Tips Memilih Perusahaan Asuransi Yang Baik

Sebelum menginjak pada bahasan tips memilih perusahaan asuransi yang baik dan tepat untuk Anda, terlebih dulu saya akan memberikan sebuah gambaran sederhana tentang definisi asuransi bagi Anda yang mungkin masih belum mengerti apa itu asuransi, dan mengapa Anda membutuhkan asuransi.

Mengenal Apa itu Asuransi


Dalam pemahaman atau gambaran yang sederhana, asuransi adalah sebuah mekanisme perjanjian yang melibatkan dua elemen yang mengarah pada tindakan perlindungan atau jaminan secara financial. Dua elemen yang dimaksud adalah pihak yang mendapatkan asuransi, dan pihak yang memberikan asuransi.

Anda bersedia untuk mengeluarkan sejumlah uang dengan detail perjanjian yang sudah disepakati antara Anda dan perusahaan asuransi guna bisa mendapatkan jaminan/asuransi dari perusahaan asuransi. Dan perusahaan asuransi akan memberikan Anda perlindungan financial kepada Anda sesuai dengan butir-butir perjanjian yang sudah ditetapkan, dan disepakati.

Perusahaan Asuransi di Indonesia


Ada banyak sekali perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan kelebihan masing-masing. Jika Anda masih cukup awam tentang asuransi, tentunya Anda masih kebingungan bagaimana cara memilih perusahaan asuransi yang baik serta tepat untuk Anda.

Faktor-faktor mendasar apa saja yang harus diperhatikan perlu Anda pahami terlebih dulu. Seperti apa ciri-ciri perusahaan asuransi yang bagus untuk dipilih harus sudah ada dalam pikiran Anda sehingga perusahaan asuransi yang Anda pilih merupakan perusahaan asuransi yang aman, terpercaya, dan benar-benar tepat untuk dijadikan pilihan.

Tips Memilih Perusahaan Asuransi yang Baik


Untuk membantu Anda agar dapat menentukan pilihan terbaik, berikut ini adalah beberapa parameter terpenting dalam memilih perusahaan asuransi secara tepat.

1. Profile Perusahaan


Pertama, cari tahu profile perusahaan asuransi yang ingin Anda pilih. Ini merupakan langkah awal untuk menentukan pilihan Anda. Jika profile perusahaan terlihat bagus, maka hal tersebut tentunya bisa mendasari pilihan Anda.

2. Usia Perusahaan


Kredibilitas peruahaan apapun dapat diukur dari usianya, begitu juga dengan perusahaan asuransi. Semakin tua usia perusahaan asuransi bersangkutan, maka hal tersebut mencerminkan kualitas dan kredibilitas perusahaan asuransi tersebut.

3. Jangan Menjadikan Premi Murah Sebagai Satu-satunya Acuan


Sebaiknya jangan memilih perusahaan asuransi hanya dikarenakan biaya premi murah. Faktor kredibilitas perusahaan asuransi yang akan Anda pilih harus jadi prioritas.

4. Pelayanan Nasabah


Tentunya Anda berharap perusahaan asuransi yang akan Anda pilih bisa memberikan layanan yang sepadan dengan uang yang Anda keluarkan. Carilah informasi tentang perusahaan asuransi yang akan Anda pilih, pastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki mutu layanan yang cukup baik bagi para nasabah.

5. Aset / Liabilitas


Asset dan liabilitas bisa Anda ketahui melalui laporan neraca keuangan yang diterbitkan di media cetak, seperti surat kabar. Perhatikan, apakah investasi perusahaan asuransi tersebut dialokasikan pada current atau longterm.

Tips Memilih Perusahaan Asuransi Yang Baik

Anda bisa melihat bagaimana perusahaan asuransi tersebut memenuhi kewajiban membayar klaim, dan hal-hal berkaitan lainnya.


0 comments

Post a Comment