Daftar Rincian Biaya Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit pastinya menawarkan fleksibilitas bagi penggunanya. Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak di dompet Anda. Cukup dengan berbekal kartu kredit, segalanya bisa Anda beli dengan begitu mudah. Namun, dibalik kemudahan tersebut tentunya ada aspek lain yang juga cukup penting untuk dipikirkan, yakni beban biaya dari kartu kredit tersebut. Nah, berikut ini saya rincikan apa saja biaya-biaya kartu kredit yang perlu diketahui.

1. Biaya Tahunan


Biaya tahunan dibebankan ke dalam tagihan pertama saat Anda menggunakan kartu kredit. Kemudian, dibayar ketika Anda telah menggunakan kartu kredit selama 1 tahun. Biaya ini berbeda untuk setiap jenis kartu, seperti classic, gold, platinum, dan seterusnya. Besaran biaya tahunan yang dikenakan pun berbeda-beda tergantung bank yang menerbitkannya.

2. Biaya Materai


Saat batas tertentu pemakaian kartu kredit, Anda akan dikenai biaya materai. Nilainya sekitar Rp3.000,00 atau Rp6.000,00, tergantung jumlah pembayaran tagihan yang diminta bank. Terlihat sepele, namun ada baiknya untuk disiapkan ya!

3. Biaya Keterlambatan


Biaya keterlambatan dikenakan jika Anda terlambat melakukan pembayaran sesuai batas waktu yang telah ditetapkan. Biasanya, sekitar 3% dari total tagihan. Namun, beberapa penerbit kartu kredit ada yang menetapkannya dengan batas maksimum.

4. Biaya Bunga


Saat Anda membeli sebuah barang dengan sistem kredit, biasanya bank akan mengenakan sistem bunga. Batasan biaya bunga kartu kredit ini diatur oleh Bank Indonesia dengan jumlah yang bisa berubah mengikuti kebijakan yang dikeluarkan. Besaran bunga maksimum pada Desember 2014 adalah 2,95% per bulan atau 35,40% per tahun.

5. Biaya Over Limit (Kelebihan Pemakaian)


Apabila pemakaian kartu kredit yang Anda miliki melebihi batas limit yang sudah diberikan, Anda biasanya akan didenda dengan biaya tambahan.

6. Biaya Tarik Tunai


Jika menarik uang tunai dengan kartu kredit, biasanya Anda akan dikenakan bunga antara 3-6% dari jumlah uang yang ditarik. Besar kecilnya bunga tergantung dari bank yang memberikan. Jika sering menggunakan fasilitas ini, sebaiknya Anda memilih bank dengan bunga tarik tunai yang lebih rendah.

7. Biaya Konversi Mata Uang Asing


Jika Anda memiliki hobi jalan-jalan atau urusan bisnis ke luar negeri, pengunaan kartu kredit sering menarik biaya untuk konversi mata uang asing. Hal yang sama pun berlaku jika Anda melakukan belanja online di situs luar negeri.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Kadangkala, kartu kredit juga menyediakan kemudahan untuk bertransaksi di luar negeri. Bisa jadi kartu kredit Anda menawarkan nilai tukar mata uang dengan nilai yang bersaing. Sehingga, Anda tidak mengalami kerugian. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu promosi yang berhubungan dengan biaya ini.

8. Biaya Keterlambatan Membayar Tagihan


Jika Anda terlambat membayar tagihan, Anda akan dikenakan denda sebanyak 3% dari jumlah total tagihan. Jadi, pastikan untuk tidak telat dalam bayar tagihan.

9. Biaya untuk Salinan Tagihan


Salinan tagihan pun menjadi beban yang perlu Anda bayar. Besarannya sekitar Rp5.000,00-Rp35.000,00. Itu pun tergantung jenis kartu kredit Anda. Untuk menyiasatinya, Anda dapat meminta salinan tagihan melalui surel (email).

10. Biaya Penggantian Kartu


Jika kartu Anda hilang atau rusak, anda harus membayar biaya pergantian kartu baru. Tentunya, harganya tergantung kebijakan masing-masing bank.

11. Biaya Pembatalan Cicilan


Biaya ini dikenakan bila Anda melakukan pelunasan awal transaksi cicilan sebelum jangka waktu cicilan berakhir. Besar biaya ini juga berbeda untuk masing-masing penerbit kartu. Berkisar antara Rp200.000,00-Rp250.000,00.

12. Biaya Pengembalian Cek/Giro


Daftar Rincian Biaya Kartu Kredit

Biaya ini dikenakan pada Anda jika Anda membayar tagihan kartu kredit dengan cek/giro yang harus diproses melalui kliring. Biasanya, biaya kurang lebih Rp25.000,00.

Penutup


Dengan sudah mengetahui apa saja biaya yang dikenakan pada kartu kredit, selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan dengan bijak untuk memiliki atau memperpanjangnya. Hitunglah biaya-biaya tagihan kartu kredit tersebut apakah sebanding dengan keuntungan yang bisa Anda dapat.
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Daftar Rincian Biaya Kartu Kredit
Ditulis Oleh: Luki H.

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Daftar Rincian Biaya Kartu Kredit ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Daftar Rincian Biaya Kartu Kredit"

Posting Komentar

close