Skip to main content

5 Tips Memilih Tablet PC Berkualitas dan Sesuai Kebutuhan

Tablet PC atau yang sebagian orang menyebutnya sebagai iPad (sebenarnya iPad adalah produk tablet PC produksi Apple) adalah tipe gadget masa kini yang belakangan ini menjelma sebagai salah satu jenis gadget yang cukup diminati.

Mobilitas tinggi degan dukungan fitur yang lengkap menjadikan tipe gawai yang satu ini semakin disukai oleh banyak orang, mulai kalangan remaja, pelajar, hingga pebisnis.

Harga tablet PC sendiri cukup bervariasi. Bergantung pada brand, spesifikasi serta fitur yang ditawarkan, harga tablet dipatok mulai dari kisaran 500 ribuan hingga berjuta-juta. Android sendiri merupakan platform mobile terbesar pada masa sekarang ini yang banyak diaplikasikan pada sebagian besar perangkat tablet PC.

Tak berbeda jauh dengan jenis perangkat elektronik berbasis komputer lainnya, membeli tablet PC juga harus jelih dan teliti agar bisa mendapatkan tipe yang sesuai dengan tingkat kebutuhan Anda. Banyaknya seri yang beredar dari bermacam pabrikan tentunya menyisakan kelebihan dan kekurangan tersendiri.

5 Tips Memilih Tablet PC yang Berkualitas


Bagaimana cara mengetahui kualitas tablet PC dan juga benar-benar cocok untuk Anda? Berikut ini beberapa 5 tips untuk membeli tablet PC berkualitas meskipun dengan budget yang tergolong rendah.

Agar tidak kecewa dikemudian hari, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum Anda mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli komputer tablet.

1. Brand


Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pilihlah tablet pc dari brand yang sudah dikenal. Hal ini bukan berarti bahwa tablet pc dari vendor non-kenamaan tidak berkualitas, namun langkah ini diambil sebagai upaya untuk menghindarkan Anda dari potensi mengalami kerugian akibat berspekulasi memilih tablet pc yang belum teruji kualitasnya.

2. Tipe


Jangan hanya bergantung pada brand semata. Pastikan Anda juga memilih seri terbaik yang sudah teruji dan telah mendapatkan apresiasi dari kalangan pengguna. Carilah review produk yang ingin Anda beli sebelum memutuskan untuk memilih tablet pc tersebut.

3. Spesifikasi


Spesifikasi perangka keras (hardware) sangat menentukan sejauh mana performa tablet pc tersebut dapat diandalkan. Agar kinerja tablet pc yang akan Anda beli cukup maksimal pilihlah tablet pc dengan kapasiatas RAM minimal 512 MB, dan speed processor minimal 1 Ghz.

4. Garansi


Untuk menghindari kerugian dikemudian hari, Anda perlu memilih tablet PC yang memiliki masa garansi, sehingga jika barang rusak dengan lebih cepat, Anda dapat megajukan garansi. Standar masa garansi adalah 1 tahun.

5. Harga


5 Tips Memilih Tablet PC Berkualitas dan Sesuai Kebutuhan
Ilustrasi memilih tablet PC berkualitas

Harga mahal bukan berarti tablet pc tersebut cocok untuk Anda. Bergantung pada kebutuhan Anda, harga tablet pc yang dibandrol relatif mahal tidak selalu sesuai dengan tingkat keperluan Anda. Sebuah gambaran, jika Anda ingin membeli tablet pc untuk bermain game, maka tekankan pada spesifikasi speed processor dan RAM, dan bukan memilih tablet pc yang memiliki resolusi kamera tinggi.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close