Skip to main content

Cara Pengaturan Bluetooth HP Android Untuk Kirim dan Menerima File

Bluetooth merupakan salah satu piranti penting pada HP Android. Bluetooth berfungsi untuk memudahkan user dalam melakukan transfer file sesama ponsel ataupun dari ponsel ke komputer yang sudah dilengkapi piranti Bluetooth.

Saat ini semua tipe smartphone sudah dilengkapi Bluetooth, tidak terkecuali ponsel berbasis Android. Dalam artikel sebelumnya saya sudah berbagi tutorial cara menjadikan Android sebagai modem, dan bahasan kita kali ini masih seputar Android, yakni cara mengirim dan menerima file lewat Bluetooth di HP Android.

Mungkin masih ada diantara kalian yang masih kesulitan untuk sharing file lewat Bluetooth menggunakan smartphone Android. Cara mengirim atau menerima file, baik file mp3, video, atau gambar menggunakan smartphone Android sebenarnya sangat mudah.

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh user adalah melakukan pairing agar kedua piranti dari masing-masing ponsel dapat terdeteksi sehingga transfer file antar perangkat dapat dilakukan sebagaimana mestinya. Jika belum dilakukan pairing, maka itu artinya antara perangkat belum tersambung Bluetooth-nya sehingga belum bisa mengirim dan menerima file apapun.

Proses mengirim file melalui Bluetooth Android sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ponsel non-Android. Dan bagi Anda yang masih kesulitan, berikut ini dijelaskan langkah-langkah untuk mengirim serta menerima file menggunakan Bluetooth di HP Android.

Cara Mengirim dan Menerima File Lewat Android


Perama, silakan Anda aktifkan Bluetooth kedua ponsel Android (ponsel pengirim dan penerima). Cara mengaktifkan Bluetooth di Android adalah: Pilih menu Settings > Wireless & networks > beri centang pada Bluetooth.

Untuk Ponsel Penerima


Pilih menu Settings > Wireless & networks > beri centang pada Bluetooth. Kemudian pilih menu Bluetooth settings > beri centang pada Discoverable.

Untuk Ponsel Pengirim


Pilih menu Bluetooth settings > Scan for devices. Jika langkah-langkahnya sudah seperti diatas mestinya piranti/Bluetooth akan terdeteksi. Setelah terdeteksi silakan lakukan pairing.

Ketika kedua piranti sudah saling mengenali usai proses pairing, selanjutnya Anda tinggal mengirim file yang Anda kehendaki.

Cara Mengirim File di Android Lewat Bluetooth :


Masuk ke direktori file (penyimpanan file/file manager) > cari file yang akan Anda kirimkan via Bluetooth > tekan dan tahan file tersebut sampai muncul menu Operasi > pilih menu Share > pilih Bluetooth > pilih piranti/Bluetooth yang tadi sudah Anda pair.

Selesai.

Jika langkah-langkahnya sudah sesuai panduan diatas, mestinya proses mengirim dan menerima file di Android tidak akan menemui kendala apapun. Anda dapat menjadikan Bluetooth sebagai metode untuk transfer file antara perangkat mobile secara cepat dan mudah.

Penutup


cara mengirim dan menerima file di Android lewat bluetooth

Demikian tadi panduan cara menggunakan Bluetooth di HP Android, semoga panduan diatas dapat dipahami. Jika smartphone Anda menggunakan bahasa Indonesia, silakan disesuaikan sebagaimana langkah-langkah diatas atau untuk sementara waktu Anda dapat merubah setelan bahasa terlebih dahulu ke bahasa Inggris.

Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close