Cara Mengurus Visa Ke Amerika dan Persyaratannya

Mengurus visa Amerika adalah sebuah keharusan bagi siapa saja yang berencana untuk mengunjungi negeri Paman Sam. Terkecuali untuk tujuan atau negara yang membebaskan WNI dari pemberlakuan visa kunjungan, maka kita diharuskan untuk mengajukan permohonan visa terlebih dahulu jika ingin berkunjung ke negera tersebut.

United States atau Amerika Serikat adalah salah satu negara tujuan wisata terpopuler. Ya, sebagai negara adidaya, negeri Paman Sam tentunya diminati oleh banyak orang sebagai objek wisata atau liburan. Nah, pada kesempatan ini, saya ingin berbagi informasi langkah-langkah mengurus visa ke Amerika secara lengkap.

Cara Mengurus Visa ke Amerika Serikat


Dalam mengurus visa ke Amerika Serikat, terdapat empat langkah atau tahapan yang harus Anda lalui. Dan berikut ini keempat tahapan yang saya maksudkan :

1. Membayar Biaya Administrasi Pengajuan Visa


Dalam mengajukan permohonan visa berlibur, Anda diharuskan untuk membayar uang sebesar 160 Dollar. Metode pembayaran hanya dapat dilakukan melalui dua opsi pembayaran, yaitu secara langsung (bayar secara tunai) di bank Standard Chartered dan di Bank Permata.

2. Mengisi Form Permohonan Visa Secara Online


Isilah form online jenis DS-160. Anda dapat menemukan form pengajuan visa via Apply For a Nonimmigrant Visa.

Form yang harus diisi berupa kelengkapan data diri, meliputi nama, alamat, orangtua, pasangan, pekerjaan, profesi, nama kantor tempat Anda bekerja, data pemasukan bulanan Anda, rencana traveling/perjalanan untuk berapa lama, akan menginap dimana, akan pergi dengan siapa, serta sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan terorisme.

Siapkan foto Anda dengan background berwarna putih. Apabila semuanya berjalan lancar, proses pengisian semua bidang yang tertera di form tidak memakan waktu lebih dari 1 jam. *) Hindari menggunakan koneksi internet yang tidak stabil/sering terputus.

Apabila form sudah selesai Anda isi, selanjutnya Anda akan mendapatkan bukti konfirmasi pengisian DS-160. Silakan cetak bukti konfirmasi tersebut menggunakan kertas berukuran A4.

3. Proses Jadwal Wawancara


Usai form online Anda isi secara lengkap, kemudian Anda akan mendapatkan informasi link situs untuk membuat jadwal wawancara. Adapun pilihan tempat wawancara ada dua, yaitu di Kedubes AS di Jakarta ( Jl. Medan Merdeka Selatan, No. 3 - 5) atau di Konjen Amerika Serikat di Surabaya (Jl. Raya Dr. Soetomo No. 33). Dalam waktu tidak sampai tujuh hari, Anda sudah bisa hadir untuk melakukan sesi wawancara, dan pada akhir sesi, silakan cetak bukti konfirmasi jadwal wawancara.

4. Sesi Wawancara


Ada dua pilihan waktu sesi wawancara untuk daerah Jakarta, yaitu pada pukul 07.00 WIB dan pukul 07.30 WIB. Para pemohon visa diharuskan datang 15 menit lebih awal. Namun, ada kalanya antrian berlangsung cukup lama.

Pada saat akan melakukan wawancara, Anda diwajibkan untuk membawa 5 dokumen, yaitu :

  • Paspor yang memiliki masa berlaku enam bulan (jika ada paspor lama, silakan bawa)
  • Bukti pembayaran pengajuan visa dari bank 
  • Cetak bukti konfirmasi pengisian form DS-160
  • Cetak bukti konfirmasi jadwal sesi wawancara
  • Satu buah pas foto terbaru berukuran  5cm x 5cm dengan latar berwarna putih.

Catatan:


Sekalipun tidak diharuskan, namun disarankan bagi Anda untuk turut membawa dokumen-dokumen pendukung pada saat sesi wawancara. Seperti, buku tabungan, rekening koran, surat keterangan kerja, slip gaji, dsb. Adapun untuk informasi lebih lanjut tentang jenis-jenis dokumen pendukung pembuatan visa dapat Anda akses di HALAMAN INI.

Tips:


Untuk mempermudah proses mendapatkan visa, pastikan Anda bisa menjawab dengan tenang setiap pertanyaan yang diberikan.

Cara Mengurus Visa Ke Amerika

Demikian info cara mengajukan visa ke Amerika dengan langkah-langkahnya, semoga informasi ini berguna bagi Anda yang hendak berlibur ke negara super power tersebut.


0 comments

Post a Comment