Bahaya MSG Terhadap Kesehatan Tubuh

Buat anda yang suka dan hobi mengkonsumsi mie instan atau makanan – makanan instan tentu sudah akrab anda dengan namanya MSG atau singkatan dari Monosodium Glutamate. Dimana zat kimia tersebut sengaja diberikan pada makanan untuk meningkatkan dan memperkuat rasa agar lebih sedap dan tajam sehingga siapa yang memakannya akan berkeinginan untuk memakannya kembali.

Saat ini banyak sekali makan yang beragam sekali bentuknya, baik itu dari warna atau rasanya. Dari produsen makanan yang berskala kecil hingga produsen yang berskala nasional bahkan internasional akan berlomba – lomba untuk menciptakan jenis makanan dengan jenis dan rasa makanan yang mampu membuat pembeli atau konsumennya tergiur dan merasa ketagihan dengan produk yang dikeluarkannya. Selain makanan juga terdapat minum – minuman dengan aneka rasa yang beragam, selain itu juga camilan atau snack dengan sejuta rasa dan warna yang pamerkan tentunya untuk memikat dan membuat daya tarik tersendiri bagi pada konsumen. Namun apakah anda mengetahui sebelumnya bahwa di balik itu semua ternyata makanan – makanan dan minuman terutama olahan instan menyimpan banyak sekali dampak buruk untuk kesehatan tubuh kita ketika dikonsumsi dalam jangka waktu yang sering.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pada dasarnya hampir semua orang banyak yang menyukai makanan  atau olahan masakan yang enak, sehingga karena banyak orang yeng menginginkan rasa makanannya enak menjadikan orang – orang pula menambahkan sesuatu yang dapat membuat masakan atau makanan yang dibuat menjadi lebih lezat dan nikmat dan ditambahkan lah suatu zat yang disebut MSG. Banyak dari kalangan ibu rumah tangga pula yang menggunakan bahan penyedap buatan ini diantaranya adalah ajinomoto, royko, masako dan produk – produk penyedap makanan lainnya yang banyak terjual di pasar. Meraka akan beranggapan apabila ditambah dengan MSG maka olahan masakan yang dibuat akan lebih terasa nikmat dan anggota keluarga akan banyak yang menyukainya.

Namun tanpa kita sadari pula, ternyata di balik masakan atau makanan – makanan yang siap saji yang mengandung MSG di dalamnya memiliki dampak negatif terutama adalah bagi kesehatan tubuh anda apalagi bagi para konsumsi yang mengkonsumsi dalam jangka yang sering dan banyak.

Bahaya MSG Terhadap Kesehatan Tubuh


  • Menyebabkan Kegemukan

Adanya rasa penguat yang terkadung di dalam MSG akan mampu mengakibatkan efek candu bagi para konsumen yang mengkonsumsinya. Dimana konsumen akan dibuat ketagihan atau keinginan untuk mengkonsumsinya secara terus menerus terhadap masakan atau makanan yang di dalamnya mengandung MSG. Dalam suatu penelitian yang telah melibatkan 756 orang sehat dengan usia antara 40 hingga 59 tahun di sebuah desa daerah Cina. Dan orang – orang tersebut diminta untuk memakan makanan komersial yang mengandung MSG dan sebagian pula diminta makan makanan yang di dalamnya tidak mengandung MSG atau makanan sehat. Meraka akan beraktifitas seperti biasanya dan hasil yang diperoleh adalah orang – orang yang makan makanan yang di dalamnya terkandung MSG memiliki indeks berat badan yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan MSG di dalamnya.

  • Menyebabkan Kerusakan Otak

Ketika dalam taraf yang sudah parah, mengkonsumsi MSG secara berlebihan mampu mengakibatkan terjadinya kerusakan otak, hal ini karena adanya kandungan kimia yang berdapat di dalam MSG memang disusun sedemikian rupa sehingga mampu merangsang otak untuk mengirimkan sinyal nafsu makan kepada tubuh anda. Namun pada dasarnya MSG merupakan suatu penguat rasa yang dapat merangsang kinerja dari otak untuk merespon nasfu makan anda. apabila anda makan MSG dengan terus – menerus dan dalam jangka waktu yang lama, dapat anda bayangkan bahwa otak anda juga akan terpacu secara berlebihan terutama adalah bagian otak yang bertugas dalam mengendalikan nafsu makan anda.

  • Pengaruh Pada Hati

Jika anda terlalu banyak dan sering mengkonsumsi MSG juga mampu mengakibatkan terjadinya gangguan terhadap fungsi dari organ pencernaan dan salah satunya adalah organ hati. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa zat MSG mampu merangsang tubuh anda untuk terus – menerus merasakan rasa lapar. Hal tersebut pada gilirannya akan dapat memaksa hati anda untuk bekerja dengan ritme yang cepat atau tidak wajar. Sehingga apabila kondisi tersebut dibiarkan secara terus – menerus, bisa jadi dalam waktu yang singkat hati anda akan mengalami suatu gangguan berupa peradangan.

  • Menurunkan Kualitas Kecerdasan

Bagi anak – anak yang sudah terbiasa dengan makan – makanan yang mengandung MSG akan lebih banyak beresiko mengalami kemunduran dalam berfikir, selain itu juga memperlambat otak anda untuk menangkap informasi yang berasal dari luar tubuh. Bahaya dari MSG ini bagi kesehatan pada jaringan otak adalah yang paling sering dialami pada anak – anak berupa keterlambatan dalam hal motorik gerak dan mampu menurunkan intelektual kecerdasan pada anak.

  • Gangguan Jantung

Zat yang terkandung di dalam MSG dapat mencemari organ jantung serta mengganggu dalam kinerja jantung yaitu berupa detak jantung anda akan cepat dan menjadi tidak beraturan, terkadang sangat cepat tapi tiba – tiba berubah sangat lambat. Adanya bahaya MSG bagi kesehatan jantung anda yang paling sering terjadi dan menyeramkan bagi manusia yang diakibatkan oleh pengkonsumsian MSG yang berlebihan yaitu timbulnya rasa nyeri pada bagian dada yang muncul secara tiba – tiba dan mampu mengakibatkan tekanan darah anda mudah untuk naik akibat adanya penyumbatan MSG pada bagian arteri sekitar jantung.

Dampak Jangka Pendek Mengkonsumsi MSG

Namun adapula dampak negatif yang dirasakan dalam jangka pendek ketika mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG di dalamnya, diantaranya adalah :

  • Sakit Kepala
  • Keringat Berlebihan
  • Wajah terasa lebih kaku
  • Mati rasa, terasa kesemutan dan juga akan timbul rasa terbakar terutama pada area wajah, leher dan area lainnya
  • Detak jantung berdetak dengan lebih kencang
  • Sakit pada bagian dada
  • Perut terasa mual
  • Kesulitan dalam bernafas
  • Mudah mengantuk

Dimana efek bahaya dari penyedap rasa MSG yang sudah dijelaskan di atas hanya dalam jangka waktu yang pendek atau singkat. Sehingga artinya adalah, penyedap rasa pada makanan atau MSG yang anda konsumsi secara langsung dalam membuat anda akan merasakan rasa mual dengan seketika setelah anda mengkonsumsi makanan yang mengandung penyedap rasa atau MSG yang ada di dalamnya.

Bahaya MSG Terhadap Kesehatan Tubuh

Penyedap rasa makanan atau sering dikenal dengan MSG memang mampu membuat masakan atau makanan anda menjadi lebih nikmat dan lezat bila dibandingkan dengan makanan yang tidak mengandung MSG di dalamnya. Namun ternyata di balik kenikmatan serta kelezatan makanan tersebut ternyata terdapat bahan atau zat yang mengakibatkan penyakit pada tubuh anda, meskipun ada pula yang berpendapat bahwa MSG masih aman apabila dikonsumsi dengan jumlah yang sedikit dan tidak terus – menerus. Namun, lebih banyak lagi  penelitian – penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi MSG dirasa sangat membahayakan tubuh anda, selain itu juga bagi ibu yang sedang mengandung atau anak – anak. Oleh karena itu sebisa mungkin anda untuk lebih berhati – hati dalam memilih makanan yang masuk di dalam perut anda.
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Bahaya MSG Terhadap Kesehatan Tubuh
Ditulis Oleh: Luki H.

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Bahaya MSG Terhadap Kesehatan Tubuh ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Bahaya MSG Terhadap Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

close