Skip to main content

7 Dampak Negatif Media Sosial Saat Menggunakannya Secara Berlebihan

Tidak bisa dipungkiri lagi penggunaan media sosial terutama di Indonesi sudah tidak dapat dihitung lagi jumlah penggunanya. Baik itu dari kalangan remaja, orang tua, atau bahkan anak yang masih sekolah tingkat dasar sekalipun sudah memiliki media sosial. Tujuan penggunakannya memang berbeda beda mulai untuk media berbisnis maupun hanya sebatas agar terhubung dengan teman.

Tiap hari tidak bisa kalau tanpa media sosial, mungkin itulah kalimat yang tepat dan menjadi motto bagi para kaum millennial sehari – harinya. Dengan menggunakan gadget di tangan, anda sudah mampu berinteraksi dengan seluruh orang yang ada di berbagai daerah bahakn di dunia sekalipun untuk mendapatkan informasi dari media sosia. Dari banyaknya manfaat penggunaan media sosia, ternyata juga ada beberapa nilai negatif yang dirasakan ketika anda berlebihan dalam bermain media sosial.

Media sosial mulai dari facebook, twitter, instagram atau yang lain sebagainya memang memiliki segudang manfaat apabila dilihat secara kasat mata. Akan tetapi apabila anda menggunakannya terlalu sering akan membuat anda serta masyarakat lain di era modern ini justru akan semakin ketagihan dan tidak dapat dipisahkan dengan namanya penggunaan media sosial di masing – masing gadget mereka. Saat ini media sosial seakan – akan telah menjadi suatu kebutuhan yang wajib dipenuhi dan diaktifkan setiap harinya tanpa mengenal waktu. Dari adanya ketergantungan itulah yang sebenarnya justru segera disadari oleh para pengguna aktif dari media sosial.

7 Dampak Negatif Menggunakan Media Sosial Secara Berlebihan


1. Menimbulkan Perasaan Iri

Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial adalah da[at membuat anda timbul perasaan iri terhadap orang lain. Dengan melihat teman – teman atau artis – artis yang memiliki kekayaan atau harta yang dipamerkan di  media sosial terkadang justru mejadikan masalah tersendiri. Kemungkinan yang terjadi adalah anda akan merasa iri dengan kehidupan mereka yang glamor atau iri dengan kisah dalam keseharian mereka yang berlibur ke luar kota atau ke luar negeri. Apabila anda tidak mampu untuk menjaga intensitas dalam menggunakan media sosial, maka yang terjadi justru anda akan terjebak dengan perasaan iri setelah melihat kegiatan di timeline media sosial orang lain.

2. Selalu Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Menurut laporan dari dailymail yaitu satu dari lima orang yang menggunakan atau memiliki akun media sosial pasti akan membandingkan antara dirinya dengan apa yang terjadi pada orang lain. Lantas apa akibatnya apabila anda sering dalam membanding – bandingkan diri anda sendiri dengan orang lain? Yang terjadi adalah anda akan tidak pernah merasa bersyukur dan puas terhadap dari apa yang telah anda miliki. Sehingga pada akhirnya, anda justru akan fokus pada pencapaian milik dari orang lain bukan fokus kepada apa yang ada pada diri anda.

3. Meningkatkan Kegelisahan

Seorang penulis buku yang bernama Bbi Deitz, dimana ia pernah berkata bahwa apabila terlalu sering menggunakan media sosial akan menimbulkan timbulnya rasa cemas adan juga ketagihan. Apabila melihat hidup dari orang lain lewat media sosial, justru anda akan cenderung membanding – bandingkan diri anda sendiri dengan orang lain sehingga yang terjadi adalah anda akan merasa gelisah dan takut.

Selain itu salah satu efek yang paling menakutkan dari adanya rasa gelisah yaitu anda sampai tidak dapat membedakan atau membandingkan antara orang tua satu dengan orang lainnya. sehingga satu – satunya cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan adanya rasa gelisah tersebut yaitu dengan cara mengurangi dari penggunaan media sosial yang berlebihan.

4. Terlalu Berlebihan Menganalisis Setiap Hal

Dampak negatif laiinya yang ditimbulkan akibat penggunaan media sosial yang berlebihan adalah anda akan selalu menganalisis dalam setiap hal. Misalnya saja ketika ada sahabat anda yang sedang mem – posting foto bersama teman – temannya yang lain dan mengunggah di Instagram dengan menggunakan caption yang manis. Tetapi anda tidak ada di dalam fot tersebut, mungkin anda akan bertanya – tanya kenapa sahabat anda justru lebih memilih untuk mengunggah foto dengan teman – teman lainnya dibandingan dengan anda yang sebagai sahabatnya.

Kemudian otak anda akan mulai menganalisa  secara berlebihan yang sebenarnya hal tersebut tidak perlu untuk anda lakukan. Cuma hanya karena saudara anda mem – posting foto bersama teman – teman anda yang lainnya, bukan berarti dia akan memutuskan hubungan persahabatan antara anda dengan mereka bukan?

5. Kecanduan dan Tidak Mengenal Waktu

Bagi orang yang sudah merasa asyik dengan bermain media sosial dan susah lepas untuk dihentikan. Terutama bagi anda yang memasuki usia remaja dimana anda belum bisa memprioritaskan mana yang harus anda kerjakan mana hal yang tidak perlu anda kerjakan. Dengan adanya media sosial, anda akan mudah tercandu dengan keseruan dari aplikasi – aplikasi media sosial hingga anda lupa dengan waktu yang terus berjalan. Sehingga dengan demikian anda juga akan lupa untuk mengerjakan hal – hal yang sebenarnya penting justru anda lebih memilih mengisi waktu anda dengan bermain media sosial secara terus menerus.

6. Tidak Peduli dengan Sekitar

Dampak negatif lain yang didapatkan dari penggunaan media sosial tanpa mengenal waktu adalah tidak peduli lagi dengan kondisi keadaan sekitar. Kebanyak bagi orang yang telah merasakan asyiknya menggunakan media sosial dapat membuat orang tersebut tidak peduli lagi dengan lingkungan sekitar, baik itu kepada saudara, orang tua atau teman anda bahkan pada diri anda sendiri. Anda menjadi tidak peduli lagi dengan orang tua anda yang sedang repot dan membutuhkan bantuan dari anda, tidak peduli lagi lantai rumah yang sedang kotor dan harus dibersihkan, atau bahkan tidak peduli lagi apakah anda telah menjalankan ibadah sholat atau belum, serta masih banyak kegiatan – kegiatan wajib lainnya yang terlalaikan. Hal tersebut dapat terjadi hanya karena anda terlalu asyik dengan kegiatan maya anda yaitu bermain media sosial.

7. Batas Antara Privasi  dan Sosial Mengabur

Tidak semua masalah yang sedang anda hadapi harus ditulis dan di unggah  di media sosial. Baik itu masalah keluarga atau masalah pribadi sebaiknya tidak seharusnya ditulis di dalam media sosial, apalagi ketika berhungan dengan aib seseorang atau diri sendiri. Salah satu dampak negatif dari menggunakan media sosial secara berlebihan adalah akhir nya anda justru akan menumpahkan semua masalah anda ke dalam media sosia. Dan hasilnya justru karena tindakan anda yang salah aib kelurga atau pribadi anda sendiri yang seharusnya bukan konsumsi publik akhirnya tersebar dan semua orang dapat melihatnya.

7 Dampak Negatif Media Sosial Secara Berlebihan

Membatasi dari penggunaan media sosial memang harus segera anda lakukan. Selain untuk meningkatkan produktivitas anda, selain itu anda juga dapat terhindar dari dampak – dampak negatif dari penggunaan media sosial yang berlebihan tersebut. Jangan sampai kebahagiaan anda di dunia nyata justru akan terganggu akibat dari penggunaan media sosial.

Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close