Skip to main content

Tips - Trik WhatsApp (WA) Terbaru

WhatsApp selanjutnya saya sebut WA, merupakan aplikasi sosial messaging dengan jumlah pengguna paling banyak. WA tidak hanya populer di kawasan Amerika dan Eropa, tetapi aplikasi ini bahkan sudah digunakan ratusan juta orang di Indonesia.

Pencapaian WhatsApp sebagai aplikasi chatting memang sungguh fenomenal. Bagaimana tidak, terhitung sampai hari ini saja pengguna WhatsApp sudah mencapai satu miliar lebih. Aplikasi ini tidak kalah fenomenalnya dengan situs jejaring sosial Facebook dan Twitter.

Sebagai pengguna reguler WhatsApp, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan dengan aplikasi WhatsApp. Anda mungkin ingin mengetahui fitur rahasia WA yang secara default tidak tampak oleh pengguna awam. Nah, kali ini saya akan berbagai tips-trik WA terbaru yang diharapkan berguna bagi Anda.

16 Rahasia Tips-Trik WhatsApp Terbaru


Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan pada aplikasi WhatsApp yang mungkin sebagian diantaranya belum Anda ketahui. Tentu saja, karena sejatinya aplikasi ini menyimpan banyak fitur rahasia didalamnya.

Untuk diketahui, WA tidak hanya dapat difungsikan sebagai alat komunikasi sehari-hari. Masih banyak hal-hal lainnya yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Nah dibawah ini saya rangkum kumpulan tips-trik WhatsApp terbaru yang akan membuat Anda semakin menggilai aplikasi ini.

Trik #1 - Membuat status WA hanya bisa dilihat orang tertentu


Anda mungkin gemar memasang status di WhatsApp. Jika benar demikian, mungkin ada kalanya Anda merasa status tersebut tak perlu untuk diumbar ke semua orang yang ada di daftar kontak Anda di WhatsApp. Atau mungkin saja Anda ingin agar status tersebut hanya dapat dilihat oleh orang tertentu.

Berikut adalah cara membuat status di WA hanya dilihat orang tertentu:

  • Masuk ke menu Settings > Account > Privacy > Status
  • Akan terdapat tiga opsi, yaitu:
  • 1. My contacts: Status bisa dilihat semua orang di kontak WhatsApp
  • 2. My contacts except: Terdapat orang-orang tertentu yang tak bisa melihat kontak Anda
  • 3. Only share with: Hanya orang tertentu yang bisa melihat status Anda

Trik # 2 Cara membaca chat WhatsApp tanpa diketahui pengirim


Ada diantara kita yang biasanya merasa ingin tahu apa yang dikirim teman kita tapi tidak mau pengirim tau bahwa kita telah membacanya. Tips ini sangat cocok dan mudah untuk dipraktekkan, yang perlu Anda lakukan adalah menyalakan 'flight mode' atau 'airplane mode' di smartphone.

Mode flight mode atau mode pesawat akan membuat data pada ponsel Anda off, sehingga dengan begitu Anda bisa membaca chat pengirim tanpa diketahui.

Trik #3 - Menyembunyikan foto profil WA


Anda butuh perlindungan privasi yang lebih ekstra lagi? Ada juga opsi lain untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat foto profil Anda dan last seen.

Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke Settings > Account > Privacy.
  • Akan ada beberapa pilihan menu, di antaranya:
  • 1. Last seen: info last seen Anda terlihat oleh siapa saja.
  • 2. Profile photo: opsi mengenai kemunculan foto profil Anda terlihat oleh siapa saja.

Setiap opsi yang ada adalah semua orang (Everyone), orang-orang yang ada dalam kontak Anda saja (My contacts), atau tidak satu orang pun (Nobody). Artinya, foto profil kalian bisa saja tersembunyi dari orang tertentu.

Trik #4 - Cara menggunakan WhatsApp tanpa nomor HP


Jika Anda ingin menggunakan WA tanpa nomor HP, Anda bisa mengakalinya dengan mengikuti panduannya berikut ini.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah uninstall WhatsApp lama Anda. Lalu download aplikasi WhatsApp (bukan dari Google Play ataupun Apps Store), dan aktifkan Airplane Mode. Secara otomatis ketika Anda tidak mengaktifkan nomor, WhatsApp akan mengirim alternatif untuk verifikasi, pilih opsi email lalu install Spoof Text Message untuk membuat nomor fake baru lalu kirim SMS ke +447900347295 isi country code, nomor palsu yang telah Anda buat dan email.

Trik #5 - Cara membuat WA tanpa centang biru


Normalnya satu centang abu-abu menandakan pesan sudah terkirim, dua centang abu-abu penanda pesan sudah masuk ke perangkat yang dituju, dan centang biru menginformasikan pesan sudah terbaca.

Dan sebenarnya ada cara agar chat WA tidak centang biru tidak muncul melainkan sekadar centang abu-abu saja. Simak pengaturannya berikut ini.

  • Masuk ke menu Settings > Account > Privacy.
  • Pada bagian bawah akan terdapat tulisan "Read Receipts". Hilangkan centang pada kotak di sampingnya.

Nantinya Anda bisa membaca pesan WhatsApp tanpa si pengirim mengetahuinya (menghilangkan tanda centang biru di perangkat mereka). Sebaliknya, Anda juga tidak akan mendapan penanda centang biru untuk pesan yang Anda kirimkan.

Trik #6 - Cara menggunakan font unik (lucu) di WhatsApp


Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi "Cool Fonts Application" di smartphone Android milik Anda. Setelah Anda downloa dan berhasil di install, silahkan buka aplikasi dan cari font yang Anda suka. Kemudian ketik apa yang ingin Anda tulis lalu Anda bisa import teks itu ke WhatsApp dan juga sosial media lain.

Dengan cara ini, Anda dapat mengirimkan pesan chat WA menggunakan font unik nan lucu yang tidak tersedia di menu default WhatsApp.

Trik #7 - Cek kapan pesan WA kiriman Anda dibaca


Jika centang biru menandakan bahwa pesan kiriman Anda sudah terbaca oleh orang yang Anda tuju (bukan dalam grup). Nah, ada caranya jika Anda ingin tahu persis kapan orang itu membaca pesan tersebut.

Carnya, silahkan lakukan long press (tekan+tahan cukup lama) pesan kirimanmu yang ingin Anda telusuri untuk memunculkan menu opsi di bagian atas. Klik titik tiga di pojok kanan untuk memunculkan dua pilihan lagi yaitu "Info" dan "Copy". Yang ingin Anda pilih adalah "Info".

Setelah memilih "Info", Anda akan dibawa ke halaman yang berisi informasi kapan pesan itu terkirim (Delivered/dua centang abu-abu) dan terbaca (Read/dua centang biru).

Trik #8 - Cara mengetahui siapa saja yang melihat profil WA Anda


Mungkin diluar sana banyak orang yang kepo dengan profile Anda. Dan jika Anda ingin mengetahuinya, caranya cukup mudah.

Silahkan Anda install aplikasi bernama "WhatsApp-who Viewed Me". Setelah di download, aplikasi tersebut akan memindai seluruh kontak di smartphone Anda. Setelah pemindaian selesai, aplikasi ini akan memberitahu siapa saja yang telah mengunjungi profil Anda dalam hitungan waktu 24 jam.

Trik #9 - Cara berbagi lokasi di WhatsApp


Terdapat cara agar Anda bisa berbagi lokasi dengan teman-teman Anda di grup WhatsApp atau dengan orang-orang tertentu yang Anda pilih. Anda bisa share location untuk durasi 15 menit, 1 jam, dan 8 jam.

Untuk melakukan share location di WhatsApp, Anda hanya perlu masuk ke percakapan (baik individu maupun grup) yang ingin Anda bagikan lokasinya.

Pada bagian kanan kotak tempat mengetik pesan, ada gambar paperclip yang perlu Anda klik. Akan muncul beberapa opsi tapi yang ingin Anda pilih adalah "Location" lalu kemudian "Share Live Location".

Trik #10 - Cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus


Nah, sepertinya ini adalah salah satu trik WA yang cukup dicari orang. Mereka ingin membuka isi WA yang sudah terhapus.

Bagaimana caranya?

Bagi Anda yang suka kepo dengan apa isi chat yang sudah dihapus, Anda membutuhkan trik mengembalikan pesan WA yang terhapus ini.

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah men-donwload aplikasi "Notisave" di HP Anda. Dalam aplikasi tersebut semua notifikasi yang masuk ke ponsel Anda akan tersimpan dan Anda bisa mengetahui chat apa saja yang telah terhapus.

Trik #11 - Centang 1 walau chat sudah dibaca


Untuk tujuan privasi, sepertinya banya user yang menginginkan agar pesan tetap memperlihatkan centang satu walau chat sudah dibaca.

Fitur centang dua dan biru memang ditambahkan untuk memastikan pesan telah diterima dan dibaca dengan baik. Namun, bagi Anda yang membutuhkan privasi lebih, fitur WhatsApp ini memang adanya cukup mengganggu.

Untuk menonaktifkan, Anda bisa saja membuat pengirim hanya mendapatkan centang satu walau Anda sudah membaca pesan yang telah dikirimkan tersebut.

Trik #12 - Cara mengetahui Last Seen yang disembunyikan


Ada sejumlah pengguna yang lebih memilih untuk mematikan fitur Last Seen untuk menjaga privasi agar aktivitas online mereka tidak terlihat oleh orang lain. Namun, tetap saja dengan trik WhatsApp ini Anda masih bisa melihatnya.

Yang harus Anda lakukan adalah memasang aplikasi "OnLog" dan mendaftarkan nomor WhatsApp yang ingin kamu ketahui aktivitas Last Seen-nya. Taukah Anda, bahwa sebagian hacker pemula mungkin saja menggunakan trik ini.

Trik 13 - Cara mengganti gambar background WhatsApp


Merasa jenus dengan gambar background WhatsApp yang masih itu-itu aja? Atau mau diganti dengan foto Anda sendiri supaya terlihat lebih match? Anda bisa mengganti gambar background WhatsApp supaya chat Anda menjadi semakin hidup.

Cara megganti background WA dengan gambar atau foto bisa Anda lakukan dengan cara memasang aplikasi "WhatsApp Wallpaper". Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan wallpaper high resolution (HD) dari WhatsApp. Anda juga bisa menggunakan foto secara bebas untuk Anda gunakan sebagai background WhatsApp.

Trik #14 - Cara menggunakan 2 akun WhatsApp dalam 1 HP


Apakah Anda merasa perlu untuk menggunakan dua akun WA dalam satu HP? Jika ya, Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah.

Agar Anda bisa mengaktifkan 2 WA dalam 1 HP, Anda cukup download aplikasi "OGWhatsApp", "yoWhatsApp" atau "GBWhatsApp" di smartphone Android Anda. Dengan begitu, Anda bisa memiliki dua akun WhatsApp.

Sebagai informasi, aplikasi OGWhatsApp, dkk merupakan aplikasi WhatsApp versi custom (pihak ketiga). Maksudnya, secara fungsi aplikasi ini tak ubahnya aplikasi WhatsApp (versi resmi), namun memiliki fitur tambahan yang tidak disediakan oleh WhatsApp versi official.

Trik #15 - Cara membuka WhatsApp di laptop & komputer


Cara membuka WhatsApp di laptop & komputer

Sempat bertanya dalam diri Anda, bagaimana cara membuka WA di laptop atau PC? Jika Anda tertarik, Anda bisa membuka chat WhatsApp lewat PC atau laptop dengan begitu mudah.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuka WhatsApp Web melalui link berikut: web.whatsapp.com Setelah Anda membuka tautan tersebut, nantinya akan muncul kode QR untuk Anda pindai.

Adapun cara memindainya yakni dengan membuka menu "Option WhatsApp Web" di aplikasi WhatsApp di smartphone Anda. WhatsApp Web di HP akan otomatis membuka kamera yang bertugas untuk memindai kode.

Selanjutnya Anda tinggal pindai kode pada PC dan WhatsApp Anda otomatis akan berada di komputer. Dan sebagai informasi, WhatsApp web ini mengharuskan Anda untuk tetap mengaktifkan WhatsApp di HP agar tetap bisa menjalankan WhatsApp web lewat komputer.

Trik #16 - Cara mengetahui siapa yang sering dihubungi di WhatsApp


Jika Anda mendapati ada orang terdekat Anda yang begitu sering menggunakan WhatsApp dan Anda merasa tertarik untuk mengetahui siapa yang sering chat di WhatsApp dengannya, ternyata caranya sangat mudah.

Untuk mengetahui siapa yang sering dihubungi di WhatsApp ternyata bahkan bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi lain. Anda hanya perlu masuk ke menu WhatsApp yang memang sudah tersedia secara default.

Berikut cara untuk mengetahuinya:

  • Silahkan masuk ke menu Settings
  • Pilih Data and Storage Usage
  • Pilih Storage Usage
  • Nah, disini Anda bisa melihat besaran datanya untuk megidentifikasi siapa yang sering dihubungi.

Penutup


Jika dijabarkan secara lengkap, sebenarnya banyak sekali trik WhatsApp yang sebagian darinya belum diketahui oleh pengguna awam. Dan beberapa diantaranya adalah seperti yang saya ulas diatas.

Demikianlah rangkuman tips-trik WA, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, dan semoga materi yang diluas diatas sebagian telah menjawab pertanyaan Anda mengenai fitur-fitur rahasia WhatsApp.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close