Cara Melihat dan Menangkap Tuyul

Tuyul adalah salah satu jenis makhluk ghaib yang memiliki kemampuan untuk mencuri uang. Pemeliharaan tuyul tidak lain adalah untuk memperkaya si pemilik. Meski keberadaan tuyul ini tidak bisa di faktakan karena sifatnya yang ghaib, namun sebagian besar masyarakat sangat mengamini keberadaannya, khususnya masyarakat di Jawa.

Banyak orang memilih jalan sesat dengan memelihara tuyul lantaran ingin mendapatkan kekayaan dengan cara yang lebih mudah. Meski pada saat melakukan kontrak kepemlikikan pesugihan tuyul si calon pemilik sudah diberitahu resiko dan sejumlah hal mengerikan lainnya, tetap saja banyak orang yang ogah mempedulikannya. Mereka tetap bersikeras untuk memelihara tuyul.

Tuyul merupakan makhluk halus yang tidak dapat di lihat secara kasat mata. Diperlukan ritual tertentu agar seseorang dapat melihat jejak keberadaannya. Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan guna dapat melihat penampakan sosok tuyul ini, mulai dari cara-cara yang terbilang mudah hingga cara-cara yang bisa dibilang cukup sulit untuk dilakukan oleh orang biasa pada umumnya.

tuyul
ilustrasi Tuyul

Sebelum mengulas beberapa rahasia untuk menangkap tuyul karena ulahnya yang selalu mencuri uang, terlebih dulu ada baiknya Anda cermati ciri-ciri uang hilang yang diambil oleh tuyul, dan ciri-ciri yang hilang yang di curi oleh tuyul diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Uang yang hilang berupa uang kertas (tuyul tidak dapat mengambil uang logam maupun koin)
    Biasanya tuyul akan mencuri uang ketika Anda sedang memegang atau menghitung uang tersebut. Tanpa Anda sadari uang tadinya terhitung pas menjadi berkurang.
  • Sebagian orang meyakini bahwa tuyul tidak bisa mengambil uang yang di lilit dengan benda tertentu. Penulis tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut karena minim informasi terkait hal ini.
  • Tuyul itu seperti anak-anak; menyukai warna-warni. (rumah yang memiliki cat warna-warni bisa menjadi incaran tuyul karena menyukai tampilan rumah tersebut).
  • Tuyul seringkali melakukan aksinya (mencuri uang) ketika uang tersebut berada di keramaian. (ini tidak mutlak karena nyatanya uang yang di simpan di almari rumah dalam keadaan sepi pun tetap saja bisa hilang)

Bagi Anda yang selama ini merasa telah menjadi korban tuyul, mungkin Anda sempat kepikiran untuk menangkapnya. Pertanyannya, apakah tuyul bisa ditangkap? Mengacu pada sejumlah sumber referensi, orang yang menjadi korban pencurian uang oleh si tuyul dapat melihat dan menangkapnya. Namun, karena makhluk ini tidak kasat mata, maka dibutuhkan ritual tertentu untuk dapat melihat dan menangkapnya.

Cara Menangkap Tuyul


Berikut ini dijelaskan beberapa cara yang dapat Anda tempuh dalam upaya untuk dapat melihat sosok tuyul serta menangkapnya:

1. Berpuasa penuh selama 3 hari 3 malam
Cara ini diyakini banyak digunakan orang yang ingin melihat sosok tuyul. Anda berpuasa penuh (tidak makan tidak minum, tidak mandi tidak tidur, dan tidak melakukan apapun di dalam kamar yang gelap tanpa ada penerangan/cahaya).

Puasa penuh ini biasanya dimulai dari jam 9 malam pada hari Rabu Pon dan berakhir pada hari Jum'at Kliwon. Setelah melakukan puasa penuh, biasanya seseorang sudah dapat melihat sosok tuyul dengan sangat jelas. Selain dapat melihat tuyul, setelah melakukan puasa penuh tersebut, Anda juga akan bisa melihat banyak sosok halus lainnya yang selama ini tidak terlihat oleh Anda. Tempat-tempat yang sebelumnya terlihat biasa, bisa jadi merupakan tempat yang di diami oleh banyak makhluk halus.

2. Membuka mata batin
Cara melihat tuyul berikutnya adalah dengan membuka mata batin Anda. Pembukaan mata batin ini tentunya hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang memiliki ilmu kebatinan tinggi. Bagi orang biasa, dibutuhkan ritual tertentu untuk dapat membuka mata batinnya. Setelah membuka mata batin, Anda tidak hanya akan dapat melihat tuyul saja, tetapi Anda juga akan dapat melihat para sosok lelembut dan jin. Anda dapat melihat mereka secara langsung hingga mata batin Anda kembali tertutup.

3. Melihat Tuyul menggunakan mantra
Anda juga dapat melihat sosok tuyul lalu menangkapnya dengan menggunakan mantra. Cara ini sepertinya yang paling mudah karena Anda tidak perlu berpuasa penuh atau menjalankan ritual sulit lainnya. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mensucikan diri dari hadast dan najis dengan mandi wajib dan berwudlu. Kemudian, Anda baca bacaan di bawah ini sembari mulai meruku'kan diri hingga 180 derajat sehingga Anda dapat melihat ke bagian belakang diri Anda melalui sela-sela 2 kaki. Tenangkan diri Anda, dan jangan sampau Anda kaget jika kemudian terlihat banyak sosok makhluk halus ada di rumah Anda.

Berikut bacaan untuk melihat Tuyul:

Walau Anna Qur'aanaan Suyyirat Bihil Jibaalu Aw Quththi'at Bihil Ardhu Aw Kullima Bihil Mautaa Bal Lillahil Amru Jamii'aa, La haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil 'adziim.

4. Mencukur alis
Cara melihat tuyul yang paling mudah selanjutnya adalah dengan mencukur alis. Jika Anda ingin memilih cara yang satu ini, maka Anda harus mencukur alis Anda sampai gundul kemudian melumurinya dengan lumpur dari tanah kuburan orang yang meninggal dengan cara yang tidak wajar. Meskipun cara ini terbilang sangat mudah, namun saya sarankan agar Anda tidak melakukannya jika memang belum benar-benar siap secara mental. Tanyakan diri Anda terlebih dulu sebelum melakukannya, apakah mental Anda benar-benar sudah siap?

5. Doa menangkap Tuyul
Untuk menangkap tuyul atau mengusirnya dari rumah, orang yang sudah melakukan puasa penuh bisa menjadikan doa Nurbuat sebagai amalan rutin. Maka jika ingin melindungi rumah supaya tidak dimasuki tuyul, ia bisa mengambil air putih atau beras kuning lalu membaca doa Nurbuat sebanyak 100 kali.

Setiap kali membaca doa Nurbuat, tiupkan pada air putih atau beras kuning. Setelah itu, taburkan mengelilingi lokasi yang ingin di pagari. Namun perlu diketahui, bahwa cara ini sifatnya hanya untuk sementara saja. Pemagaran sementara ini biasanya dilakukan untuk melindungi orang yang akan melakukan hajatan.

Berikut doa Nurbuat :

doa Nurbuat
doa Nurbuat
Adapun hikmah lain dari doa Nurbuat diantaranya adalah sebagai berikut:


  • Jika dibaca sekali setiap selesai salat fardhu, insyaAllah bisa memperkuat batin (apa yang diinginkan akan mudah terlaksana) untuk segala macam urusan yang baik.
  • Apabila ditulis pada kertas dengan tinta yang dicampur minyak misk, sedangkan penulisnya menulis dengan menekuk lidah kebawah dan disertai menahan nafas, insyaAllah dapat menyebabkan tuyul dan makhluk ghaib sejenisnya takut untuk masuk ke rumah. Penulis sebaiknya sudah hafal doa ini dan lebih baiknya lagi menulisnya saat melakukan puasa Senin/Kamis serta sedang bersih dari hadast kecil atau besar.
  • Bisa dibaca untuk melemahkan hati orang keras atau jahat. InsyaAllah ia akan menjadi sadar.
  • Bagi orang yang ingin agar hajatnya berhasil, carilah tempat yang sepi pada malam hari (kholwat) kemudian bacalah doa Nurbuat sebanyak 100 kali, insyaAllah apa yang di hajatkan akan berhasil.

Cerita Tuyul tertangkap


Sebagaimana di lansir dai sebuah sumber, dilihatnya tuyul yang berwarna putih sedikit kemerahan yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari bayi usia dua tahunan. Meskipun tampak mungil, namun mata dan kepalanya cukup besar bahkan melebihi porsi tubuhnya. Tuyul itu berjalan dengan cukup cepat dan terlihat seperti mengambang dan mendekati beberapa rumah yang akhirnya ia tidak tau kemana tuyul itu masuk dan menjauh dari pandangan matanya.

Seorang kakek tua kemudian menyebut satu persatu pemilik tuyul itu serta darimana pesugihan itu didapat, mahar serta pantangannya. Pria itu diajarkan dua cara menangkap tuyul oleh sang kakek. Apakah ingin agar tuyul-tuyul itu ditangkap hidup-hidup serta memanggil pemiliknya untuk datang, ataukah ingin langsung mengusir tuyul agar kembali ke asalnya hingga pemilik kehilangan pesugihan tuyul tersebut.

Pria itu pun disuruh puasa biasa selama tujuh hari berturut-turut atau memilih puasa penuh (siang malam) tanpa makan tanpa minum selama tiga hari langsung. Sambil membaca beberapa doa, cara menahan nafas, posisi duduk atau baring serta pandangan mata.

Demikianlah ragam cara untuk melihat serta menangkap tuyul yang dapat Anda praktikkan sendiri jika memang di rasa perlu. Semoga informasi ini berguna, dan pastikan Anda siap secara mental serta memahami tantangannya sebelum memutuskan untuk menjalankan salah satu amalan untuk menangkap tuyul sebagaimana di ulas diatas.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Melihat dan Menangkap Tuyul
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Melihat dan Menangkap Tuyul ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Melihat dan Menangkap Tuyul"

Posting Komentar

close