Skip to main content

Syarat Pengajuan Kredit Motor dan Mobil

Membeli secara mengangsur atau kredit merupakan salah satu cara bagi sebagian orang untuk dapat memiliki kendaraan impiannya, baik itu berupa mobil maupun motor. Membeli secara kredit sebenarnya menyisakan kerugian dipihak debitur (orang yang mengkredit) karena jika ditotal harganya akan naik berlipat-lipat. Namun, opsi membeli kendaraan secara kredit bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki penghasilan tetap dan tidak ingin menunggu terlalu lama untuk segera memiliki kendaraan impian Anda.

Persyaratan Kredit Mobil dan Motor


Untuk dapat mengajukan kredit kendaraan baik roda dua maupun roda empat, ada beberapa berkas persyaratan yang haru dipenuhi calon debitur. Tentu saja perusahaan leasing atau pembiayaan kendaraan dalam hal ini tidak ingin mengambil resiko dengan memberikan kredit secara asal-asalan. Ada prosedur dan mekanismenya yang harus disetujui oleh kedua belah pihak (kreditur dan debitur). Lalu apa saja syarat kredit kendaraan yang harus dipenuhi? Berikut ini uraiannya.


Syarat Kredit Mobil Bekas


  1. Pilih mobil bekas yang kamu suka. Carilah langsung pemilik mobil tersebut, jika kamu memang benar-benar tertarik untuk membeli mobilnya secara kredit. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan harga tak terlalu mahal dibandingkan di showroom/dealer.
  2. Cari leasing terbaik. Setelah berhasil mencapai kata sepakat dengan sang pemilik mobil tersebut. Kamu sebaiknya segera mencari pihak leasing yang sudah anda kenal baik teman maupun saudara. Tujuannya supaya kamu mengetahui anggsuran dan uang muka mobil bekas tersebut.
  3. Pengajuan kredit. Selanjutnya, siapkan dokumen-dokumen seperti fotocopy KTP, KK, slip gaji, surat kepemilikan rumah dan fotocopy tabungan.

Jika syarat kredit mobil bekas diatas sudah terpenuhi semua, tinggal menyetujui biaya angsuran kredit yang diminta oleh pihak leasing.

Namun, bagaimana dengan proses kredit mobil baru? Apakah syarat pengajuan kreditnya tetap sama?

Proses Kredit Mobil Baru


  1. Pemesanan kendaraan, pertama kamu akan mengisi surat pemesanan kendaraan yang berisi identitas diri pembeli dan mobil apa yang ingin diambil seperti warna, tahun pembuatan, tipe hingga uang booking.
  2. Verifikasi identitas diri, setidaknya proses ini akan memakan waktu 2-3 hari kerja.
  3. Pembayaran uang muka, anda harus membayar uang muka sebesar nominal yang sudah disepakati.
  4. Pengiriman mobil, setelah melakukan pembayaran uang muka, marketing akan memproses administrasi a Jika mobil yang kamu beli tersedia, maka pengiriman mobil ke rumah biasanya memakan waktu 4 - 8 hari.

Syarat Kredit Motor


Adapun persyaratan untuk kredit motor secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan fotokopi KTP
  2. Fotokopi suami/istri (jika sudah menikah)
  3. Fotokopi KK
  4. Bukti penghasilan (tidak mutlak diwajibkan)

Syarat Pengajuan Kredit Motor dan Mobil

Jika peryaratan seperti tersebut diatas sudah disipakan, Anda tinggal mendatangi dealer atau perusahaan leasing terdekat - sampaikan maksud Anda, setelah semua dokumen diatas Anda serahkan, selanjutnya perusahaan leasing akan melakukan survei ke rumah Anda. 


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close