Contoh Surat Pribadi

» ,
Surat pribadi termasuk salah satu jenis surat non formal sehingga tata cara penulisannya tidak harus detail dan bergaya resmi.

Surat pribadi tergolong sebagai salah satu jenis surat yang mudah dibuat, sederhana dan hanya berisikan sebuah penyampaian tertentu.

Surat pribadi biasanya ditujuakn untuk keluarga, sahabat, atau orang terdekat dalam kehidupan sipembuat surat.

Contoh surat sebelumnya; contoh surat permohonan. Berikut contoh format surat pribadi

Jakarta, 18 Oktober 2013

Kepada :
Rani Jendriya
Jl. Jendral Sudirman No. 11 RT/RW 02/02
Jakarta Barat 11010
Telp : (201) _________

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bersama dengan datangnya surat ini saya berharap kamu di Jakarta dalam keadaan sehat wal’afiyat dan senantiasa dimurahkan rizki oleh yang maha Kuasa, Amin.

Sambil menghitung hari ternyata kamu di Jakarta sudah masuk 1 tahun ini Rin. Semoga saja apa yang kamu cita-citakan selama ini lekas terwujud. Aku sebagai seorang teman selalu mengharapkan kamu bisa merealisasikan semua impian kamu.

Aku tidak lupa berdo’a untuk kamu dengan harapan kamu selalu dimudahkan dalam menjalani aktivitas harian kamu, dan senantiasa dihindarkan dari sederet masalah. Di Jakarta kamu hanya sebatang kara, oleh karena itu aku berharap kamu bisa menjaga diri sebaik mungkin.

Oya, Papa Mamaku kirim salam buat kamu. Mereka sering menanyakan kamu, bahkan Papa nitip pesan  supaya kamu lekas pulang jika ada waktu libur panjang diakhir tahun ini.

Segala sesuatu memang harus diperjuangkan. Tidak ada yang reaslistis jika kita hanya berdiam diri dan tidak melakukan upaya apapun. Tekat kamu untuk meraih impian kamu dengan memberanikan diri menjalani hidup jauh dari keluarga dan sahabat-sahabatmu adalah suatu bentuk semangat yang sangat luar baisa, dan aku sangat mengapresiasinya. Semoga kamu lekas mendapatkan apa yang kamu impikan.

Ini aja yang bisa ku tulis Rin. Hati-hati dan jaga diri baik-baik. Terusukan perjuangan kamu, disini aku senantiasa beroda’a untuk kamu. Kamu adalah seorang sahabat yang sangat aku sayangi.

Wassalam..   

Dari:
Elvia Tari
Jl. Kalkuta No. 15 RT/RW 02/03
Malang - Jatim 61500

Contoh Surat Permohonan

» ,,
Surat permohonan adalah salah satu jenis surat formal yang ditujukan kepada seseorang, lembaga, perusahaan atau instansi lainnya.

Terdapat sekian banyak jenis surat permohonan, termasuk surat permohonan kerja, surat permohonan magang, surat permohonan beasiswa, surat permohonan cuti/libur kerja, dsb.

Karena surat permohonan merupakan jenis surat yang formal, maka tata cara penyusunannya harus dibuat sebaik mungkin sesuai dengan standar yang ada.

Surat formal tidak selalu harus ditulis penjang lebar, bergantung pada jenis surat permohonan yang akan anda buat.

Berikut contoh surat permohonan yang baik dan benar.

Nomor: 001/AP/SP/III/2013
Lamp.  :  –

Hal      : Surat Permohonan

Kepada Yth,
Bpk/Ibu/Saudara (i) : ...................
Di-Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya agenda “Pelantikan Pengurus ................ Periode 2013/2017”, maka kami dari pihak panitia bermaksud untuk meminjam tempat untuk kepentingan dilangsungkannya kegiatan tersebut pada:

Hari, Tanggal : Kamis
Tanggal : 11 Maret 2013
Jam : 09.00 WIB s/d Selesai
     
Demikian surat permohonan ini kami buat. Atas kerjasamanya kami sampaikan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.                                      
                                                         
Palembang, 10 Maret 2013
Hormat kami,
        

Ketua Pelaksana,                           Sekretaris,



(Nama&T/tangan)                        (Nama&T/tangan)

SMS Romantis Untuk Malam Mingguan

»
Hari Minggu adalah hari dimana orang-orang akan rehat dan menghabiskan waktu untuk liburan. Pada malam hari Minggu biasanya diantara kita yang sedang memiliki pacar akan mengirimkan sebuah SMS romantis kepada pasangan kita. Dan kali ini saya akan berbagi kumpulan kata-kata cinta untuk malam minggu.

Berikut ini beberapa kata atau sms romantis untuk malem mingguan yang cocok untuk dikirimkan kepada sijantung hati.

SMS Romantis di Malam Minggu

Serasa lelah tubuh ini mengharungi hari demi hari, namun tidak pernah lelah diri ini untuk terus memikirkan kamu, meskipun saat aku terlelap dalam tidurku. Happy saturday night, honey!

Tak terasa hari berlalu dengan begitu cepatnya saat kamu setia menemani hari-hariku, semoga pada malam minggu ini kamu tetap akan menjadi yang terindah buatku.

Hari-hari berlalu dengan begitu indahnya saat kamu setia berada disampaingku. Dunia bak jadi milikku, karena keindahanmu. Seelamat berakhir pekan sayang, semoga kamu tetap jadi yang terbaik.

SMS Kata-kata Galau Malam Minggu

Menggadaikan waktu sekian lama, dan pada akhirnya ku harus menerima realita bahwa terlalu mustahil bagi seorang aku untuk mendapatkannya.

Terlalu besar rasa ini tumbuh dan lekat didalam, namun tetap saja ia masih belum cukup untuk merobohkan kerasnya hatinya. Semoga kelak dia akan membuka mata batapa ku sangat mencintainya.

Selama ini ku hanya berusaha untuk mengubanya menjadi lebih baik, karena ku amat mencintainya. Tapi, ternyata hal tersebut justru hanya buatku terasing darinya.

Simak juga:
SMS Cinta Tentang Penyesalan

Andai ku bisa lebih menghargainya, pastinya hari ini akan menjadi hari terindahku bersamanya. Dan kini, semuanya sudah terlanjur jauh meninggalkanku dengan segudang kegundahan.

Tidak ada lagi kedamaian dalam diri ini semenjak dia pergi meninggalkanku. Bukan salah siapa-siapa, bukan salah dia, tapi semuanya hanya karena kebodohanku sendiri yang tidak memperdulikannya.

Kesedihan ini tidak lagi berarti apa-apa, kini dia sudah terlanjur jauh dariku, dan aku hanya bisa meratapi kepedihan ini. Semoga dia bahagia disana. Maafkan aku yang selama ini tidak mengendahkanmu.

Demikian, semoga bermanfaat!!!

Contoh Naskah Drama Sekolah

» ,,,,,
Teks naskah drama sekolah akan menjadi pembahasan kita pada posting artikel pendidikan pada kesempatan kali ini. Sebelumnya saya sudah berbagi dengan Anda contoh teks naskah pembawa acara atau teks MC. Naskah drama sekolah sendiri merupakan sebuah naskah drama yang terkait dengan lingkup sekolahan.

Anda mungkin sedang membutuhkan referensi naskah dialog drama sekolah, dan berikut ini adalah contohnya.

Naskah Drama anak sekolah (Anak kuper , tidak selalu buruk)

Terdapat sebuah genk disalah satu sekolah swasta yang terletak tidak jauh dari areal persawahan. Mereka tergolong cukup familiar disekolahnya. Anggota genk tersebut selalu mementingkan gaya daripada pendidikannya. Ketika sudah terlanjur  menjadi anggota genk ini, yang bersangkutan dilarang untuk bermain dengan teman lain yang bukan bagian dari mereka. Kala itu hari masih pagi, Grenny merupakan salah seorang dari anggota mereka tiba-tiba datang dengan raut wajah yang penuh kekesalan.

Dialog Drama

Grenny            : “Fuhhh. . . !! Tugas apa’an sih ini?
                     gila! Banyak benget! Mana susah lagi!
                     Eh Ardita, lu udah belom tugas bahasa nya?”
                     (sambil menjatuhkan buku yang dibawanya)

Ardita             : “Ha? Tugas apa ren?
                    (Bingung)

Grenny            : “Aduh Ardita...! Lola banget sih!
                    Ini nih, tugas bahasa yang kemarin! Emang lu nggak tau?”

Lalu Dian dan Casandra menghampiri Grenny yang sedang marah-marah.

Dian            : “Hey..hey..hey..
                     Ada apa sih rebut-ribut? Nyantai dong..

Casandra         : “Nggak taut tuh...
                     Masih pagi tau! Jangan bikin ribut napah?

Grenny            : “Ini nih, ada tugas bahasa. Masalahnya gue nggak ngerti.
                     Apalagi harus dikumpulin sekarang. Ah..pusing!”.

Casandra         : “Halah..nyante aja kali.
                     Tugas begini masa lu nggak bisa?”

Dian            : “Ih...masih pagi begini udah mikirin tugas.
                     Mending kita ke kantin deh, Yuk...!”
                     (Mengajak Grenny dan Casandra ke kantin)

Ketika sedang berjalan menuju kantin sekolah, Casandra, Grenny dan Dian bertemu dengan Nencia yang nampaknya baru datang. Nencia adalah anak yang selalu menjadi ejekan karena dianggap berpenampilan payah dan tidak punya fashion. Padahal, Nencia adalah anak yang lebih mementingkan pendidikan daripada penampilan atau fashion.

Grenny            : “Eh, liat tuh.. siapa yang dateng?? Hahaha”.

Dian dan Casandra : “Hahahaha...”(Ikut menertawakan Nencia)

Casandra         : “Ah udah yuk ke kantin.!”

Sementara mereka ke kantin, Ardita yang nampaknya masih bingung dengan tugas tersebut, menyempatkan diri untuk bertanya kepada Nencia.

Ardita             : “Pagi Nenci..! kamu tugas bahasanya sudah belum?”.

Nencia       : “Sudah kok, Ardita.”

Ardita             : “Ehm...boleh nanya nggak?”
Nencia       : “Boleh kok..”
                     (sambil tersenyum)

Tidak sempat bertanya, Grenny, Dian serta Casandra datang. Mereka tidak suka Ardita mendekati anak nggak punya fashion itu.

Dian            : “Ohh.. Ardita!

Casandra         : “Berani ya kamu deket-deket sama anak ini?”.

Grenny            : “Inget dit, anak ini cupu. Ih...!?”

Ardita             : “Yah, kan aku cuman mau tanya tugas ke Nenci.
                        Kok kalian jadi marah-marah sih?”

Casandra         : “Tugas yang mana sih say? Yang ini?
                     (sambil membaca buku yang di meja)

Ardita             : “Iya. Memang kamu bisa san?”

Casandra         : “Ehmm..., kalau cuman begini ya gampang lah dit!”

Ardita             : “Kamu bisa?? Coba kamu baca halaman 5.”

Casandra         : “Ehm..., ya gitu deh...
                       Ehm..., gimana ya? Gimana sih dit? hehe”.
                     (Bingung dan ragu-ragu)

Grenny            : “Yah, kirain lu bisa san!”

Dian            : Bodoh amat lah!

Yauda mending gue pindah duduk di belakang daripada sebangku sama penghianat!”
(Menyindir Ardita)

          Waktu pelajaran sudah berlalu. Hingga tiba jam istirahat.

Dian            : “San, ngga ada salahnya ya kalau kita temenan sama Nenci.
                     Biarpun kuper, Nenci itu pinter lho san!

Casandra         : “Ih..., ogah ah gue temenan sama anak kuper.
                     Pinter mana sama gue?”

Grenny            : “Ih gila. Lu ngremehin banget.
                     Gak tau ah. Lama-lama lu nyebelin.
                     Mending gue temenan sama Nenci ketimbang sama loe.”
                     (Berjalan mendekati Ardita dan Nenci yang sedang ngobrol)

Casandra         : “Yaudah sana! Gue gak butuh temen kaya lo! Gak penting.”

Dian            : “San, kayaknya bener apa kata Grenny.
Ya, kalau lu tetep kaya gini mending gue gabung sama mereka. Maaf , San.”
(Berjalan menyusul Grenny)

Casandra         : “Oke! Minggir sana Lo! Gue gak butuh kalian!”
          Tiba saatnya hasil UAS dibagikan. Teman-teman Casandra nampak senang dengan nilai tugas mereka yang memuaskan. Sementara Casandra, terlihat murung karena nilainya pas-pasan.

Grenny            : “Yey...nilai gue 9!”

Dian            : “Haha iya sama nilai gue juga sembilan!
                     Makasih Nenci, berkat kamu ini Len!”

Ardita             : “Wah, iya Nenci hebat. Lihat nih len, nilaimu paling tinggi!”

Nencia       : “Aku ikut seneng deh kalau nilai kalian bagus.
                     Oya, kira-kira nilai Casandra berapa ya?”
Ardita             : “Iya ya.. Coba kita samperin yuk!”
                     (Berdiri sambil menengok kea rah Casandra)

Grenny dann Dian     : “Iya yuk..”
          Mereka datang menghampiri Casandra yang nampaknya sedang murung.

Ardita             : “Hey Casandra, pasti nilai kamu bagus deh.”
                     (tersenyum ramah)

Casandra         : “Apa? Ngapain kalian kesini? Penting nggak sih?”

Nenci           : “Yah., kan kita cuman pengen tau nilaimu San.”

Dian            : “Iya Casandra, maksud kita kesini itu baik.
                     Kok kamu ngomongnya gitu sih?”
                     (kecewa)

Grenny            : “Sudahlah, percuma juga kita kesini.
                      Casandra sudah nggak butuh siapa-siapa disini.”
                     Yaudah yuk, kita ke kantin aja.
(kecewa)

Dian            : “Iya yuk.. Sudah laper nih!”
                   (melirik ke arah Casandra yang masih terlihat acuh)
Ardita dan Nenci       : “Okelah..”
       
Kemudian mereka ke kantin, karena kecewa dengan perkataan Casandra yang angkuh. Tapi baru berjalan dua langkah, Casandra memanggil mereka.
Casandra         : “Tunggu..!!”
                   (menyesal)

Nenci,Dian,Ardita,Grenny      : “Iya ada apa san?”
                                        (menengok sambil menjawab bersahut-sahutan)

Casandra         : “Ehm.. maaf ya?”

Ardita             : “Maaf kenapa Casandra?”

Casandra         : “Ya,, pokonya maaf.”
                     (Menyesal)

Dian            : “Iya Casandra. Kita maafin kok kalau kamu sudah minta maaf.”

Grenny            : “Nggak papa kali San. tapi asal kamu tau, Nenci nggak seburuk yang kita kira. B uktinya dia mau bantu kita belajar.”

Casandra         : “Iya aku tau. Mungkin aku cuman sirik sama Nenci.
                     Yah, aku sadar deh, tanpa kalian aku bukan apa-apa.
                     Maafin aku ya sahabat-sahabat ku. Kita masih sahabat kan

Nenci, maafin aku ya?”

Nenci           : “Nggak papa kok Casandra. Lagipula aku juga nggak mau musuhin kamu”.

Dian            : “Iya Casandra, kita masih sahabat kok. Senyum dong?”

Casandra         : “Wah, ternyata kalian masih mau temenan sama aku. Padahal aku sudah egois.

Aku nyesel sudah musuhin Nenci.”

Grenny, Ardita     : “Iya Casandra, kita juga minta maaf ya? Soalnya kita sudah diemin kamu,San”
          (bersahut-sahutan)

Casandra         : “Makasih..kalian memang sahabatku.”

Dian            : “Iya Casandra, aku juga ya San.”

Nenci           : “Akhirnya..kita jadi temenan deh. Hehe”

Grenny            : “Sudah-sudah.. jadi ke kantin gak nih? Laper tau!”
                     (menggoda teman-temannya)

Dian,Ardita, Nenci, Casandra : ”Heeeeee..”

Lantas, mereka tidak lagi memusuhi Nenci.Mereka sadar bahwa pendidikan itu jauh lebih penting katimbang terlalu banyak memikirakan soal gaya. Dan yang lebih penting lagi, manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain sebagai makhluk sosial. Kini mereka menjadi teman dan melupakan kesalahan-kesalahan yang sudah usai.

Drama Sekolah > Selesai

Demikian artikel contoh naskah drama singkat yang diharapkan berguna buat Anda yang sedang membutuhkannya.

Cara Untuk Move On

»
Terlanjur mengukir sejarah bersama orang yang Anda sayangi tentunya memang tidak mudah untuk bisa menghapus kenangan-kenangan itu dengan begitu saja. Meski Anda menyadari bahwa hari-hari itu sudah berlalu dan realitasnya kini dia sudah bukan milik Anda lagi, tetap saja Anda masih kepikiran tentang dia.

Cinta itu keindahannya memang sungguh luar biasa, namun untuk menemukan cinta yang sesungguhnya itu tidak mudah. Ketika Anda sedang jatuh cinta, sebisa mungkin Anda harus tetap berusaha menggunakan logika meskipun seperti yang Pak Mario Teguh bilang "cinta itu melemahkan logika".

Berikut beberapa tips untuk bisa move on alias melupakan pacar atau mantan pacar Anda secara efektif.

Berpikir secara bijak
Orang yang bijak selalu berpikir secara luas. Ketika Anda harus menerima kenyataan putus dengan dia, renungkanlah apa kira-kira sisi positif yang bisa didapat.

Kedepankan logika
Berpikirlah dari akar sampai daun. Memang sangat sulit untuk bisa mengedepankan logika ketika Anda tengah berada dalam suasana galau usai putus, namun anda bisa mencari momen-momen tertentu yang bisa menumbuhkan sifat kedewasaan Anda.

Buat diri Anda sibuk
Cari aktivitas tertentu yang bisa membuat diri Anda menjadi sibuk, dengan demikian sedikit demi sedikit Anda akan bisa move on.

Latih diri Anda untuk menerima keadaan
Tidak semuanya yang kita sayangi itu dapat kita miliki, begitu juga dengan orang yang kita cintai. Terlepas dari apakah Anda salah atau tidak, tetap saja pada prinsipnya cinta itu tidak selamanya memiliki.

Carilah cinta yang baru
Diawal merasakan kehilangan orang yang Anda cintai lazimnya serasa tidak mungkin untuk bisa jatuh cinta lagi, namun Anda tidak boleh terbawa dengan nuasan hati. Carilah pacar lagi, karena kehadirannya bisa mengalihkan pemikiran Anda yang selalu tertuju pada si mantan.

Demikian, semoga bermanfaat!