Pengertian Sistem Ekonomi Komando, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kelemahannya

Apa itu sistem ekonomi komando? Sistem Ekonomi Komando sering juga dikenal dengan Sistem Ekonomi Terpusat atau Terpimpin. Sistem Ekonomi Komando merupakan sistem ekonomi yang segala sesuatunya tentang ekonomi diatur oleh pemerintah pusat. Artinya, pemerintahan menentukan jenis dan jasa apa yang akan diproduksi, menggunakan metode atau cara apa barang serta jasa tersebut dibuat sampai siapa yang akan mengkonsumsi barang dan jasa tersebut. Sehingga dalam sistem ini, pemerintah akan lebih mudah mengendalikan inflasi, masalah pengangguran, serta masalah ekonomi lainya.

Kesimpulanya, semua pergerakan ekonomi berada di tangan pemerintah. Tidak jelas diketahui siapa yang pertama kali menggunakan sistem ekonomi komando ini, namun VOC telah menggunakan sistem ini sebelum Karl Max mencetuskannya (1830-1870).

Pengertian Sistem Ekonomi Komando


Pengertian sistem ekonomi komando secara umum adalah sistem ekonomi yang segala sesuatunya diatur oleh pemerintah pusat. Sistem ekonomi komando ini disebut juga dengan sistem ekonomi terpusat. atau desentralisasi. Dalam sistem komando, jumlah dan jenis barang yang harus diproduksi ditentukan oleh pemerintah. Pemerintah mengatur dan merencakanan alternatif penggunaan faktor produksi yang terbatas, misalnya, jika pada masa tertentu dibutuhkan banyak mesin traktor, maka faktor-faktor produksi yang digunakan untuk menghasilkan barang lain (misalnya mobil) dialihkan untuk memproduksi traktor. Biasanya pada sistem ekonomi komando dibentuk badan perencana ekonomi pusat.

Badan tersebut akan menentukan jenis dan jumlah barang-barang yang harus dihasilkan oleh berbagai unit produksi yang ada dalam negara itu. Oleh karna itu, sistem komando memungkinkan pemerintah untuk menyusun dan menyelenggarakan program-program besar bersifat massal. Dalam sistem ini pemerintah mempunyai kekuasaan yang besar terhadap faktor-faktor produksi karena sebagian besar modal dan alat produksi lainnya dimiliki pemerintah. Seluruh dalam kegiatan ekonomi diatur dan dikendalikan oleh pemegang kekuasaan (pemerintah). Pemerintah mendata kebutuhan-kebutuhan dari masyarakatnya dan mengatur penggunaan alat-alat pemuas kebutuhan, produksi, dan pendistribusiannya.

Aktivitas-aktivitas pemerintah tidak selalu didasarkan pada usaha untuk mencari keuntungan atau mencapai tingkat efisiensi yang tinggi. Keadaan ini memungkinkan pemerintah untuk menggunakan semua tenaga kerja yang terdapat dalam perekonomian dan mentolerir adanya pengangguran tersamar atau orang yang bekerja hanya beberapa jam sehari. Dengan demikian, pada sistem komando, pengangguran dapat dihapuskan dan distribusi pendapatan lebih mudah disesuaikan dengan yang diinginkan.

Ciri-ciri Sistem Ekonomi Komando


Ketika anda sudah mengenal pengertian sistem perekonomian komando, ciri ciri, kelemahan, dan kelebihannya maka anda akan mampu berperan didalamnya, dan mengetahui apa saja yang ada didalam sistem ini. Sistem ini memiliki ciri ciri berikut ini :


  • Kebijakan perekonomian diatur sendiri oleh pemerintah. Pemerintah berperan dalam semua kegiatan atau sistem ini, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, dalam pelaksanaan maupun pengawasan.
  • Alat dan sumber yang digunakan dari negara. Sehingga tidak memerlukan milik perorangan, sehingga orang orang hanya sebagai pelaksana saja.
  • Pekerjaan maupun pembagian kerja juga diatur oleh pemerintah, sehingga masyarakat atau rakyat tidak memiliki wewenang dalam memilih pekerjaan. Tidak ada yang namanya pihak swasta, dan tidak ada orang yang melakukan kegiatan ekonomi secara bebas.


Kelebihan dan Kelemahan Sistem Ekonomi Komando


Sistem perekonomian yang dilakukan oleh pemerintah ini memiliki kelebihan maupun kekurangan didalamnya. dengan mengetahui pengertian sistem perekonomian komando, ciri ciri, kelemahan, dan kelebihannya atau hal lainnya maka anda sebagai masyarakat bisa memberikan solusi jika ada kesalahan didalamnya.

Baca: Pengertian Perusahaan Dagang, Ciri, Jenis, dan Karakteristiknya

Berikut ini adalah kelebihan kelebihan yang dimiliki oleh sistem perekonomian komando, dimana merupakan perekonomian yang terpusat :


  • Pemerintahlah yang menentukan jenis jenis produksi yang akan dihasilkan Dalam perekonomian komando ini maka yang bertanggung jawab adalah pemerintah
  • Dengan mengikuti perekonomian komando maka pendapatan akan merata keseluruhannya
  • Dengan sistem ini pemerintah juga akan mampu dalam mengendalikan dan mengawasi segala bentuk perekonomian yang dilakukan dinegara ini
  • Pemerintah juga akan mampu mengatur barang barang yang diproduksi
  • Dengan mengikuti sistem perekonomian komando maka perekonomian disuatu negara akan stabil dan jauh dari krisis


Selain memiliki kelebihan, ternyata sistem perekonomian komando juga memiliki kekurangan. Dengan mengetahui pengertian sistem perekonomiankomando, ciri ciri, kelemahan dan kelebihan maka anda bisa menganalisa hal apa yang harusnya ada dalam perekonomian komando, walaupun masyarakat hanya sebagai pelaksana atau pekerja saja, namun untuk pemasukan pendapat tidak ada salahnya.

Sistem Perekonomian Komando
Mao Zedong - Menerapkan Sistem Ekonomi Komenado di Era Pemerintahannya

Catatan


Sistem perekonomian komando cenderung diterapkan di negara-negara yang menganut ideologi komunis atau sosialis. Walaupun dalam kenyataannya tidak ada satu negara pun di dunia ini yang menganut dan melaksanakan sistem ekonomi komando secara murni. Contoh dari negara-negara yang menganut sistem ekonomi komando ini adalah Kuba, Uni Sovyet, negara-negara Eropa Timur sebelum era 1990-an dan China pada masa pemerintahan Mao Zedong.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Sistem Ekonomi Komando, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kelemahannya
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Sistem Ekonomi Komando, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kelemahannya ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Sistem Ekonomi Komando, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kelemahannya"

Posting Komentar

close