Cara Membuka Mata Batin

Saya yakin Anda sudah sering mendengar istilah "membuka mata batin". Membuka mata batin adalah kemampuan untuk melihat dan merasakan hal-hal yang secara normal tidak bisa dirasakan atau dilihat. Membuka mata batin membutuhkan ritual khusus, meskipun ada juga diantara kita yang mata batinnya bisa terbuka dengan sendirinya.

Membuka mata batin atau istilahnya "indera keenam" ini banyak yang menganggapnya sebagai sesuatu yang sangat membahayakan. Apalagi jika dengan tujuan yang tidak jelas atau sekedar hanya ingin main-main dengan kualitas iman yang terbilang lemah. Bagi Anda yang ingin membuka mata batin, maka Anda harus siap dalam berbagai aspek.

Dalam ilmu Kejawen Islam, mata batin atau yang juga sering disebut telepati adalah suatu kemampuan yang pada dasarnya dimiliki oleh semua manusia. Bagi seseorang yang memang memiliki kelebihan, bahkan tanpa melakukan ritual tanpa berpuasa pun mata batin biasanya sudah terbuka dengan sendirinya semenjak ia lahir.

Cara Membuka Mata Batin


Membuka mata batin merupakan perkara gaib yang sebenarnya tidaklah menyalahi ajaran agama. Membuka mata batin ini justru dianggap bisa meningkatkan nilai kualitas keimanan kita kepada Yang Maha Kuasa karena kita dapat melihat alam ghaib yang selama ini tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Bagaimana cara membuka mata batin? Ada beberapa cara mudah untuk membuka mata batin yang bisa Anda coba, beberapa diantaranya sebagaimana dipaparkan berikut ini.

Ilmu Membuka Mata Batin


Apa sajakah amalan untuk membuka mata batin?

1. Berpuasa Weton 

Puasa weton adalah puasa yang dilakukan pada hari kelahiran Anda. Jika Anda lahir di hari Jum'at Kliwon, maka setiap hari tersebut Anda harus melakukan puasa sama seperti puasa pada umumnya. Untuk memulai puasa weton, Anda harus membaca doa niat saat akan makan sahur. Adapun terjemahan niatnya kurang-lebih sebagai berikut : "Hamba niat berpuasa hari ini sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan anugerah dan rahmat yang Engkau karuniakan kepada hamba".

Ketika sedang berpuasa, wajib bagi Anda untuk menjaga mulut agar tidak mengucapkan hal-hal yang tidak penting. Jaga juga telinga Anda agar tidak mendengarkan suara-suara yang negatif. Begitu juga dengan mata, jagalah mata Anda dari sesuatu yang dapat menimbulkan nafsu dan dosa, serta jaga hati dan pikiran Anda agar selalu berdzikir dan dekat dengan yang maha Esa. Puasa weton ini mungkin terasa agak berat, tapi memang inilah yang disebut dengan olah batin. Supaya puasa bisa terasa lebih ringan, berusahalah untuk menghindari keramaian, lebih baik Anda menyendiri dulu agar puasa Anda bisa khusuk.

2. Melakukan Sedekah Weton 

Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan sedekah weton. Sedekah weton sendiri adalah sedekah yang dilakukan pada hari kelahiran Anda dengan cara memberikan uang sebesar nominal jumlah hitungan weton kepada kaum yang membutuhan, misalkan kaum fakir miskin, janda tua, atau anak yatim. Misalkan Anda lahir pada hari Sabtu Pahing, maka jumlah uang yang harus Anda sedekahkan adalah 18, karena Sabtu = 9 dan Pahing = 9. Artinya, Anda harus memberi sedekah uang dengan nominal sebesar Rp. 18; bisa Rp. 180, Rp. 1.800, Rp. 18.000, Rp. 180.000, dan seterusnya, tentunya sesuai dengan tingkat kemampuan finansial Anda.

Ingat, ketika Anda akan memberikan sedekah, bacalah doa dengan niat dalam hati. Adapun doanya adalah sebagai berikut : "Hamba niat menyedekahkan uang (sebutkan nominalnya) pada hari ini sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan anugerah dan rahmat yang Engkau berikan kepada hamba".

Agar Anda bisa menentukan nominal sedekah bagi Anda yang lahir selain hari Sabtu Pahing, berikut ini hitungannya:

Hari = Senin : 4, Selasa : 3, Rabu : 7, Kamis : 8, Jumat : 6, Sabtu : 9, Minggu : 5 Pasaran = Pon : 7, Wage : 4, Kliwon : 8, Legi : 5, Pahing : 9

3. Melakukan Mandi Suci 

Jika Anda sudah melakukan puasa weton dan juga sedekah weton, selanjutnya untuk dapat membuka mata batin yakni dengan melakukan mandi suci. Mandi suci adalah mandi pertaubatan yang dilakukan pada jam 12 malam. Tujuan dari mandi suci ini adalah untuk menyucikan diri Anda, baik dari hadas, najis, maupun pikiran-pikiran negatif yang selama ini hinggap di hati dan kepala Anda.

Adapun mandi suci ini bisa Anda kerjakan dengan tata-cara sebagaimana Anda melakukan mandi wajib yang biasa Anda lakukan sehari-hari. Perbedaaanya terletak pada niatnya, bacaan niat dalam mandi suci ini adalah: "Saya niat mensucikan jiwa dan raga pada hari ini dari segala bentuk hadast, najis, dan pikiran jahat, serta hal-hal negatif sebagai bentuk pertaubatan hamba kepada-Mu ya Robb".

Setelah melakukan mandi suci, silakan mengenakan pakaian serba putih yang dilumuri minyak wangi (tanpa kandungan alk*hol). Masuklah ke dalam kamar gelap dan tidak ada cahaya sama sekali. Usahakan pula kamar tersebut steril dan bebas dari segala macam benda seperti lemari, meja, kursi, dan lain sebagainya. Duduklah diatas sajadah putih dengan tenang, kemudian berkonsentrasilah dan hadapkanlah hati dan pikiran Anda kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Silakan untuk memohon dalam hati tentang sesuatu apa yang Anda inginkan, misalnya Anda menginginkan untuk dibukakan mata batin, maka mohonlah kepada-Nya dengan sungguh-sungguh hingga Anda merasakan ada sesuatu yang berbeda. Isilah malam tersebut dengan berdzikir dan bermunajat kepada-Nya. Lanjutkan dengan meditasi hingga tiba waktu Subuh. Setelah melakukan tiga ritual cara membuka mata batin tersebut, pagi harinya Anda akan merasa jadi orang yang baru. Anda sudah memiliki kemampuan baru, mata batin Anda akan dengan mudah bisa terbuka jika memang diminta, dan ini berarti Anda sudah akan bisa melihat sesuatu yang kasat mata, mulai dari melihat jin, menerawang masa depan, dan sebagainya.

Doa Membuka Mata Batin 


Usai Anda melakukan tiga ritual cara membuka mata batin di atas, untuk dapat membuka mata batin, Anda diharuskan untuk merapalkan doa khusus. Doa tersebut adalah sebagai berikut: "Bismillahi Rokhmatal Ghoiba Wassamawati Wal Ardhy, Allohumma Juz 'Alaikal Bashor", sedangkan setelah tidak diperlukan lagi, mata batin Anda dapat ditutup kembali dengan doa berikut: "Bismillahirohmanirohim, alhamdulillahirobbil 'alamin wa shollalohu ala sayyidina muhammadin wa ala alihi wa shohbihi wasallam, Ya khoirol mas'uliin, Ya mujiiba da'watil mudtorriin , Ya ilahal 'alamin bika angzalta hajati wa angta a'lamu biha faqdiha. Allohumma angta laha wal likulli hajatin faqdiha bifadli, Bismillahirohmanirohim ma yaftahillah linnasi mirrohmatin falaa mumsika laha".

Supaya kemampuan membuka mata batin yang Anda miliki tidak lantas menghilang, Anda harus berusaha untuk tetap menjadi pribadi yang baik, selalu rendah hati, tidak meninggalkan ibadah shalat wajib 5 waktu, shalat malam, memelihara rasa kasih sayang, welas asih, dan kepedulian terhadap sesama, rajin melakukan sedekah, menghilangkan sifat pemarah, iri hati serta dengki, dan melakukan apa yang diperintahkan oleh yang maha Kuasa, serta menjauhi semua larangan-Nya.

Demikian rahasia membuka mata batin yang bisa Anda coba terapkan. Jika memang Anda memiliki niatan yang kuat untuk melakukannya, saya rasa Anda akan dapat melakukannya, meskipun memang tidak mudah. Akhir kata dari saya, jika ingin melakukannya, lakukanlah dengan sepenuh hati sebagaimana tata-caranya, sehingga Anda bisa mendapatkan hasilnya. Sementara itu, jika niatan Anda masih setengah-setengah, maka sebaiknya Anda mempersiapkan diri terlebih dulu.


Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Membuka Mata Batin
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Membuka Mata Batin ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Membuka Mata Batin"

Posting Komentar