Skip to main content

Cara Mengambil Uang di Western Union

Western Union adalah jasa pengiriman uang cepat yang saat ini sudah digunakan oleh banyak orang, mulai kalangan masyarakat umum, pebisnis, hingga blogger yang secara rutin mendapatkan penghasilan dari blog yang dikelolanya.

Proses pengiriman uang menggunakan Western Union tergolong sangat cepat. Bahkan, untuk transfer dari luar negeri saja hanya memakan waktu satu hari. Jika hari ini uang dikirim, maka uang tersebut sudah bisa diambil keesokan harinya.

Waktu pengiriman uang dari Western Union cukup cepat, bahkan pengiriman yang dilakukan dari Amerika Serikat pun akan sampai dalam kurun waktu 24 jam. Hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan transfer uang keluar negeri, ataupun menerima uang dari luar negeri.

Di Western Union Anda tidak membutuhkan nomor rekening bank, Anda tinggal menghampiri petugas dikantor Western Union atau di kantor Pos Indonesia terdekat, kasih tahu petugas bahwa Anda ingin transfer uang, serahkan uangnya, dan selesai.

Pengambilan uang di Western Union dapat dilakukan melalui agen Western Union. Agen Western Union ada banyak sekali, mulai Indomaret, Pos Indonesia, dan kantor Western Union itu sendiri.

Sayangnya, saat ini kerjasama antara Western Union dengan bank lokal masih terbatas, hanya ada beberapa bank saja yang sudah bekerjasama dengan Western Union.

Untuk mencari tahu lokasi agen Western Union ditempat Anda, silakan lakukan pengecekan dengan mengunjungi situs resmi Western Union Indonesia: www.westernunion.co.id

Cara Mengambil Kiriman Uang Lewat Western Union


Dan berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengambil uang kiriman lewat Western Union melalui kantor Pos:

  • Siapkan KTP penerima kiriman (sebagaimana tercantum pada data pengiriman).
  • Catat nomor Money Tranfer Control Number (MTCN)
  • Catat berapa jumlah uang yang dikirim
  • Catat nama dan alamat lengkap pengirim
  • Datanglah ke kantor Pos terdekat, kemudian minta P.O pengambilan uang kepada petugas/kasir.
  • Isilah P.O tadi dengan detail sebagaimana yang saya sebutkan diatas.
  • Serahkan P.O yang sudah Anda isi kepada petugas/kasir, dan tunggu selama beberapa menit. 
  • Jika kebetulan dikantor Pos tidak banyak orang, Anda tentunya tidak perlu mengunggu terlalu lama, dan jika sedang antrian panjang maka Anda harus bersedia sedikit bersabar.

Contoh Form Pengambilan Uang di Western Union
Contoh Form Pengambilan Uang di Western Union

Cara mengambil uang di Western Union melalui kantor Pos maupun melalui agen-agen Western Union lainnya secara teknis tidak ada perbedaan. Prosedurnya sama saja, yang penting Anda sudah menyediakan semua berkas yang saya sebutkan diatas.

Apakah mengambil uang di Western Union dikenakan biaya administrasi? 


Anda hanya perlu membayar materai Rp 3000 untuk nilai transfer diatas Rp 1.000.000, dan kurang dari Rp 3.000.000. Sementara untuk nilai transfer diatas 3.000.000 dikenakan biaya materai Rp 6.000. Selain biaya materai, tidak ada biaya administrasi apapun.

Apakah pengambilan uang di Western Union bisa diwakilkan? 


Sebenarnya tidak bisa, namun dibeberapa tempat hal ini memungkinkan. Berbeda agen biasanya berbeda kebijakan. Dan jika Anda menggunakan agen POS Indonesia, sebagian besar POS Indonesia tidak membolehkan adanya pemakilan, terkecuali Anda membuat surat kuasa untuk pengambilan uang tersebut.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close