Skip to main content

Cara Pasang 2 Hardisk Dalam 1 Komputer

Jika Anda memiliki lebih dari 1 hardisk dan ingin memasangnya secara bersamaan menggunakan 1 komputer Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah sebagaimana yang saya ulas dalam artikel panduan PC kali ini.

Sebelumnya saya sudah berbagi tips cara mengatasi komputer loading lambat, dan cara mengatasi komputer tidak bisa log on ke system. Adapun pembahasan kita kali ini adalah mengenai cara memasang 2 hardisk dalam satu komputer.

Hard disk, seperti yang kita ketahui bersama merupakan media storage atau media penyimpanan data yang memuat semua jenis file dalam sebuah komputer.

Semua file yang ada di perangkat komputer, baik itu berupa file audio, gambar, document word, dan jenis-jenis file lainnya semua itu ditampung di hard disk.

Semakin banyak file yang Anda miliki, maka semakin besar pula kapasitas hard disk yang Anda butuhkan.

Apabila Anda punya beberapa hard disk yang masih belum digunakan, tidak ada salahnya untuk Anda pasangkan dalam PC yang sebenarnya sudah memiliki hard disk.

Memasang dua hard disk dalam satu PC tentunya memberikan Anda kapasitas penyimpanan tambahan jika kapasitas hard disk yang satunya tidak cukup untuk menyimpan semua data-data penting milik Anda.

Cara Memasang 2 Hardisk di 1 Komputer


Bagi Anda yang masih belum mengerti cara untuk menggabungkan dua hard disk dalam satu komputer, berikut ini panduannya.

Caranya sangat mudah. Sekalipun bukan seorang teknisi komputer, Anda tidak akan menemukan kesulitan berarti. Ikuti saja petunjuk berikut ini.

  1. Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah meletakkan jumper hard disk yang terinstal operating system (OS) harus di set sebagai "master". 
  2. Pasangkan kabel IDE pada slot IDE1 di mainboard.
  3. Cara pemasangan jumper untuk hard disk eksternal (hard disk penyimpan data) ada tiga macam: Cara pertama; letakkan jumper pada "slave" pasangkan kabel IDE di slot IDE1 pada mother oard. Cara kedua; jumpernya master, pasangkan kabel IDE di slot IDE2 pada motherboard. Cara ketiga; jumpernya slave, pasangkan kabel IDE di slot IDE2 pada motherboard.

Apabila menggunakan hardisk jenis SATA


  • Hard disk yang terpasang OS, kabel Sata harus dipasang slot SATA pertama pada motherboard.

Nah, sangat mudah bukan?

Cara Pasang 2 Hardisk Pada 1 Komputer

Demikian cara pasang 2 hardisk dalam 1 komputer, semoga ulasan diatas bisa dipahami. Pada saat memasangkan hard disk harap diperhatikan dengan seksama, karena pemasangan yang tidak sempurna akan menyebabkan komputer gagal booting.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close