Skip to main content

Cara Mengelola Keuangan Pribadi Agar Tidak Sering Kekurangan

Uang merupakan suatu alat untuk berbelanja guna memenuhi kebutuhan kita sehari-hari, baik kebutuhan yang sifatnya primer maupun bentuk kebutuhan yang bersifat skunder.

Dengan memiliki sumber keuangan yang baik serta didukung dengan manajemen keuangan yang baik pula, maka kesejahteraan hidupan semakin terasa.

Setiap orang membutuhkan uang untuk melakukan suatu transaksi. Berapapun besar-kecilnya nilai transaksi yang akan Anda lakukan, tetap saja Anda membutuhkan uang.

Memiliki penghasilan yang terbilang bagus tidak selalu membuat ekonomi Anda atau keluarga Anda serba kecukupan, dibutuhkan pengelolaan keuangan yang baik.

Menggunakan uang hanya untuk kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya prioritas, dan juga bisa mengurangi kebiasaan suka boros merupakan kunci dalam mengelola keuangan pribadi.

Berapapun penghasilan Anda dalam sehari atau sebulan, hal tersebut tidak bisa menjamin kualitas ekonomi Anda menjadi lebih baik tanpa adanya kontrol (management financial).

Berikut ini beberapa tips dalam mengelola keuangan pribadi secara tepat untuk menghindarkan Anda dari situasi sering kekurangan uang akibat kebiasaan yang salah.

1. Sesuaikan pemasukan dengan pengeluaran


Adalah sebuah keharusan untuk mengukur income Anda dengan pengeluaran. Jangan membiasakan diri untuk menikmati gaya hidup yang sebenarnya dibawah kemampuan financial Anda, karena hal ini hanya akan mengarahkan Anda pada masalah, seperti menumpuk hutang.

2. Sisakan uang untuk menabung


Berapapun penghasilan Anda, jangan lupa menyisakan sejumlah uang untuk menabung. Ingat, kaya itu diawali dari kegemaran dalam menabung. Sekecil apapun yang Anda sisakan untuk menabung, uang tersebut tetap sangat berarti buat Anda dikemudian hari.

3. Hindari belanja jika kurang penting


Pemborosan adalah perilaku buruk yang menuntun kita pada masalah financial atau kemiskinan. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sesuatu, berpikirlah sejenak, apakah Anda memang harus membelinya.

Jika barang yang akan Anda beli kurang penting, sebaiknya urungkan niat Anda untuk membelinya, dan simpan uang Anda untuk kebutuhan-kebutuhan yang lebih pokok.

4. Belajar berpola hidup sederhana


Cara Mengelola Keuangan Pribadi Agar Tidak Sering Kekurangan

Untuk bisa menikmati hidup tidak harus dengan berpola hidup mewah. Belajarlah menjadi pribadi yang bisa hidup sesuai standar Anda dan tidak mengedepankan kemewahan demi sebuah kepuasan.

Tengoklah diri Anda, dan jangan membiasakan diri suka berlebihan. Jika hidup mewah itu masih dibawah kemampuan Anda, maka hiduplah dengan cara semampu Anda (sederhana) agar keuangan Anda selalu bisa terjaga.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close