Mengungkap Misteri Pesugihan Tuyul

Terlepas dari benar atau tidaknya, keberadaan Tuyul khususnya di daerah Jawa memang diyakini banyak masyarakat. Sesosok lembut yang satu ini dianggap dapat memberikan kekayaan kepada majikannya lantaran kemampuannya mencuri uang secara berkelanjutan sesuai petunjuk atau perintah sang majikan.

Apa itu Tuyul? Sebagaimana di lansir dari laman Wikipedia, Tuyul adalah makhluk halus yang berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul dari jenis jin Ifrit. Penggambaran lainnya yang tidak disepakati semua orang yakni memiliki kulit berwarna keperakan, bersifat sosial, serta bersuara seperti anak ayam. Ia dapat dipekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, khususnya untuk mencuri uang.

Sementara itu, banyak pendapat yang beredar di kalangan masyarakat Jawa, bahwa cara menangkal tuyul yakni dengan memasang yuyu di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugasnya untuk mencuri uang manakala ia menjumpai yuyu tersebut.

Adapun asal-muasal kejadian tuyul ini dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-anak yang tentunya sangat gemar bermain. Tetapi di dalam kepercayaan agama Samawi (Islam, Kristen, Yahudi) Tuyul adalah makhluk halus dari golongan Jin. Sementara itu, dalam Islam Tuyul di kategorikan sebagai golongan jin dari jenis Ifrit.

tuyul
Gambar ilustrasi Tuyul

Jamak diketahui bahwa ketika seseorang dihadapkan dengan kemiskinan, kondisi tersebut tidak menutup kemungkinan akan membuatnya bertindak diluar rasio lantaran merasa diremehkan dan tidak dihargai. Tanpa mempedulikan larangan dan dosa dari perbuatannya, kemudian ia memilih jalan pintas untuk keluar dari kemiskinan yang konsisten menderanya. Akhirnya, jika memang benar Tuyul bisa meperkaya seseorang, maka opsi terlarang yang satu ini bisa saja dipilihnya.

Seperti pemahaman banyak orang, pesugihan tuyul tidak meminta nyawa sebagai imbal balik yang diberikan kepada majikannya. Sebagai imbalannya, mereka hanya meminta untuk di susui. Dalam hal ini sepertinya masih banyak orang yang belum mengetahui tentang rahasia pesugihan tuyul. Dan sebagaimana opini dari beragam sumber yang coba ringkaskan, melalui artikel ini saya akan mengajak Anda untuk menelusuri lebih jauh mengenai sederet hal rahasia yang berkaitan dengan tuyul.

Sangkalan: Penulis tidak bertanggung jawab atas opini dan hal-hal ghaib yang disebutkan dalam postingan ini. Artikel ini hanya bersifat untuk berbagi pengetahuan yang digali dari berbagai sumber. Dan dalam hal ini penulis tidak dapat menjamin keabsahan atau membenarkan rahasia mengenai pesugihan tuyul yang di kupas dalam posting ini. 

Sebagaimana disebutkan diatas, bahwa asal-muasal adanya tuyul ini berasal dari janin yang meninggal dunia akibat aborsi. Yang kemudian oleh putra iblis (Azazil) mengisikan roh kedalam janin tersebut sehingga muncullah makhluk yang di beri nama Tuyul. Tujuan utama putra iblis untuk menciptakan Tuyul tidak lain adalah untuk menambah jumlah anak buah yang di milikinya untuk menyesatkan manusia.

Pada umumnya, tubuh tuyul memiliki ukuran sekira 7-25 cm. Dari sisi wajah, ada yang bermuka lucu ada pula yang terlihat tua. Sama halnya dengan manusia, tuyul memiliki jenis kelamin perempuan dan laki-laki. Tuyul tidak memiliki tempat tinggal tetap.

Tuyul juga dapat beranak-pinak dan mati. Di alam ghaib tuyul juga mengenal yang namanya strata sosial. Mereka juga membutuhkan makanan seperti manusia sesuai dengan keadaan alamnya yang ghaib. Seperti halnya anak kecil, tuyul suka bermain hanya saja terkadang permainan yang di mainkannya justru merugikan manusia.

Cara kerja Tuyul


Anda mungkin tertanya-tanya, seperti apa cara tuyul mencuri uang?

Sebuah pendapat menyebutkan bahwa cara kerja tuyul sebenarnya cukup sederhana, ia akan secara langsung datang ke lokasi untuk mengambil uang layaknya seorang maling, hanya saja ia tidak terlihat kasat mata. Berbeda dengan pesugihan lainnya, tuyul ini lebih senang beroperasi saat siang hari. Selain itu, jumlah uang yang diambil tuyul juga tidak banyak.

Sebut saja majikan atau pemiliknya meminta untuk mengambil uang 100 ribu, maka yang akan ia ambil hanya satu lembar 100 ribu saja di masing-masing lokasi. Meskipun uang sudah di simpan dengan sangat rapi oleh pemiliknya, baik itu di almari, brangkas ataupun tempat penyimpanan uang aman lainnya, tuyul tetap bisa mencuri uang  tersebut dengan sangat mudah.

Adapun para tuyul ini akan kembali ke tempat majikannya ketika menjelang waktu senja. Kemudian, sang majikan harus memberinya upah sebagai bentuk imbalan serta rasa terima kasih atas usahanya. Imbalan tersebut bisa berupa makanan, mainan atau apapun yang menjadi kesukaan tuyul.

Sesaji yang disukai Tuyul


Tak ubahnya dengan jenis pesugihan lainnya, pemilik pesugihan tuyul pun harus menyediakan umbo rampe untuk tuyul pada setiap malam tertentu sesuai dengan perjanjian. Umbo rampe yang di sediakan pun tidak boleh sembarangan. Haruslah umbo rampe yang disukai oleh tuyul tersebut.

Umumnya, dukun atau orang yang menjadi perantara pesugihan tuyul akan menjelaskan secara terperinci mengenai umbo rampe untuk tuyul. Biasanya umbo rampe tersebut adalah sebagai berikut :

  • Kembang setaman
  • Darah ayam cemani
  • Minyak Zakfaron
  • Kemenyan
  • Telur ayam busuk

Pemilik juga diharuskan untuk menyediakan kecebong dan ular yang mana keduanya memang merupakan mainan kesukaan tuyul.

Selain umbo rampe, ada juga beberapa hal yang tidak disukai oleh tuyul, diantaranya: 

  • Tempat yang terang
  • Tempat beribadah, khususnya masjid
  • Orang yang suka bersolek secara berlebihan
  • Orang yang memiliki prilaku baik

Dari ulasan diatas, maka jika Anda tidak ingin menjadi korban pencurian yang dilakukan tuyul, pilihlah empat hal yang tidak di sukai oleh tuyul tersebut.

Isi perjanjian memelihara Tuyul


Untuk bisa memiliki tuyul ada perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.  Di dalam dunia pesugihan apapun, perjanjian memang selalu ada. Namun, ternyata perjanijan untuk mengambil pesugihan tuyul ini agak berbeda dengan yang lainnya.

Inilah rahasia perjanjian pesugihan tuyul

1. Penyerahan tumbal

Jika Anda mengira penyerahan tumbal tersebut berupa nyawa, maka perkiraaan Anda salah. Pada saat mengambil tuyul sebagai pesugihan, Anda tidak perlu memberikan tumbal apapun, Anda hanya harus memaharnya pada pemilik atau dukun sebelumnya. Nah, dengan mahar itulah Anda akan memiliki tuyul sesuai yang Anda inginkan.

2. Akan menjadi saudara tuyul ketika Anda meninggal suatu hari nanti
Kenapa syarat tersebut ada dan apa alasannya? Seperti yang diyakini banyak orang, bahwa tuyul memang tidak ingin melepaskan Anda begitu saja ketika tugasnya telah usai. Tuyul itu seperti anak manusia yang juga membutuhkan teman untuk bermain. Itulah sebabnya mengapa setiap pemilik tuyul akan menjadi saudara si tuyul. Agar tuyul punya teman untuk bermain.

3. Harus merelakan salah satu anggota keluaraga (perempuan) untuk menyusui Tuyul
Bukan rahasia lagi bahwa makanan utama tuyul adalah susuu. Oleh karenanya, pemilik harus bersedia memenuhi kebutuhan tersebut. Umumnya tuyul akan meminta disusui pada malam hari sekira jam 4-5 dan 9 pagi.

Ketika tuyul ini sedang menyusui, ia bukanlah menghisap air susunya namun menghisap darah dari orang yang menyusuinya. Anda bisa bayangkan bagaimana tersiksanya orang tersebut karena harus menyusui tuyul dua kali dalam sehari.

Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi dengan orang tersebut. Meskipun tidak secara langsung, namun lama kelamaan orang tersebut akan kehabisan darah hingga akhirnya meninggal.

4. Tuyul minta dirawat seperti anak sendiri
Statusnya memang makhluk ghaib, namun mereka ingin di rawat layaknya anak manusia lainnya. Di ajak bermain serta menyuapinya. Anda juga harus menyediakan mainan yang disukainya, menyediakan kolam untuk ia mandi serta bermain air dan yang lainnya.

Kesimpulannya, jika seseorang mengambil tuyul maka ia seperti memiliki anak baru yang harus di rawat seperti anak manusia.

5. Jika Tuyul disakiti orang, majikannya akan ikut kesakitanLaksana seorang anak kembar yang memiliki ikatan batin yang sangat kuat hingga dapat merasakan getaran satu sama lain, pemilik pesugihan tuyul akan merasa sakit apabila tuyulnya di sakiti.

Bisa Anda pikirkan, apa yang akan terjadi pada pemiliknya ketika si tuyul secara tidak sengaja tertangkap?

Ciri-ciri Orang yang Memiliki Tuyul


Banyak yang meyakini bahwa orang yang memelihara tuyul itu:

  • Ketika makan malam seringnya akan disisakan dan pemelihara tidak boleh mencuci tangan setelah makan karena tuyul peliharaannya akan menjilatinya ketika dia tidur nanti.
  • Pemilik tuyul sering terlihat berjalan dengan kedua tangan yang berada di punggung seolah-olah sedang menggendong sesuatu. Ia mengelilingi suatu area untuk memantau lokasi rumah yang akan dijadikan sasaran.
  • Pemilik tuyul biasanya memiliki banyak warna cat di rumahnya. Hal ini lantaran si tuyul memiliki karakter seperti anak-anak yakni sangat menyukai warna-warni.
  • Di kamar pemelihara tuyul, terdapat banyak kembang dan sesajen untuk kegunaan ritual.

Masa kontrak Tuyul 


Tidak hanya dalam dunia kerja saja yang menggunakan sistem kontrak. Di dunia pesugihan tuyul pun berlaku sistem kontrak. Biasanya, perjanjian kontrak antara si tuyul dan pelaku berdurasi 10 tahun. Apabila kontraknya sudah habis, maka harus di kontrak lagi.

Kekayaan yang di dapat majikan dari kepemilikan tuyul juga tidak serta-merta menggunung. Butuh waktu untuk mendapatkan kekayaan dalam jumlah yang tergolong besar. Seperti pesugihan putih, namun dalam perjanjian pesugihan putih tidak ada tumbal atau hal apapun yang memberatkan untuk dilaksanakan oleh pemiliknya.

Pemilik meninggal, kekayaannya tidak akan langsung habis


Jika selama ini Anda mendengar bahwa harta kekayaan pemilik tuyul akan habis ketika ia meninggal, maka jawaban ini mungkin serasa aneh Anda dengar. Selain itu, harta kekayaan dari hasil pesugihan tuyul juga dapat diwariskan tanpa harus mengikut sertakan kepemilikan si tuyul.

Akhir kata, memperkaya diri dengan cara-cara yang salah seperti halnya memelihara tuyul merupakan perbuatan yang amat di larang. Siapapun Anda saat ini, sesulit apapun keuangan Anda, dan seberapa besar pun keinginan Anda untuk merubah nasib, pastikan Anda berpikir menggunakan logika sehat sehingga Anda tidak akan tersesat dan menempuh cara-cara yang terlarang.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Mengungkap Misteri Pesugihan Tuyul
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Mengungkap Misteri Pesugihan Tuyul ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Mengungkap Misteri Pesugihan Tuyul"

Posting Komentar

close