Perbedaan Cinta dan Sayang

Dengan Anda sampai di halaman ini, maka saya yakin Anda sedang mencari jawaban dari perbedaan cinta dan sayang. Sekedar informasi, sebelum ini saya sudah mempublikasikan artikel terkait, yakni Pengertian Cinta. Silakan dibaca juga, barangkali artikel tersebut berguna bagi Anda yang sedang tertanya-tanya tentang bedanya cinta dan sayang.

Okay, sepertinya memang tidak sedikit dari kita-kita yang masih tertanya dalam hati mengenai perbedaan cinta dengan sayang. Itu wajar-wajar saja, kan cinta itu memang terkait dengan sayang, dan sayang itu sendiri seperti punya penempatan ucapan yang berbeda dengan cinta. Maka, wajarlah jika Anda ingin tahu apa sebenarnya perbedaan cinta dan sayang.

Sebelum membahas tentang perbedaan sayang dan cinta, kedua kata tersebut juga sering berkaitan dengan kata "tertarik", "kagum", dan "suka". Hampir mirip tapi ada baiknya kita pahami definisi atau makna dari masing-masing kata tersebut. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan diantara cinta dan sayang, tertarik, kagum, dan suka.

Tertarik


Rasa tertarik umumnya muncul paling pertama kali. Perasaan itu biasanya menyelip muncul ketika kamu tidak sengaja melihat atau menemukan sesuatu. Rasa tertarik ini adalah perasaan yang paling mendasar sebelum kamu bisa merasa kagum sama seseorang. Kalau kamu nggak tertarik sama seseorang, kamu tidak mungkin mendekati atau mencari tahu hingga bisa kagum, bahkan hingga suka, sayang dan cinta sama seseorang.

Waktu kamu tertarik, ada satu hal kecil dari diri seseorang yang membuatmu ingin mengenal dia lebih jauh lagi.

Setiap orang memiliki daya tarik yang hanya dianggap menarik oleh seseorang atau sebagian orang saja. Misalnya nih, mungkin kelebihanmu adalah orang yang straight to the point. Bagi sebagian orang mungkin hal itu bukan hal yang menarik dan menyenangkan, tapi mungkin buat seseorang atau sebagian orang, mereka melihatnya sebagai daya tarikmu.

Rasa tertarik ini mudah sekali untuk pudar, apalagi bila tidak dibarengi dengan kemauan untuk mengenal orang itu lebih dalam lagi. Dengan frekuensi pertemuan dan interaksi yang minim, rasa tertarik itu mungkin akan mengapung di sana. Menjadi sekadar rasa tertarik, tanpa bisa bertumbuh menjadi rasa kagum.

Kagum


Rasa kagum bisa muncul scara tiba-tiba, dimana saja, sama siapa saja dan biasanya muncul setelah rasa tertarik muncul. Rasa kagum nggak terbatas hanya sama lawan jenis, tapi kamu juga bisa kagum sama temanmu yang sesama jenis. Rasa kagum biasanya muncul setelah kamu tertarik sama seseorang. Kamu jadi kagum karena orang itu memiliki kelebihan yang menurutmu menarik.

Contohnya nih, kamu bisa saja kagum sama cowok yang cakep dan tampan atau cewek berparas cantik dan anggun , kamu bisa juga kagum sama pemain gitar yang baru kamu lihat di konser, walau kamu nggak kenal siapa orang itu atau pun bagaimana kebiasaannya sehari-hari setelah kamu tertarik melihat permainan gitarnya yang lihai. Kamu juga bisa saja kagum dengan temanmu yang baru selesai presentasi dengan flawless dan berhasil meyakinkan dirimu serta seisi ruangan bahwa pemikirannya itu super keren.

Biasanya, rasa kagum ini sifatnya sementara. Ketika kamu menemukan seseorang yang dapat membuatmu berdecak kagum lebih keras, maka rasa kagummu pada orang yang lama bisa saja hilang. Tapi ingat lho, guys, rasa kagum itu juga benih dari cinta, yang kalau disirami secara rutin dan teratur bisa bertumbuh.

Bedanya kagum sama rasa lainnya? Saat kamu mengagumi seseorang, kamu akan selalu memperhatikan sisi atau kulit luarnya. Kamu hanya sebatas senang dengan apa yang ia lakukan dan ketika ada sisi buruk dari dirinya yang kamu temukan, rasa kagummu juga bisa hilang. Ketika seseorang itu tidak mencapai espektasimu, maka ucapkan sampai jumpa dengan orang tersebut.

Suka


Tatkala kamu sudah tertarik dan kagum sama seseorang, lambat laun kamu bisa suka sama orang itu. Kenapa? Tidak ada penjelasan ilmiah di balik pernyataan ini tapi, satu hal yang penulis pegang pasti. Bila rasa kagum itu terus bertambah setiap waktunya, maka lama kelamaan secara tidak sadar, rasa suka bisa bertumbuh juga. Mungkin awalnya kamu kagum karena sifatnya yang super pengertian. Kamu heran karena ternyata di dunia ini masih ada sosok yang bisa mengerti dirimu yang memang mudah panik. Setiap hari ada saja yang membuatmu kagum, kamu membuka lapis demi lapis hal yang menarik tentang dirinya dan secara tidak sadar, kamu menyukainya.

Sayang


Sayang umumnya diartikan sebagai rasa yang tulus, bukan hanya sekedar rela dan siap melepas seseorang yang kamu sayang dengan pertimbangan bahwa orang tersebut akan lebih bahagia. Sayang juga relatif mendekati cinta lantaran sayang muncul karena adanya sesuatu dalam diri seseorang sehingga akan membuat kamu sayang sama orang itu. Namun, banyak orang yang mengatakan bahwa sayang belum tentu cinta dan cinta sudah pasti sayang. Pada dasarnya cinta terjadi antara lawan jenis sedangkan untuk sayang dapat berarti dapat terjadi dengan sesama ataupun sanak saudara kamu.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Perbedaan Cinta dan Sayang
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Perbedaan Cinta dan Sayang ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Perbedaan Cinta dan Sayang"

Posting Komentar

close