loading...

Pengertian Koloni dan Kolonialisme

loading...
Ketika menyinggung tentang proses kemerdekaan Indonesia dari penjajah, kita sering mendengar yang disebut dengan 'koloni' atau 'kolonial'. Lalu, apa sebenarnya maksud dari kata koloni itu sendiri? Dibawah ini saya ulas secara ringkas tentang definisi atau pengertian koloni dan kolonialisme yang tentunya penting untuk diketahui.

Pengertian Koloni


Pengertian koloni menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), adalah daerah penempatan penduduk; (tanah) jajahan: pertempuran baru berkobar. Sementara pengertian koloni menurut definisi yang umum adalah penjajah; tempat yang dikuasai oleh negara lain. Negara metropolitan adalah negara yang memiliki koloni. Negara yang memiliki banyak koloni sering disebut kekaisaran. Kolonis adalah orang yang tinggal di koloni.

Dalam catatan sejarah, cukup banyak koloni atau negara yang pernah menjadi koloni/penjajah di dunia, seperti Inggris, Belanda, Perancis, Spanyol, hingga Portugal.

Pengertian Kolonialisme


Kolonialisme atau Penjajahan adalah suatu sistem di mana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal, istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.

Negara kolonialisme pertama adalah Spanyol dan Inggris. Pendukung dari kolonialisme berpendapat bahwa hukum kolonial menguntungkan negara yang dikolonikan dengan mengembangkan infrastruktur ekonomi dan politik yang dibutuhkan untuk pemodernisasian dan demokrasi. Mereka menunjuk ke bekas koloni seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Hong Kong dan Singapura sebagai contoh sukses pasca-kolonialisme.

Pengertian Kolonialisme Menurut Para Ahli


  • Andre Gunder Frank: Kolonialisme sebenarnya menuju ke pemindahan kekayaan dari daerah yang dikolonisasi ke daerah pengkolonisasi, dan menghambat kesuksesan pengembangan ekonomi.
  • Franz Fanon: Kolonialisme merusak politik, psikologi, dan moral negara terkolonisasi.
  • Arundhati Roy: Perdebatan antara pro dan kontra dari kolonialisme/imperialisme adalah seperti "mendebatkan pro dan kontra pemerkosaan".
  • Collins English Dictionary: Kolonialisme sebagai "kebijakan dan praktik kekuatan dalam memperluas kontrol atas masyarakat lemah atau daerah." 
  • The Encyclopedia 2.006 Stanford Filsafat: Menggunakan istilah 'kolonialisme' untuk menggambarkan proses penyelesaian Eropa dan kontrol politik atas seluruh dunia, termasuk Amerika, Australia, dan sebagian dari negara di Afrika dan Asia. 

Baca juga: Pengertian Revolusi Menurut Ahli

Nah, itulah pengertian dari koloni dan kolonialisme, semoga dapat menambah pengetahuan sahabat pembaca. Semoga bermanfaat
loading...

Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Koloni dan Kolonialisme
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Koloni dan Kolonialisme ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Koloni dan Kolonialisme"

Posting Komentar