Skip to main content

Trik Paket Internet Smartfren Unlimited Tanpa FUP 2019

Internetan Smartfren tanpa FUP memungkinkan Anda untuk bisa membuka internet secara cepat dan bebas tanpa terganggu loading lambat akibat penggunaan data Anda sudah mencapai ambang penggunaan wajar atau FUP (Fair Usage Policy).

Smartfen merupakan salah satu penyedia layanan internet yang menawarkan paket internet unlimited bulanan. Namun, seperti paket unlimited pada umumnya, provider ini memberlakukan FUP kepada setiap user. Misalkan untuk paket internet unlimited bulanan Rp 65 ribu atau yang sekarang harganya sudah baik menjadi Rp 70 ribu, FUP yang diberikan ke user adalah sebesar 1 GB.

Besara FUP data 1 GB sebenarnya tidaklah sedikit, namun faktanya jumlah kuota FUP 1 GB ini terkadang bahkan masih jauh dari kata cukup ketika kita secara intens menggunakan PC atau smartphone untuk membuka berbagai macam halaman web. Terlebih jika Anda suka streaming, maka sudah pasti kuota 1 GB tidak akan cukup.

Adapun pilihan lain yang ditawarkan Smartfren ke penggunanya adalah paket internet unlimited bulanan Rp 100 ribu dengan kuota FUP sebesar 1.5 GB. Sebenarnya sudah cukup membantu, tapi lagi-lagi kembali ke rata-rata konsumsi data Anda dalam sehari-hari. Sebut saja Anda gemar main game online, download file berukuran besar, atau sering nonton film online, maka dapat dipastikan Anda akan terhambat oleh batas penggunaan wajar.

Baca juga:


Ketika data Anda sudah mencapai FUP harian, maka kecepatan akses Smartfren akan diturunkan hingga berkali lipat. Itu artinya, Anda nyaris tidak lagi bisa menggunakan internet karena waktu muat akan menjadi sangat lambat.

Nah inilah yang sebenarnya yang membedakan paket internet unlimited dan kuota. Paket unlimited sepintas seolah memberikan Anda "garansi" untuk tetap bisa online, namun faktanya ketika penggunaan sudah mencapai FUP, sejatinya Anda tidak bisa mengakses internet secara normal.

Sementara itu, keunggulan paket kuota adalah karena menawarkan kecepatan akses yang cenderung stabil. Namun, kekurangannya juga menjadi sangat terasa, yakni soal harga yang memang lebih mahal.

Cara Internetan Smartfren Unlimited Tanpa FUP


Nah, untuk membantu Anda mengatasi masalah ambang penggunaan wajar untuk konsumsi data di smartphone maupun PC, kali ini saya akan bagikan trik berguna bagi Anda yang tetap ingin menikmati internet unlimited namun tanpa "dihantui" FUP.

Caranya cukup sederhana, tapi ternyata trik ini works karena saya sudah mencobanya sendiri. Yang perlu dilakukan hanya mengotak-atik setelan APN (Access Point Name). Selain APN, Anda tidak perlu melakukan pekerjaan lainnya.

Keuntungan Menggunakan APN Smartfren Unlimited


Pada prinsipinya, setelan APN Smartfren unlimited yang dibahas dalam ulasan ini adalah untuk mengatasi batas penggunaan wajar yang menyebabkan speed akses menjadi begitu lambat. Dan berikut ini beberapa keuntungan lain yang bisa didapat.

  • Mengatasi batas pemakaian wajar (FUP).
  • Membuat speed akses tetap stabil.
  • Meningkatkan kecepatan akses.

Cara Setting APN Paket Internet Smartfren Unlimited Tanpa FUP (Terbaru)


APN Smartfren Unlimited Tanpa FUP #1


Nama: New Smartfren
APN : cmnet
Server : svr76.efeedlink.com
MMSC : mmsc.monternet.com
Jenis Autentikasi : PAP atau CHAP
Protokol APN : IPV4/IPV6
Protokol Roaming APN : IPV4/IPV6

APN Smartfren Unlimited Tanpa FUP #2


Nama: Smartfren Unlimited
APN: internet.vodafone.ro
Nama Pengguna: internet.vodafone.ro
Sandi: vodafone
Server : 1.1.1.1
Authentication Type : Chap
Protokol APN: IPv4/IPv6
Protokol Roaming APN: IPv4/IPv6

APN Smartfren Unlimited Tanpa FUP #3


Nama: Smartfren No FUP
APN: M8-17.27.250:8080
Nama Pengguna: smartfren
Kata Sandi: smartfren
Jenis APN: default, hipri
Protokol APN: IPv4/IPv6
Protokol Roaming APN: IPv4/IPv6

Cara Membuat APN Baru di Android


  1. Masuk ke menu "Settings" di smartphone Android Anda.
  2. Tap pada pilihan "SIM Card & Mobile Networks".
  3. Tap pada "Nama Operator; Smartfren".
  4. Tap pada "Access Points Name".
  5. Tap tombol "Add new APN".
  6. Masukkan paramater APN Smartfren Unlimited Bebas FUP seperti rincian diatas.

Penting!


Smartfren Unlimited Tanpa FUP

Setelah Anda membuat APN baru dan telah menyimpannya sebagai APN default, terlebih dulu silahkan beralih ke mode Pesawat atau restart smartphone Anda agar parameter APN baru tadi dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Selanjutnya silahkan Anda coba internetan kembali, jika semua setelan sudah sesuai petunjuk diatas mestinya kecepatan akses yang sebelumnya sangat lamban karena FUP kini mejadi kembali normal. Dan diatas ada tiga pilihan APN, Anda bisa mencoba masing-masing jika speed internet masih kurang optimal.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close