Pengertian Persepsi dan Jenis-jenis Persepsi

Dalam artian yang sederhana, definisi persepsi adalah tanggapan. Sebagaimana arti persepsi dalam KBBI, yaitu tanggapan (penerimaan) langsung dari sesuatu.

Pengertian Persepsi


Persepsi merupakan suatu proses yang didahului oleh penginderaan, yaitu suatu stimulus yang diterima oleh individu melalui alat reseptor yaitu indera. Alat indera merupakan penghubung antara individu dengan dunia luarnya. Persepsi merupakan stimulus yang diindera oleh individu, diorganisasikan kemudian diinterpretasikan sehingga individu bisa menyadari dan mengerti tentang apa yang diindera.

Jenis-jenis Persepsi


Proses pemahaman terhadap stimulus yang diperoleh oleh indera menyebabkan persepsi terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Persepsi visual
Persepsi visual didapatkan dari indera penglihatan. Persepsi ini adalah persepsi yang paling awal berkembang pada bayi, dan memengaruhi bayi dan balita untuk memahami dunianya. Persepsi visual merupakan topik utama dari bahasan persepsi secara umum, sekaligus persepsi yang biasanya paling sering dibicarakan dalam konteks sehari-hari. Persepsi kaum muslimin harus mengacu pada Al-Qur'an dan As-Sunnah, ini yang kemudian disebut Islamic Worldview

Persepsi visual merupakan hasil dari apa yang kita lihat baik sebelum kita melihat atau masih membayangkan dan sesudah melakukan pada objek yang dituju

2. Persepsi auditori
Persepsi auditori didapatkan dari indera pendengaran yaitu telinga.

3. Persepsi perabaan
Persepsi pengerabaan didapatkan dari indera taktil yaitu kulit.

4. Persepsi penciuman
Persepsi penciuman atau olfaktori didapatkan dari indera penciuman yaitu hidung.

5. Persepsi pengecapan
Persepsi pengecapan atau rasa didapatkan dari indera pengecapan yaitu lidah.

6. Persepsi selektif
persepsi selektif adalah menginterpretasikan secara selektif apa yang dilihat seseorang yang berdasarkan minat, latar belakang, pengalaman, dan sikap seseorang.

Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi


Beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi pada prinsipnya terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

1. Faktor Internal yang mempengaruhi persepsi, yaitu faktor-faktor yang terdapat dalam diri individu, yang mencakup beberapa hal, diantaranya :

  • Fisiologis
  • Perhatian
  • Minat
  • Kebutuhan searah
  • Suasana hati

2. Faktor Eksternal yang mempengaruhi persepsi, merupakan karakteristik dari linkungan dan obyek-obyek yang terlibat didalamnya. Elemen-elemen tersebut dapat mengubah sudut pandang seseorang terhadap dunia sekitarnya dan mempengaruhi bagaimana seseorang merasakan atau menerimanya. Sementara itu faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi diantaranya adalah :
  • Ukuran dan penempatan dari obyek atau stimulus
  • Warna dari obyek-obyek
  • Keunikan dan kekontrasan stimulus
  • Motion atau gerakan

Baca: Pengertian Koloni dan Kolonialisme

Demikianlah ringkasan mengenai pengertian persepsi menurut para ahli beserta jenis-jenis persepsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi. Semoga berguna bagi Anda.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Persepsi dan Jenis-jenis Persepsi
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Persepsi dan Jenis-jenis Persepsi ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Persepsi dan Jenis-jenis Persepsi"

Posting Komentar

close