Badan Golgi: Pengertian, Struktur, dan Fungsi Badan Golgi

Badan Golgi dikenal juga sebagai kompleks Golgi, aparatus Golgi adalah organel yang terdiri dari cisternae. Cisternae merupakan struktur tumpukan terikat membran. Aparatus Golgi menerima protein dari retikulum endoplasma, yang kemudian dikemas dan diangkut ke berbagai lokasi di dalam atau di luar sel. Selain itu badan golgi juga berfungsi jawab untuk mengangkut lipid dalam sel.

Badan golgi memiliki peran sebagai pusat produksi, pergudangan, penyortiran, dan pengiriman produk sel. Materi dalam vesikula transpor dari RE akan diterima oleh badan golgi untuk dimodifikasi, disimpan, lalu dikirim ke permukaan sel atau untuk tujuan lain.

Badan golgi tumbuhan disebut diktiosom. Sel hewan memiliki 10-20 badan golgi, sementara sel tumbuhan mengandung ratusan badan golgi. Di dalam sel-sel sekretori seperti pada kelenjar pencernaan dan kelenjar air mata, terdapat badan golgi dengan jumlah yang lebih banyak.

Pengertian Badan Golgi


Badan golgi adalah suatu organel terbesar yang terdapat pada sitoplasma. Badan Golgi mempunyai bentuk kantung pipih yang bertumpuk serta tersusun dari ukuran besar sampai kecil (memiliki panjang sekitar 1 hingga 3 mikrometer dan lebar 0,5 mikrometer) serta terikat oleh membran.

Bentuk badan golgi yang terdapat pada sel hewan dan juga sel tumbuhan relatif punya bentuk yang sama. Badan golgi tersebar diseluruh sitoplasma dan berhubungan satu sama lain sehingga badan golgi membentuk struktur kompleks seperti jala.

Fungsi badan golgi adalah sebagai tempat mengubah enzim dari bentuk yang tidak aktif ke bentuk yang aktif. Badan golgi juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai tempat penyimpanan sementara protein dan zat lainnya yang berasal dari Retikulum Endoplasma.

Zat-zat tersebut dibungkus dalam vesikel atau kantong membran, kemudian mengirimnya ke membran plasma. Selain itu, badan golgi juga memiliki tanggung jawab dalam pembentukan lisosom.

Struktur Badan Golgi


Struktur Badan Golgi

Struktur badan Golgi adalah berupa berkas kantung yang berbentuk seperti cakram yang bercabang serta menjadi serangkaian pembuluh kecil di ujungnya. Hal ini karena badan golgi mempunyai hubungan erat dengan fungsi pengeluaran sel, pembuluh membungkus dan mengumpulkan karbohidrat serta zat lainnya untuk diangkut ke permukaan sel. Pembuluh tersebut menyumbang bahan-bahan yang berguna untuk pembentukan dinding sel.

Badan golgi dibangun oleh membran yang mempunyai bentuk vesikula dan tubulus. Dari tubulus tersebut kemudian dilepaskan kantung-kantung berukuran kecil yang berisi bahan-bahan yang dibutuhkan seperti enzim–enzim pembentuk dinding sel.

Pengertian badan golgi merupakan bagian sel yang hampir mirip dengan Retikulum Endoplasma. Hanya saja, badan golgi sendiri terdiri dari berlapis ruangan yang ditutupi oleh membran. Badan golgi memiliki dua bagian, yaitu bagian cis dan trans. Bagian cis dapat menerima vesikel yang pada umumnya berasal dari REK (Retikulum Endoplasma Kasar). Vesikel tersebut diserap ke ruangan-ruangan yang ada dalam badan golgi dan isi dari vesikel akan diproses guna penyempurnaan dan sebagainya.

Ruangan tersebut bergerak dari cis ke trans. Pada bagian tersebut ruangan-ruangan akan memecahkan dirinya serta membentuk vesikel dan disalurkan ke bagian-bagian sel lainnya atau ke luar sel.

Fungsi Badan Golgi


Badan golgi memiliki beberapa fungsi umum dan fungsi khusus yang sangat penting dan berikut ini adalah fungsi dari badan golgi yang perlu Anda ketahui:

  1. Fungsi badan golgi yang pertama adalah untuk membentuk kantung kantung atau yang bisa juga disebut dengan vesikula yang memiliki fungsi sebagai sekresi yang terjadi pada sel sel kelenjar kantung kecil yang berisikan enzim dan juga berbagai macam bahan-bahan yang lainnya.
  2. Badan golgi punya fungsi untuk membentuk membran plasma yang bentuknya sama dengan membran golgi atau vesikula karena kantung kantung yang dilepaskan akan menjadi bagian dari membrane plasma.
  3. Badan golgi memiliki fungsi untuk membentuk dinding sel pada tumbuhan.
  4. Badan golgi memiliki fungsi untuk membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisikan enzim untuk bisa memecah dinding sel dan juga telur untuk proses pembentukan lisosom.
  5. Badan golgi memiliki fungsi untuk memodifikasi protein.
  6. Badan golgi memiliki fungsi untuk menyortir dan juga memaketkan molekul molekul yang memiliki fungsi untuk sekresi sel.

Penutup


Demikian ulasan tentang pengertian badan golgi, struktur badan golgi, dan juga fungsinya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda dibidang ilmu pengetahuan alam.



0 Response to "Badan Golgi: Pengertian, Struktur, dan Fungsi Badan Golgi"

Post a Comment

close