujuan untuk me-refresh system sehingga ponsel akan bekerja lebih baik lagi.

7. Install Aplikasi Pendukung


Banyak sekali aplikasi-aplikasi pendukung yang dapat Anda pasang di ponsel Anda untuk meningkatkan kinerja ponsel. Beberapa jenis aplikasi yang dapat membantu pengoptimalan kinerja ponsel Android Anda diantaranya adalah Auto Task Killer, Clean Master, dan Start Up Manager.

Penutup


7 Tips Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Demikian 7 tips meningkatkan performa smartphone Android yang saya rasa dapat memberikan efek kinerja lebih baik jika Anda terapkan di smartphone Android milik Anda. Kinerja sebuah ponsel pada dasarnya juga dipengaruhi oleh perilaku penggunanya, dan tidak semata-mata karena spesifikasi dari ponsel tersebut.

Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close