Skip to main content

Cara Mengatasi Akses Internet Aplikasi Tertentu Dibatasi di Android

Sebagian besar aplikasi yang membutuhkan koneksi data di smartphone Android milik Anda mungkin secara reguler Anda gunakan sehari-hari. Lalu, apa jadinya jika ada salah satu aplikasi yang tidak bisa dibuka karena akses internet untuk aplikasi tersebut dibatasi?

Smartphone Android sebenarnya dilengkapi dengan fitur pembatasan akses internet untuk aplikasi tertentu, termasuk aplikasi YoutTube, web peramban, game online, dan sebagainya. Dalam kasus ini, sepertinya tidak sedikit pengguna Android yang dibuat bingung karena tidak bisa membuka YouTube di Android lantaran akses internet pada YouTube dibatasi.

Meski bagi sebagian user mungkin cukup membingungkan, namun sebenarnya cara membuka aplikasi yang terkunci akses internetnya sangatlah mudah. Tidak perlu bingung, melalui artikel ini saya akan berbagi panduan cara mengatasi aplikasi yang akses internetnya diblokir oleh sistem atau futur yang terdapat dalam smartphone Android.

Cara Mengatasi Koneksi Internet Pada Aplikasi Tertentu Diblokir di HP Android


Jika Anda mendapati terdapat salah satu aplikasi di HP Android milik Anda yang tidak bisa dibuka karena akses internet dalam keadaan dibatasi, langkah yang perlu Anda ambil adalah membuka blokir akses internet untuk aplikasi tersebut.

Jika akses internet sudah diberikan untuk aplikasi tersebut, maka selanjutnya Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut seperti sediakala. Dan berikut ini silahkan disimak cara untuk membuka blokir akses internet untuk aplikasi tertentu.

  1. Silahkan Anda masuk ke menu Pengaturan / Settings.
  2. Pilih menu Data usage.
  3. Tap aplikasi yang terblokir akses internetnya.
  4. Pada bagian Mobile data / Data seluler silahkan Anda aktifkan (On).
  5. Selesai

Seperti diketahui, akses internet di HP Android bersumber dari data seluler atau mobile data dan Wi-Fi. Baik koneksi internet dari Wi-Fi ataupun dari mobile data perlu Anda aktifkan keduanya agar akses internet tetap bisa berjalan melalui jaringan apapun.

Semisal aplikasi WhatsApp pilihan datanya hanya Anda aktifkan melalui Wi-Fi, maka ketika ponsel Anda tidak terhubung dengan Wi-Fi Anda tidak akan bisa menggunakan WhatsApp, meskipun data seluler dalam kondisi hidup.

Selain untuk membuka blokir akses internet untuk aplikasi, langkah-langkah diatas juga bisa Anda guankan untuk membatasi aplikasi di Android dalam menggunakan data. Biasanya hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghemat kuota internet.

Penutup


Apakah Anda pernah menjumpai ada aplikasi yang tidak bisa dibuka karena akses internet dibatasi? Sekarang Anda tidak perlu khwatir karena Anda sudah mengetahui cara mengatasinya.

Demikian, semoga info cara mengatasi aplikasi di Android tidak bisa akses internet yang diluas dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda para pengguna smartphone berbasis Android.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close