Skip to main content

5 Contoh Teks MC (Pembawa Acara) Formal Islami

Untuk Anda yang saat ini tengah mencari contoh teks Pembawa Acara (MC) formal Islami, disini Anda dapat menyimak beberapa referensinya. Beberapa contoh naskah MC formal Islami dibawah ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna bagi Anda.

Sebagai catatan, untuk menjadi MC di acara formal Islami sebenarnya tidaklah sulit. Namun, tentu saja itu bagi mereka yang sudah terbiasa. Untuk Anda yang belum memiliki pengalaman, mungkin Anda masih membutuhkan referensi atau masukan, termasuk teks pembuka acara yang ingin Anda sampaikan ke majlis.

Untuk diketahui, teks MC acara formal Islami bisa berupa acara pengajian, acara syukuran, dan sebagainya. Karena didalam acara tersebut nuansanya Islami, maka seorang MC pun dituntut untuk dapat memunculkan nuansa yang berbau Islami. Jadi, agak sedikit berbeda dengan acara formal lain yang sifatnya non-Islami.

Contoh Teks MC Formal Islami


Berikut ini telah saya rangkumkan kumpulan contoh teks MC formal Islami yang diharapkan dapat memberikan masukan bermanfaat bagi Anda. Dari berbagai contoh yang diulas dibawah ini, Anda tentunya dapat mengembangkannya sendiri.

Jadi, meskipun acaranya bisa saja sedikit berbeda dari acara yang akan Anda pandu, namun Anda bisa melakukan penyesuaian sendiri sesuai dengan keperluan Anda. Jika Anda telah melakukan persiapan secara matang, nantinya Anda tidak akan dihadapkan dengan situasi yang membuat Anda sera gerogi meskipun sebelumnya belum pernah menjadi MC.

1. Contoh Teks Pembawa acara Pengajian Nuzulul Qur’an


Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillahilladzi allamal quran holakol insanu allamahul bayan al qoil inna anzalnahufi lailatimmubarokatin innakunna mundirin

Waasalatuwassalamualahusrahullahu bil wahyi waanzala alaihi hairuhu wakutubihi sayyidina wahabibina wassafiini muhammad SAW al qoil idza ahabbahatukum ayyuhaddisa rabbahu fal yakrohul Quran waala alihilquro waashabihil qirom amma ba’du;

Yang saya hormati para alim ulama, para kiai, para asatidz/dah wbil husus almukarrom al habin muhammad abbas bin fuaid dari punten, segenap jajaran pejabat pemerintah yang terhormad baik dari sipil maupun kepolisiaan dan yang terhormad kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada hari ini.

Pertama-tama mari kita panjatkan puja puji syukur kehadirat allah SWT atas segala nikmat yang dilimpahkan kepada kita semua nikmat yang tifak mampu kita hitung banyaknya.
Semoga dengan syukut ini kita termasuk orang orang yang bersyukur.. amin ya rabbal alamin.

Swalawat serta salam semoga tidak kering tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW atas jada beliau yang membawa agama islam kepada kita semua sehingga kita bisa menuju kejalan yang baik dan terang benerang. Semoga dengan sholawat itu tadi kita kelas bisa mendapatkan syafaat dari beliau di hati kiamat.

Hadirin yang terhormat, disini saya selaku pembawa acara akan menyampaikan susunan acara pada malam hari ini:

  1. Pembukaan.
  2. Lantunan kalam ilahi.
  3. Sambutan.
  4. Mauidhoh hasanah.
  5. Penutup / do'a.

Baiklah, arilah untuk membuka acara pada hari inikita buka dengan bacaan umul quran, alahadiniyah walakulliniatin sholihah al fatihah.

Terima kasih kami sampikan semoga dengan bacaan umul quran tadi acara pengajian pada hari ini bisa berjalan dengan lancar. Amin

Melanjutkan acara yang kedua yakni lantunan kalam ilahi yang akan dibawakan oleh Ustadz Iman Munawar Ali kepadanya kami persilahkan. terima kasih kami sampiakan kepada Ustadz Iman Munawar Ali yang telah membacakan Ayat Suci Al Qur’an.

Alhamdulillah, memasuki acara yang kedua yaitu Sambutan. Kepada Bapak Muhammad Ali waktu dan tempat dipersilahkan.

Syukur Alhamdulillah, demikian tadi sambutan dari yang terhormat Bapak Muhammad Ali. Selanjutnya menginjak acara yang ke-4 yaitu Mauidhoh hasanah yang akan dibawakan oleh Ustadz Yasin.

Kepada beliau, waktu dan tempat kami persilahkan.

Terima kasih kepada Ustadz Yasin atas Mauidhoh hasanah yang tentunya dapat memberikan pencerahan bagi seluruh hadirin dan hadirat yang hadir pada majlis ini.

Para hadirin yang saya hormati, tiba saatnya pada segmen Penutup.

Saya selaku pembawa acara, apabila ada salah tutur kata, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga acara yang telah berlangsung dengan lancar ini dapat memberikan nilai manfaat dunia dan akhirat bagi kita semua, Amin.

Akhirulkalam.... Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

2. Contoh Teks MC Acara Pengajian


Pembukaan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita khadirat Allah SWT yang telah begitu banyak memberikan nikmat kepada kita semua selaku hambanya. Sholawat dan salam juga kepada Nabi Muhammad SAW yang dengan perjuangan dan kesabarnya menyebarkan ajaran Tauhid sehingga bisa dikenal di seluruh pelosok negeri ini.


Yang kami hormati penceramah pengajian kali ini haji… dan yang ibu-ibu pengajian yang dirahmati Allah SWT Semoga harinya kita di sini menjadikan amal baik kita bertambah dan bertambahnya ilmu kita. Sebelum kita beranjak ke acara inti alangkah baiknya kita buka acara ini dengan membaca kalimat Basmallah dilanjutkan membaca surat Al-Fatihah.

Pembacaan Kalam Ilahi

Selanjutnya setelah kita bukan, marilah kita dengar kan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang akan di baca kan oleh … terima kasih kepada … yang terlah membacakan ayat suci Al-Qur’an semoga dengan dibacakan nya ayat suci Al-Qur’an menambah keberkahan dalam acara pengajian kali ini.

Acara Inti

Untuk mempersingkat waktu langsung saja menuju acara selanjutnya yaitu acara inti, tausiah dan ceramah yang akan di sampaikan langsung oleh bapak/ibu …. waktu dan tempat kami persilakan. (pada sesi ini juga ada sesi tanya jawab dan diskutsi mengenai pembahasan ceramah)

Pengumuman

Terima kasih kepada bapak/ibu … yang telah menyampaikan tausiahnya semoga bermanfaat dan apa yang tadi kita pelajari bisa kita peraktekan, sebelum di tutup ada beberapa pengumuman yang akan di sampaikan oleh … kepadanya kami persilahkkan.

Itulah pengumumannya dan sebelum penutup apakah ada yang mau di sampaikan lagi terkait pengajian ini? Jika tidak ada marilah kita tutup acara pengajian ini dengan do’a yang akan di sampaikan oleh … terima kasih kepada … yang telah membacakan do’anya.

Penutup

Acara demi acara telah kita lewati bersama, tibalah kita di acara puncak yaitu penutup setelah tadi ada do’a sebelum kita tutup marilah kita beristigfar dulu tiga kali, marilah kita tutup acara pengajian ini dengan membaca kalimatul hamdalah dan do’a kafaratul majelis.

Terimakasih atas kehadiran dan perhatian ibu-ibu pengajian, saya selaku moderator mohon maaf jika ada salah-salah kata atau kalimat yang kurang berkenan di hati ibu-ibu sekalian.

Jika ada kebenaran datangnya dari Allah SWT dan jika ada salah datangnya dari diri saya sendiri, kurang lebihnya mohon maaf

Wabilahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh.

3. Contoh Teks MC Acara Pengajian Tahunan


Assalamu’alaikum Wr. Wb

Alhamdulillah, Alhamdulillahinahmaduhu wanas tainu wanaudzubillahimin syururil anfusina wamin sayyiatina wamin sayyiati a’mqlina mayahdzillahu falahadiyalah asyhadu Allah ilaha Illallah waas hadhu anna muhammadar Rasulullah Amma Ba’du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur kita kehadirat allah wst yang memberikan nikmat rahmad serta hidayahmya kepada kita semua sehingga kita bisa mengharidi acara pada hari ini dengan keadaan sehat wal afiat dan gak kurang suatu apapun.

Kedua kalinya Sholawat serta salam semiga tetap tercurahkan kepaa junjungan kepada nabi besar Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari jalan gelap gukita menuju jalan yang terang benerang yakni adinul islam.

Selanjutnya disini izinkanlah saya sebagai pembawa acara untuk membacakan susunan acara pada hari ini:

  1. Pertama yaitu pembukaan.
  2. Yang kedua yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qqur'an.
  3. Sambutan dari Bapak kepala Desa ..........
  4. Ketiga segmen hiburan dan penampilan dari .........
  5. Dan yang ke empat merupakan acara initi yakni ceramah dari ..........
  6. Kemudian kelima yakni sesi tanya jawab diikuti penutupan.

Pembukaan

Sebelum kita mengawali acara pada hari ini marilah kita buka dengan membaca surat Al fatihah bersama-sama dengan harapan semiga acara pada hari ini biasa berjalan dengan lancar dan berkah Amin ya rabbal alamin.

Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an

Acara yang kedua yakni pembacaan ayat suci al quran yang akan di bawakan oleh akhi Pipin kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan.

Shodakallahul Adzim maha benar Allah dengan segala firmannya. Terima kasih kami sampikan keoada Akhi Pipin semoga dengan lantunan ayat suci Al quran itu tadi bisa menambah keimanan dan ketakwaan kita Amin Ya Rabbal Alamin

Segmen Hiburan

Acara selanjutnya yakni pebampilan hiburan yang di bawakan oleh grup dari grup musik ustadz ....., kami persilahkan..

kami ucapkan terima kasih kepada grup musik yang tadi sudah menghibur kita semua.

Ngaji Bareng Ustadz ..........

Dan pada akhirnya tibalah kita kepada acara inti yakni ceramah yang di bawakan oleh ustadz ...... Kepada ustadz ..... kami persilahkan.

Sesi Tanya Jawab

Berakhirlah ceramah oleh ustadz ..... tentang betapa pentingnya sebuah iman dalam hati semiga dengan ceramah itu tadi dapat menambah keilmuan kita dan krtakwaan kita. Selanjutnya akan dilanjutkan okeh sesi tanya jawab.

Akhirnya berakhirlah sesi fanyajawab dari pengajian pada hari ini.sebelumnya izinkanlah saya mengulas inti inti dari ceramah pada hari ini oleh ustadz ......

Itulah hal hal yang bisa saya simpulkan pada acara hari ini

Acara demi acara telah kita lewati dan akhirnya samoailah kita kepada acada terakhir yakni penutypan.

Sebelum acaa hati ini kita tutup dengan doa saya sebagai pembawa acara memohon maaf atas kesalahan saya selama menjadi pembawa acara.

Akhirul kalam summasaalamualaiku warrahmatullah wabarakatuh.

4. Contoh Teks MC Acara Buka Puasa Bersama


Assalamualaikum. Wr. Wb.

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Alhamdulillaahi robbil ‘alamiin, wassolaatu wassalaamu’alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa’ashabihi ajma’in, Robbi srohli sodri wahsirli amri wahlul ukdatammi lisaani yafkohul kauli amma ba’du.

Yang saya hormati Bapak …….
Yang kami hormati Bapak……..
Yang kami hormati Bapak ……..
Yang kami hormati Panitia Buka Bersama dan Bapak-bapak Serta Ibu-ibu para tamu undangan yang berbahagia……….

Syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. atas limpahan Rahmat, Taufiq, Hidayah serta Inayyah-Nya kepada Kita semua sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di Acara buka puasa bersama ini di hari ke …. Ramadhan 1439 H yang InsyaAllah acara buka puasa ini akan selalu diselenggarakan untuk menjalin tali silaturahmi. Semoga Allah SWT memberi kelancaran hingga selesainya rangkaian acara hari ini. Amin Yaa Rabbal Alamin… Semoga berkumpulnya kita pada hari ini membawa manfaat di dunia dan di akhirat.

Sholawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan yang selalu kita harapkan syafaatnya besok di Yaumil Qiyamah (Amiin).

Selanjutnya atas nama pembawa acara mewakili seluruh Panitia Acara Buka Bersama ini, saya menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh hadirin, yang dengan penuh semangat menghadiri acara ini.

Selanjutnya kami akan membacakan susunan acara pada hari ini. Adapun susunan acaranya sebagai berikut:

1. Pembukaan

Marilah acara pada hari ini kita buka dengan membaca Basmalah bersama-sama  (Bismillahirohmanirohim)
Semoga dengan bacaan Basmalah tadi, acara ini dapat kita lalui dengan lancar memberikan manfaat yang besar bagi kita semua, Amiin.

2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan saritilawah oleh …… dan ……

Kepada Bapak…………… kami persilahkan

3. Kata sambutan dari Bapak …………..
Yang kami hormati Bapak ……….. kami persilahkan

4. Kata sambutan dari …………..
Yang kami hormati Bapak ……….. kami persilahkan

5. Tausyiah (yang Insya Allah akan disampaikan oleh Bpk Ustadz …..)
Kepada Bapak Ustadz…………….. kami persilahkan

6. Buka Bersama

7. Sholat berjamaah

8. Penutup

Dengan berakhirnya acara …… maka berakhir pula rangkaian acara buka puasa kita pada hari ini Dan tak lupa kami selaku pembawa acara dan mewakili segenap panitia dan semua pihak yang mendukung hingga suksesnya acara ini, mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah atau kurang berkenan dihati

Marilah acara pada hari ini kita tutup dengan membaca hamdallah …. Alhamdulillah..

Wabillahi taufik wal hidayah Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

5. Contoh Naskah MC Acara Pernikahan


Contoh Teks MC (Pembawa Acara) Formal Islami

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bismillahirrohmanirrohim

Para hadirin undangan yang saya hormati. Pertama-tama, marilah kita panjatkan rasa puji syukur kehadirat Allah SWT.

Kedua kalinya, semoga sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. yang telah membimbing kita dari kegelapan menuju jalan yang terang-benderang, yakni Dinul Islam.

Bapak dan Ibu serta teman-teman para undangan sekalian, perlu saya sampakan selaku pembawa acara pada hari yang InsyaAllah berkah ini, dalam acara resepsi pernikahan susunan acara yang akan berlangsung yaitu:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an
  3. Penyerahan dari keluarga mempelai Putra
  4. Penerimaan dari keluarga mempelai Putri
  5. Nasehat pernikahan dari ..........
  6. Penutup / do'a.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia. Itulah susunan acara resepsi pernikahan atau walimatul ursy pada hari yang cerah dan InsyaAllah penuh keberkahan ini.

1. Pembukaan

Demi mempersingkat waktu, marilah kita buka acara ini dengan bacaan Ummul Qur’an. Ila hadrotin nabbiyil musthofa sayyidina muhammadin saw. Alfatihah...

(Setelah membaca surat Al-fatihah bersama-sama lalu MC melanjutkan)

Semoga dengan bacaan surat Al-Fatihah tadi, acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun, Amin.

2. Pembacaan Ayat Suci A-Qur'an

Menginjak pada acara yang kadua yaitu Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakab oleh .... kepadanya dipersilahkan.

(Sesudah qari’ selesai membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, MC kembali melanjutkan acara ...)

Kepada ........ kami sampaikan bnayak terima kasih, semoga pembacaan ayat suci Al-Qur’an tadi, pahalanya diberikan kepada pembaca khususnya kepada mempelai berdua, juga kita semua yang mendengarkanya.

3. Penyerahan dari Keluarga Mempelai Putra

Melangkah pada acara yang ketiga, yaitu sambutan penyerahan dari pihak keluarga mempelai putra kepada mempelai keluarga putri, ayang akan disampaikan oleh yang terhormat bapak ...... kepadanya dipersilahkan.

(Setelah sambutan penyerahan selesai, MC kembali melanjutkan acara)

Demikian tadi Sambutan penyerahan Yang telah disampaikan oleh bapak ........... Kepadanya kami Sampaikan banyak-banyak terima kasih.

Tentulah kiranya mempelai putri dan keluarga dapat mengerti dan menerimanya dengan sepenuh hati dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

4. Penerimaan dari Keluarga Mempelai Putri

Acara selanjutnya yaitu penerimaan dari pihak mempelai putri, dalam hal ini akan disampaikan oleh yang terhormat bapak ....... kepadanya kami persilahkan.

(setelah sambutan penyerahan  selesai, MC kembali memimpin acara).

Kepada Bapak ......, kami sampaikan terima kasih yang sebanyak-bnyaknya, demikianlah tadi telah kita saksikan bersama acara serah terima dari kedua mempelai, marilah kita iringi do’a, semoga kedua mempelai senantiasa mendapat limpahan rahmat dan berkah dari Allah SWT, sehingga dapat membina mahligai rumah tangga yang bahagia fiddunya wal akhirah, amin ya rabbal alamin.

5. Nasihat Pernikahan

Sekarang sampailah kita pada acara yang keilima, yaitu Siraman rohani atau mauidhatul hasanah nasehat pernikahan yang akan disampaikan oleh Bapak KH ............ .. Kepada beliau kami persilahkan.

(Setelah mauidhatul hasanah selesai, MC memimpin acara lagi, menyampaikan ucapan terima kasih dengan mengucapkan,).

Kepada yang terhormat bapak KH. ............ kami sampaikan banyak terima kasih. Hadirin dan hadirat serta para undangan sekalian yang berbahagia, demikianlah tadi mauidhatul hasanah, nasihat perkawinan yang telah disampaikan oleh bapak KH. ..................... semoga nasihat dan siraman rohani tadi, bermanfaat bagi kita semua, terlebih bagi mempelai berdua untuk dijadikan pedoman dan bekal dalam membina rumah tangga bahagia rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

6. Penutup / Do'a

Para hadirin dan hadirat segenap undangan yang saya hormati. Acara demi acara telah kita lalui bersama, kini tibalah kita pada puncak acara, yaitu pembacaan do’a yang akan dipimpin oleh yang terhormat Bapak KH .............

Dan sebelum do‘a dimulai, saya selaku pembawa acara resepsi pernikahan ini, jika ada kurang lebihya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kepada yang terhormat bapak KH. ............ kami mohon untuk menutup acara ini dengan pembacaan do’a, kepada beliau dipersilahkan.

Wabillahittaufik wal hidayah Wassalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Video Menjadi MC Pada Acara Formal:



Kesimpulan


Naskah pembawa acara formal Islami sebenarnya cukup sederhana. Dan bagi Anda yang masih membutuhkan referensi, beberapa contoh teks pembawa acara diatas diharapkan bermanfaat bagi Anda.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close