Cara Memperbaiki 'Sayangnya, Layanan Google Play Telah Terhenti'

Bagi Anda para pengguna smartphone berbasis Android, khususnya entri-level smartphone, Anda mungkin pernah dihadapkan dengan kendala "Sayangnya, Layanan Google Play Telah Berhenti". Ketika smartphone Anda menampilkan kendala ini, maka aplikasi tertentu pada smartphone Anda akan mengalami gagal fungsi sebagaimana mestinya, khususnya aplikasi yang membutuhkan bantuan Layanan Google Play untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Layanan Google Play atau Google Play Services adalah sebuah software bawaan OS Android yang terinstal secara otomatis pada perangkat berbasis Android, baik itu Android Gingerbread, KitKat, Lollipop, dan versi OS Android lainnya. Dengan adanya Google Play Services, software ini akan membuat smartphone Android Anda dapat menjalankan aplikasi-aplikasi yang terintegrasi dengan produk Google, seperti GMail, PlayStore, dan lain sebagainya.

Jika smartphone Anda memunculkan pesan "Unfortunately Google Play Services Has Stopped", maka Anda perlu melakukan upaya perbaikan agar fungsional aplikasi di smartphone Anda tetap bisa bekerja dengan baik tanpa adanya kendala apapun. Dibawah ini saya ulas beberapa cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yang diharapkan dapat memberikan solusi bagi Anda yang memiliki smartphone Android dengan kendala Layanan Google Play error.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi error Google Play. Anda dapat mencoba langkah-langkah pensolusian dibawah ini satu demi satu hingga smartphone Anda terlihat normal kembali.

#1 - Hapus cache Google Play Services

Pertama-tama, cobalah untuk menghapus cache Google Play. Caranya sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Klik Apps (pada beberapa smartphone Android lainnya bisa Apps, App Manager atau Aplikasi).
  • Cari dan pilih Google Play Services
  • Selanjutnya klik Force Stop.
  • Klik Clear Cache.

Apabila langkah diatas belum memberikan solusi, lanjutkan dengan menghapus data Google Play, cara sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan >> Apps >> Google Play >> klik Hapus Data.

#2 - Tambahkan akun Google Baru

Hapus terlebih dulu akun Google yang ada, kemudian tambahkan akun Google baru. Berikut cara melakukannya:

  • Buka Pengaturan
  • Klik Account
  • Klik Akun Google, kemudian pilih Hapus Akun untuk menghapus akun Google yang sudah ada.
  • Pilih Settings >> Account >> klik Tambahkan Akun
  • Masukkan username dan password akun Gmail Anda.

#3 - Sisakan Ruang Memori Internal

Tidak menutup kemungkinan error Google Play yang terjadi pada smartphone Anda lantaran memori internal atau ROM dalam keadaan penuh/hampir penuh. Untuk memastikan tidak ada masalah dengan space ROM, silakan pindahkan aplikasi atau data yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal sehingga menyisakan ruang yang cukup pada ROM. Seperti diketahui, ketika ROM dalam keadaan penuh, maka smartphone dapat mengalami disfungsi.

#4 - Update Google PlayStore

Kemungkinan penyebab Google Play Berhenti bekerja selanjutnya adalah akibat aplikasi Google PlayStore yang out of date.

Untuk memastikan apakah Anda menggunakan aplikasi Google PlayStore versi terkini, silakan lakukan pengecekan terlebih dulu. Dan jika diperlukan update, pastikan Anda melakukan update aplikasi Google PlayStore.

#5 - Reset Smartphone

Factory reset merupakan langkah terakhir yang bisa diambil jika beberapa upaya perbaikan diatas tak kunjung memberikan solusi. Cara yang terakhir ini dipastikan akan berhasil, namun pastikan Anda mem-backup data-data penting di smartphone Anda sebelum melakukan reset.

Cara reset smartphone Android yakni sebagai berikut:

Cara manual

  • Masuk ke menu Setting/Pengaturan
  • Temukan menu Backup & Reset
  • Tap pada Factory data reset
  • Centang yang dianggap benar, lalu tap Reset device.
  • Tunggu proses reset selama sekitar 3-7 menit, tergantung banyaknya data pada smartphone tersebut.
  • Setelah proses reset selesai, smartphone Anda akan restart dengan sendirinya.

Short code

  • Dalam kondisi smartphone mati, tekan tombol Home + Power + Volume Bawah/Atas secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul menu Reset. 
  • Tap menu reset dan biarkan proses reset berjalan sampai selesai.

Layanan Google Play Telah Terhenti

Demikian tadi beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah Google Play Terhenti pada perangkat Android, baik itu smartphone maupun tablet. Sebelum memilih opsi factory reset, pastikan Anda mencoba beberapa langkah perbaikan lainnya terlebih dulu sebagaimana dijelaskan diatas.

Simak juga:


Semoga bermanfaat, dan selamat menikmati kembali smartphone Anda tanpa adanya masalah disfungsi aplikasi akibat Google Play error.

loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Memperbaiki 'Sayangnya, Layanan Google Play Telah Terhenti'
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Memperbaiki 'Sayangnya, Layanan Google Play Telah Terhenti' ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Memperbaiki 'Sayangnya, Layanan Google Play Telah Terhenti'"

Posting Komentar

close