Skip to main content

10 Tips dan Cara Jadi MC Bagi Pemula

MC atau master of ceremony merupakan pekerjaan yang menyenangkan namun menuntut kepiawaian karena tugasnya adalah sebagai pemandu acara. Bayangkan jika MC-nya tidak lancar dalam bertutur kata, apakah acara tersebut dapat berlangsung dengan meriah? Tentu saja tidak!

Oleh karenanya, Anda harus memiliki persiapan dan pemahaman yang cukup jika ingin menjadi seorang MC. Bagi Anda yang saat ini memiliki kesempatan untuk menjadi pembawa acara dan disisi lain ini akan menjadi pengalaman baru untuk Anda, panduan menjadi MC yang akan diulas dibawah ini mungkin akan sangat berguna bagi Anda.

Tips Menjadi MC


Bagi Anda yang masih pemula atau belum pernah memiliki pengalaman menjadi pembawa acara, berikut ini tips menjadi MC yang sukses:


1. Ketahui acara yang akan Anda pandu


Kunci sukses menjadi MC yang baik adalah percaya diri. Mengetahui apa yang terjadi karena dengan begitu Anda akan tahu apa yang harus dibicarakan-- adalah segalanya. Pelajari nama, tema, susunan, tujuan, pengisi acara, dan undangan atau yang akan hadir.


2. Jalin komunikasi dengan panitia pelaksana


Panitia pelaksana acara akan memberi tahu jadwal dan susunan acara. Anda pun akan siap. Persiapan Anda akan membuat Anda fokus dalam berinteraksi dengan para undangan hadir.

3. Bumbuhi dengan senyuman


Jika bukan di acara duka-cita, usahakan untuk selalu menabur senyuman selama membawakan acara. Senyum akan menunjukkan bahwa Anda rileks, nyaman, dan senang.

Jika Anda ingin audience senang, Anda harus memberi contoh. Ingatlah nasihat klasik tentang berbicara di depan umum - bayangkan tiap orang di hadapan Anda hanya menggunakan celana dalam.

4. Jangan lupa dengan tugas utama Anda


Tugas utama Anda adalah berbicara kepada kerumunan banyak orang banyak. Anda harus selalu memberi informasi kepada mereka tentang acara yang akan dan sedang berlangsung. Anda juga harus mampu memberi waktu persiapan bagi yang akan tampil mengisi acara.


5. Pelajari detail mengenai acaranya


Jangan sampai Anda tampil sebagai MC dengan "kepala kosong", tidak punya gambaran sama sekali tentang acara yang dibawakan. Ini akan merusak segalanya.

Pelajari tema, lakukan riset data tentang topik dan pengisi acara. Itu akan menjadi bahan baku materi pembicaraan Anda sebagai MC.

6. Teruskan ketika terjadi kesalahan


Ada kalanya orang berkata salah karena mungkin ada perasan nervous. Jangan pikirkan kesalahan Anda dan jalan terus seolah-olah Anda tidak melakukan kesalahan apapun.

7. Berusaha menjadi lucu 


Mencoba menyampaikan humor dapat mencairkan suasana. Tidak ada yang suka host yang membosankan. Berusahalah tertawa sesekali dan sampaikan sebuah lelucon atau candaan untuk menghangatkan suasana.

8. Tataplah sesuatu dengan pemikiran yang tenang


Anda bisa mengarahkan pandangan mata kepada sesuatu dan berpikir tentang sesuatu yang dapat membuat Anda tidak merasa gugup. Tataplah dinding atau jam dan berbicaralah kepada audience secara santai yang mana hal ini akan membuat Anda semakin nyaman.


9. Berucap secara santai namun mengena


Untuk menghindari salah dalam bertutur kata, Anda bisa bicara secara pelan-pelan namun dapat ditangkap secara jelas oleh audience. Jika Anda berbicara terlalu cepat, audience tidak akan mengerti perkataan Anda dan ini akan membuat mereka jenuh.

10. Ajukan pertanyaan yang relevan untuk audiences


Untuk menghangatkan suasana, sesekali Anda dapat mengajukan sebuah pertanyaan kepada audiences. Ini akan membuat susana menjadi lebih cair dan dapat membangun interaksi yang baik antara Anda sebagai MC dan para audience.


Penutup


Tips dan Cara Jadi MC Bagi Pemula

Demikianlah beberapa tips yang saya rasa sangat berguna dalam rangka mempersiapkan diri untuk menjadi pembawa acara yang berkesan. Dan sebagai catatan, pastikan Anda tidak merasa gugup saat berbicara didepan banyak orang - ini adalah kunci sukses dalam memandu suatu acara.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close