Contoh Penggunaan Air Oleh Manusia

Kehidupan di alam semesta dan beserta isinya tidak lepas dari keberadaan air. Air memiliki banyak fungsi dan manfaat baik untuk tumbuhan, hewan, maupun untuk manusia. Keberadaan air mencerminkan adanya kehidupan di bumi yang sungguh luas dan berisi ini.

Fungsi air yang paling utama adalah untuk menjaga kelangsungan hidup makhluk adalah sebagai pengisi cairan di dalam tubuh. Maka dari itulah makhluk hidup meminum air. Bahkan makhluk hidup tidak akan tahan tanpa minum hanya dalam beberapa hari saja. Selain digunakan untuk minum, air juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan- kepentingan yang lainnya. Jika kita membicarakan mengenai kebermanfaatan dari air ini maka tidak akan ada habisnya. Hal ini karena air memang sangat dibutuhkan dan sangat penting di bumi.

Kegunaan Air Untuk Manusia


Berikut ini adalah beberapa contoh kegunaan air untuk manusia:

1. Untuk Kebutuhan Minuman
Manusia menggunakan air enam kali lebih banyak hari ini dibanding 100 tahun yang lalu. Orang yang tinggal di negara-negara maju menggunakan proporsi air yang jauh lebih besar daripada daripada orang yang tinggal di negara-negara berkembang. Untuk apa mereka menggunakan air sebyak itu?

2. Untuk Keperluan Pertanian
Beberapa petani di dunia masih bertani tanpa irigasi dengan memilih tanaman yang sesuai dengan jumlah hujan yang jatuh di daerah mereka. Tetapi beberapa bagian dari mungkin mengalami musin hujan dan sebagin lainnya mengalami musim kemarau. Bagi petani agar dapat menanam pada saat musim kemarau mereka harus menggunakan irigasi.

3. Untuk Keperluan Industri
Penggunaan air untuk industri menyumbang sekitar 15 persen dari penggunaan air di seluruh dunia, dengan persentase yang jauh lebih besar di negara-negara maju. Air yang digunakan untuk industri meliputi pembangkit listrik yang menggunakan air untuk mendinginkan peralatan dan kilang minyak yang menggunakan air untuk proses kimia.

4. Untuk Kebutuhan Rumah Tangga
Pikirkan tentang semua cara yang Anda lakukan untuk menghabiskan air. Anda perlu minum, memasak, mandi, menyiram taman, atau menyiram ke toilet. Di negara maju, orang menggunakan banyak air, sementara di negara-negara kurang berkembang orang menggunakan lebih sedikit. Secara global, penggunaan air untuk rumah tangga atau pribadi diperkirakan mencapai 15 persen dari penggunaan air di seluruh dunia.

5. Untuk Keperluan Rekreasi
Orang suka menggunakan air untuk berenang, memancing, berperahu, arung jeram, dan aktivitas lainnya. Bahkan kegiatan seperti golf membutuhkan banyak air untuk membuat rumput di lapangan hijau. Meskipun demikian, penggunaan air untuk rekreasi kurang dari 1 persen dari semua air yang kita gunakan.

6. Untuk Kegunaan Dalam Lingkungan
Penggunaan air oleh lingkungan termasuk membuat habitat satwa liar. Danau yang dibangun untuk membuat tempat untuk ikan dan burung air. Sebagian besar menggunakan lingkungan yang non-konsumtif dan dengan persentase yang lebih kecil dibanding penggunaan air untuk rekreasi. Kekurangan air ini adalah penyebab utama hilangnya keanekaragaman hayati secara global.

Contoh Penggunaan Air Oleh Manusia
Gambar ilustrasi - Sejuta manfaat air untuk manusia

7. Untuk Keperluan Keamanan / Penyelematan
Air merupakan salah satu benda yang sarat akan kegunaan dan manfaat. Kegunaan air lainnya adalah untuk kebutuhan keamanan atau keselamatan, misalkan untuk memadamkan kebakaran. Dengan adanya air dalam intensistas tertentu kebakaran besar akhirnya dapat dihentikan.

Baca: Ciri ciri Reaksi Kimia

Nah itulah beberapa penggunaan air oleh manusia. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kalian. Dan ternyata sungguh luar biasa manfaat air untuk kehidupan ummat manusia di seluruh penjuru bumi.


0 comments

Post a Comment