Tips Agar Kredit Mobil Disetujui

Ketika sedang mengajukan kredit, salah satu penyebab gagalnya pembelian kendaraan secara mengangsur adalah dikarenakan pengajuan kredit pemohon ditolak oleh perusahaan pemberi pinjaman (leasing). Tentu ada beberapa aspek yang menyebabkan perusahaan leasing tidak menyetujui permohonan kredit seseorang.

Tips Supaya Kredit Mobil Disetujui


Sebelum mengajukan kredit, ada baiknya Anda memperhatikan tips agar kredit diterima seperti diulas berikut ini:

1. Menghubungi Dealer Mobil Terdekat

Jika Anda memiliki seorang kawan yang bekerja di dealer mobil, jangan segan untuk mencari informasi darinya. Atau mungkin Anda sering mendapatkan broadcast di telepon genggam berkaitan dengan promo-promo yang diberikan oleh sebuah perusahaan leasing, jangan ragu untuk bertanya.

Tanyakan apakah ada promo-promo yang bagus diberikan oleh leasing mobil kepada Anda jika membayar dengan cara kredit? Selain itu pertimbangkan dengan detail baik itu harga maupun spesifikasinya. Jangan lupa tanyakan berapa lama proses pengajuan kredit mobil Anda sampai di acc.

2. Harga Terjangkau

Pada saat Anda sudah mantap untuk membeli mobil, sebaiknya pilihlah mobil yang sesuai dengan budget keuangan keluarga Anda. Tidak dipungkiri memang saat ini banyak sekali varian harga yang ditawarkan oleh produsen mobil. Ada banyak pilihan, mulai dari mobil yang bervariasi hingga bentuk dan model yang dapat disesuaikan dengan pilihan Anda.

Sebaiknya pilih mobil yang memenuhi kantong Anda baik itu harga, model dan tipenya. Jika tidak realistis, maka kedepannya Anda sendiri yang akan kerepotan dalam hal mengatur pembayaran angsuran di setiap bulannya. Jika memang tidak mampu sebaiknya jangan dipaksakan.


3. Pilihlah Perusahaan Leasing Mobil Terpercaya

Pada saat Anda sudah memilih type dan kelebihan mobil pilihan Anda sebaiknya segera cari tahu perusahaan leasing mana yang akan Anda pilih. Biasanya perusahaan leasing telah menyiapkan banyak penawaran. Berhati-hatilah dalam memilih perusahaan leasing mobil. Pilihlah perusahaan leasing mobil yang memberikan harga uang muka yang bersaing, dengan bunga ringan, jangka waktu yang cukup fleksible serta memiliki realitas harga yang cukup bersaing dengan kompetitornya.

4. Konsultasikan Skema Cicilan

Jika Anda telah memilih sumber pembiayaan, ada baiknya jika Anda melakukan konsultasi berkaitan dengan rencana kredit yang harus disesuaikan dengan kemampuan Anda. Jangan sampai terpengaruh dengan iming-iming dari para penjualnya. Beberapa hal yang perlu Anda konsultasikan adalah :

1. Uang Muka dan Besar Cicilan

Sebaiknya siapkan uang muka berdasarkan persentase dari harga mobil. Besarnya biasanya sekitar 20-30 persen. Sebagai contoh kasus, jika harga mobil yang Anda inginkan adalah Rp200 juta, maka Anda harus mempersiapkan uang sebesar Rp40-60 juta. Ditambah lagi ada biaya administrasi dan biaya yang lainnya.

Semakin besar jumlah uang muka yang Anda berikan maka Anda semakin besar peluang untuk memilih besarnya cicilan dan juga tenor masa kredit. Selain itu Anda juga dapat meminta harga diskon agar uang muka Anda menjadi ringan.

2. Masa Kredit

Pilihlah masa kredit yang tidak melebihi dari batas ekonomis dari mobil Anda. Hal ini dikarenakan jika lebih dari empat atau lima tahun, maka semakin banyak pengeluaran ekstra yang akan dikeluarkan untuk perbaikan. Padahal Anda masih memiliki tanggungan untuk membayar cicilan mobil. Dengan demikian maka ini akan mengancam pengeluaran Anda menjadi dua kali lebih banyak.

3. Suku Bunga

Memang ada beberapa hal yang perlu dipahami berkaitan dengan suku bunga kredit di pasaran. Memang secara teknis ada dua jenis suku bunga, yaitu bunga tetap (flat rate) dan suku bunga mengambang atau mengikuti bunga pasar (floating rate). Perlu diketahui bahwa di beberapa bank dan lembaga pembiayaan telah memberlakukan suku bunga tetap namun hanya di tahun awal dari masa kredit

Setelah mantap memilih leasing mana yang akan Anda pilih, masih ada beberapa hal agar pengajuan kredit mobil Anda disetujui, seperti: Memenuhi persyaratan administrasi yang lengkap disertai dengan dokumen yang asli.

Biasanya di beberapa wilayah jika memiliki KTP setempat proses pemberian kredit akan dipermudah. Hal ini dikarenakan orang dengan KTP domisili yang bersangkutan akan bisa dipercaya keberadaannya. Selain KTP ada dokumen lainnya yang dibutuhkan seperti Kartu Keluarga, SIM, Laporan Gaji Bulanan (untuk Karyawan) atau Laporan Keuangan untuk pemilik perusahaan. Pada umumnya leasing mobil tidak mempermasalahkan hal-hal kecil seperti bank. Karena jika sewaktu-waktu terjadi kredit macet, ada jaminan BPKB dari mobil Anda.

5. Bentuk Rekening Pribadi

Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit apapaun, sebaiknya buatlah rekening pribadi yang sehat. Karena biasanya pihak leasing akan mempercayai semua laporan rekening pribadi yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan menyangkut 5 C yaitu Character, Collateral, Capital, Condition, Capacity yang memang menjadi acuan dasar pemberian kredit. Karena dari laporan rekening pribadi Anda akan berbentuk tabungan atau rekening giro. Dengan rekening yang sehat, maka pihak pemberi kredit akan lebih percaya. Sehat dalam hal ini tidak hanya diartikan bahwa uang yang masuk lebih besar atau banyak jumlahnya.

Sehat dalam hal ini adalah rekening Anda baik itu pemasukan atau pengeluaran harus berimbang dan harus surplus aktif. Surplus aktif dalam hal ini diartikan bahwa rekening pribadi Anda walaupun pemasukannya tidak banyak namun secara nominal pemasukannya dapat terus berkembang. Dalam hal ini bisa diartikan masih dapat disimpan, ataupun dapat dipergunakan untuk menutupi pengeluaran pribadi yang tidak terduga. Walaupun sedikit, namun di rekening pribadi Anda aktif di setiap bulannya baik itu debet ataupun kredit.

Penutup


Tips Agar Kredit Mobil Disetujui

Sebelum Anda bulat keputusan untuk mengajukan kredit, pastikan Anda berpertimbangan secara bijak karena dengan mengambil kredit maka Anda akan memiliki tanggungan untuk jangka waktu yang tidak sebentar.
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Tips Agar Kredit Mobil Disetujui
Ditulis Oleh: Luki H.

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Tips Agar Kredit Mobil Disetujui ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Tips Agar Kredit Mobil Disetujui"

Posting Komentar

close