5 Alasan Kenapa Gaji Karyawan Tidak Naik

Sebagai seorang karyawan, pastinya Anda menginginkan kenaikan gaji. Tentu saja, selain dapat memotivasi Anda untuk bisa lebih giat lagi, kenaikan gaji juga akan memberikan kesejahteraan dari sisi ekonomi bagi Anda.

Namun, tidak jarang kita dengar ada begitu banyak karyawan diluar sana yang sudah bekerja cukup lama namun masih bergaji rendah atau tidak mendapatkan kenaikan sama sekali. Berikut ini saya ulas 5 alasan penyebab gaji tidak dinaikkan.

5 Penyebab Karyawan Tidak Naik Gaji


Berikut ini 5 penyebab gaji karyawan tidak bisa naik yang dapat Anda jadikan sebagai bahan catatan dan evaluasi.

1. Kemampuan Kerja Tidak Istimewa


Anda telah bekerja cukup lama dan bahkan tergolong ke dalam kategori senior di kantor. Namun jika ternyata hanya memiliki kemampuan kerja yang biasa-biasa saja, maka bisa dipastikan kenaikan gaji akan sulit terlaksana. Perusahaan membutuhkan karyawan yang serba bisa, memiliki sejumlah kemampuan yang luar biasa, bahkan untuk beberapa hal yang bukan menjadi bidang (tugas) Anda. Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda telah memiliki semua ini di dalam diri selama ini?

Ketika hanya bertindak atau menjadi karyawan yang memiliki kemampuan standar, maka perusahaan juga akan “menghargai” dengan sejumlah gaji yang juga standar. Seseorang di dekat Anda (rekan) mungkin saja memiliki semua yang dibutuhkan perusahaan ini, sehingga kenaikan gaji akan dimiliki oleh orang tersebut, sementara pada dasarnya Anda dan rekan tersebut memiliki peluang yang sama untuk mendapatkannya.

2. Tidak Pernah Membahas Soal Gaji dengan Atasan


Menerima gaji dalam jumlah yang sama dan tidak mengalami kenaikan dalam kurun waktu yang lama, namun tidak pernah menanyakan hal ini kepada atasan. Ini adalah kesalahan yang lazim dilakukan oleh karyawan, barangkali Anda salah satunya. Anda merasa sungkan, tidak nyaman untuk bertanya langsung, sementara atasan bahkan tidak merasakan kegelisahan terhadap gaji tersebut yang tak kunjung naik dari tahun ke tahunnya. Lalu, semua ini salah siapa?

3. Merasa Nyaman dengan Suasana Tempat Kerja


Anda paham benar bahwa perusahaan tidak membayar dengan cukup baik, namun enggan untuk mencari peluang baru di luar sana. Alasan yang paling sering terlontar adalah rasa nyaman dan kondisi kerja yang telah begitu menyenangkan, tidak bisa berpisah dengan rekan-rekan kerja yang telah seperti keluarga.

Terkadang perusahaan memang tidak mampu membayar gaji lebih tinggi, tentunya dengan berbagai alasan yang cukup masuk akal. Namun, Anda selaku karyawan yang gajinya tak kunjung naik, seolah tidak merasa keberatan karena telah merasa begitu nyaman bekerja di sana.

Suasana kerja terasa begitu hangat dan menyenangkan, meskipun pada kenyataannya gaji tak kunjung mengalami kenaikan. Hal ini bisa saja berlangsung lama, hingga pada akhirnya gaji hanya cukup untuk makan sebulan saja, tanpa adanya kenaikan secara berkala.

4. Tidak Menunjukkan Progres yang Baik selama Bekerja


Ketika bekerja dan telah bergabung dengan perusahaan untuk kurun waktu yang cukup lama (setidaknya 3 tahun ke belakang), maka bisa dipastikan Anda telah merasakan nikmatnya asam garam di tempat kerja tersebut. Sewajarnya Anda telah mengalami banyak peningkatan, terutama di dalam kemampuan kerja, di mana Anda bisa saja telah berpindah posisi sebanyak satu atau dua kali, hal ini tentunya diganjar dengan sejumlah kenaikan gaji.

Namun, ada sebagian orang yang justru tetap saja hanya memiliki kemampuan yang sama, bahkan meski berubah, itu hanya dalam jumlah yang sangat sedikit saja. Jika Anda termasuk ke dalam kategori ini, maka bisa dipastikan posisi Anda mungkin saja masih akan di tempat yang sama, meskipun telah cukup lama bekerja, dan ini juga akan berbanding lurus dengan gaji yang tak kunjung mengalami kenaikan.

5. Minder atau Tidak Percaya Diri dengan Kemampuan Kerja Anda


Anda memiliki kemampuan kerja yang baik, termasuk daya saing pada sejumlah tenaga kerja baru yang ada di kantor. Anda cakap dan bisa berkembang bersama perusahaan, namun tidak memiliki rasa percaya diri yang baik untuk kemampuan ini. Ini juga sebuah hambatan bagi karir dan juga gaji di perusahaan.

5 Alasan Kenapa Gaji Karyawan Tidak Naik

Ketika tidak bisa menunjukkan kemampuan kerja yang maksimal dan tentunya perkembangan Anda yang cukup baik di dalam menangani tugas-tugas, maka perusahaan juga akan menilai Anda sebagai karyawan standar, dengan gaji yang juga standar dan jarang mengalami kenaikan.

Penutup


Kelima alasan diatas merupakan beberapa hal yang kerap kali menjadi penyebab gaji seorang karyawan tidak kunjung mengalami kenaikan. Anda perlu memikirkannya jika merasa sudah sepantasnya mendapatkan kenaikan gaji dan ternyata gaji Anda masih sama seperti sedia kala.
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: 5 Alasan Kenapa Gaji Karyawan Tidak Naik
Ditulis Oleh: Luki H.

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel 5 Alasan Kenapa Gaji Karyawan Tidak Naik ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "5 Alasan Kenapa Gaji Karyawan Tidak Naik"

Posting Komentar

close